Beauty

Berapa Lama Usia Peralatan Makeup Anda?

Setiap beberapa bulan sekali, ayo luangkan waktu untuk merapikan produk makeup Anda, baik itu produk yang ada di dalam pouch atau di meja rias. Selain memilah produk mana yang masih layak dipakai dan tidak, Anda juga harus cermat untuk memperhatikan kondisi peralatan makeup yang biasa digunakan. Ternyata nih, kuas, spons, pinset, hingga pelentik bulu mata punya batas penggunaan alias usianya masing-masing. Agar tetap berfungsi maksimal, yuk perhatikan masa pakai alat-alat makeup di bawah ini.

Kuas Makeup

Peralatan Makeup

Real Techniques – 4pc Core Collection (Beli di Sociolla)

Sebenarnya tidak ada angka pasti berapa lama usia kuas makeup, atau kapan kuas makeup harus diganti. Bahkan, usia alat makeup yang satu ini bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Kalau rutin dibersihkan, kuas makeup bisa tahan hingga 3 tahun, lho! Karena masa pakainya yang lama, jangan ragu untuk berinvestasi lebih pada kuas makeup yang kualitasnya sudah terjamin. Selain tahan lebih lama, kuas makeup yang bagus dapat membuat riasan terlihat makin maksimal. Meski begitu, Anda harus cermat juga dalam memperhatikan kondisi kuas. Rutin membersihkan kuas, dan simpan dengan cara yang benar agar bentuk kuasnya tetap terjaga. Jika muncul tanda-tanda seperti bulu kuas yang rontok atau noda yang tidak dapat hilang bahkan setelah dibersihkan, ganti segera kuas Anda.

Baca juga: Ini 4 Tanda Anda Harus Membuang Kuas Makeup

Pelentik Bulu Mata

Peralatan Makeup

Shu Uemura Eyelash Curler (Beli di Beautylink)

Karena bahannya yang terbuat dari logam, banyak yang beranggapan bahwa eyelash curler atau pelentik bulu mata tak perlu diganti. Padahal, produk yang satu ini punya masa pakai ideal selama 6 bulan saja. Karet bantalan pada pelentik bulu mata ini idealnya diganti setelah dipakai selama sekitar 3 bulan. Memang sih, karet bantalan tersebut masih bisa dipakai, namun fungsinya tidak akan bekerja maksimal. Jika sudah tak empuk, bisa-bisa bulu mata Anda justru patah. Pelentik bulu mata sendiri meski tidak terlihat rusak, daya jepitnya sudah menurun jika melewati masa pakai 6 bulan tersebut, terutama jika Anda yang menggunakan produk ini setiap hari. Karena alasan inilah, beberapa produk pelentik bulu mata seperti Shu Uemura hanya memberi 1 refill silicone pad di tiap kemasan dan merekomendasikan untuk mengganti pelentik bulu mata dengan yang baru agar hasil akhirnya maksimal tanpa risiko membahayakan bulu mata.

Spons

Peralatan Makeup

beautyblender Original Pink (Beli di Sociolla)

Selain kuas, spons adalah alat makeup yang paling sering menempel pada kulit wajah. Penting banget nih bagi Anda untuk tetap menjaga kualitas dan kebersihannya. Spons yang kotor bisa meneybabkan wajah berjerawat atau iritasi akibat bakteri yang menempel. Produk spons seperti beautyblender idealnya diganti setelah 4 bulan pemakaian. Spons biasanya akan lebih awet jika rutin dicuci dan langsung dikeringkan setiap selesai digunakan. Ganti segera spons Anda jika kondisinya mulai retak dan perlahan rontok atau tidak lunak ketika diperas menggunakan tangan.

Pinset

Peralatan Makeup

Tweezerman – B Black Slant Tweezer Stainless (Beli di Sociolla)

Untuk merapikan alis, peralatan yang satu ini memang sangat berguna. Dibanding alat makeup lainnya, pinset punya usia pakai yang terbilang lama karena materialnya yang awet dan tak memiliki komponen yang harus diganti. Lihat contohnya pada Tweezerman. Banyak pengguna brand ini yang telah memakainya selama lebih dari 5 tahun. Agar pinset tetap awet, bersihkan dengan alkohol setiap selesai digunakan. Jika Anda menyimpannya bersama dengan alat makeup lainnya, pastikan Anda memasang safety cap untuk melindungi ujungnya yang tajam.

Baca juga: Perpanjang Masa Pakai Beauty Tools Anda

PREVIOUS ARTICLE

Warna Rambut yang Akan Happening di 2017

NEXT ARTICLE

BJ Editors: Lipstik Nude Favorit

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments