Beauty

Masalah Kulit Tak Kunjung Usai? Atasi dengan Memilih Jenis Vitamin yang Tepat

Warna kulit yang kusam, jerawat, minyak berlebih, kering, hingga timbulnya kerutan merupakan beberapa masalah yang umum menimpa kulit. Beda masalah kulit, tentu beda juga solusi dan penanganannya. Memelihara kesehatan kulit agar senantiasa sehat dan cerah memang gampang-gampang susah. Salah satu kuncinya adalah rutin memberi nutrisi vitamin yang tepat untuk kulit. Pada dasarnya tubuh memang butuh vitamin, namun ada juga vitamin yang benar-benar dikhususkan untuk menjaga kesehatan kulit sesuai kebutuhan. Jadi, apa saja vitamin yang diperlukan ya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Vitamin A untuk Masalah Kerutan di Wajah

Masalah kerutan dan garis-garis halus yang tampak di wajah bisa jadi disebabkan oleh kurangnya supply vitamin A ke kulit. Merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, vitamin A memiliki beberapa golongan senyawa yang dapat merawat kesehatan kulit. Salah satu golongan senyawa yang ada pada vitamin A ialah Retinol. Nama zat ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Retinol biasa ditemukan di hampir setiap keterangan kemasan produk krim malam. Kandungan zat retinol dikenal ampuh dalam mencerahkan kulit, serta melawan garis dan kerutan halus yang menjadi tanda-tanda penuaan. Konsumsi buah dan sayur semacam wortel, tomat atau apel dapat menjadi salah satu alternatif mudah untuk mencegah timbulnya kerutan di wajah.

2. Vitamin C Solusi Kulit Kusam dan Flek Hitam

Wajah yang kusam dan penuh dengan noda bekas jerawat kerap kali mengganggu penampilan, bahkan hal ini dapat membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Sel kulit mati yang terlalu lama menumpuk dan tak pernah dieksfoliasi, paparan sinar matahari, serta polusi udara merupakan beberapa faktor pemicu kulit kusam. Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan produk skincare atau makanan yang mengandung Vitamin C sangat disarankan. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Kandungan zat di dalamnya juga mampu melindungi DNA dari reaksi fotokimia yang menyebabkan perubahan warna kulit. Sejumlah penelitian pun menyebutkan jika Vitamin C dapat mencegah kerusakan melanin yang menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah. Selain mengonsumsi suplemen vitamin C, rajin-rajin meminum jus jeruk atau lemon water juga bisa menambah asupan nutrisi kulit lho.

Baca juga: Selamat Tinggal Kulit Kusam! Ini Deretan Produk Pencerah Wajah yang Bisa Mengatasinya

3. Atasi Kulit Berjerawat dengan Vitamin B Kompleks

Munculnya jerawat seringkali dikaitkan dengan faktor stres yang mengganggu keseimbangan hormon. Ketika Anda sedang mengalami stres, sistem kekebalan tubuh akan menurun secara signifikan sehingga kemampuan tubuh untuk pulih pun melambat. Otomatis waktu yang dibutuhkan untuk menembuhkan jerawat pun lebih lama. Studi tertentu menunjukkan bahwa stres dan jerawat dapat diatasi dengan mengonsumsi asupan vitamin B kompleks. Selain memilih produk perawatan yang mengandung vitamin B Kompleks, mengonsumsi sumber makanan bernutrisi juga bisa jadi cara ampuh mengatasi masalah jerawat. Misalnya saja hati ayam, alpukat, labu dan kacang-kacangan.

4. Vitamin E untuk Menutrisi Kulit yang Kering

Saat kulit wajah mulai tampak kasar dan terasa kering, hati-hati, ini merupakan tanda bahwa kulit mulai kehilangan elastisitasnya. Untuk mengembalikan kondisi kekenyalan dan kelembutan kulit, Anda bisa mengandalkan vitamin E. Nutrisi yang dikandung vitamin E dapa membuat kulit yang kering terlihat kembali sehat dan segar.  Hal ini disebabkan oleh sifat alami vitamin E yang mampu mengikat kadar air di tubuh secara alami. Cobalah beberapa tetes minyak vitamin zaitun yang kaya akan vitamin E, kemudian oles pada bagian kulit yang kering. Minyak ini dipercaya dapat memberikan kelembapan dan kelembutan alami yang tidak dimiliki kulit kering.

 

PREVIOUS ARTICLE

Nggak Perlu Beli yang Mahal, Ini Rekomendasi Produk Makeup Mata Di Bawah Rp100.000

NEXT ARTICLE

Ingin Kulit Sehat dan Bebas Masalah? Ini 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan!

RELATED ARTICLES

  • Kulit Mendadak Bermasalah? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya!

    […]  Baca juga: Masalah Kulit Tak Kunjung Usai? Atasi dengan Memilih Jenis Vitamin yang Tepat […]

  • 3 Masalah Kulit Ini Kerap Muncul di Area Mata? Ini Tips untuk Menghindari dan Mengatasinya

    […] Baca juga: Masalah Kulit Tak Kunjung Usai? Atasi dengan Memilih Jenis Vitamin yang Tepat […]

COMMENTS2 comments