Guide

Ragam Trik Jitu yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengurangi Kram Perut Saat PMS Melanda

Pre-Menstrual Syndrome (PMS) merupakan sekumpulan gejala yang dialami oleh wanita sebelum memasuki masa haid, baik secara fisik maupun prikologis. Gejala ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya saat masa haid telah dimulai. Selain mengalami perubahan mood, gejala PMS lainnya yang paling sering muncul adalah kram perut. Meski tidak semua wanita mengalaminya, namun cukup banyak juga yang merasa sangat terganggu karena rasa sakitnya yang begitu luar biasa. Penyebab munculnya PMS itu sendiri belum diketahui secara jelas. Namun, banyak yang menduga kalau hal ini ada kaitannya dengan perubahan hormon. Nah, untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, yuk ikuti trik mudah berikut ini!

Kompres Perut dengan Air Hangat

Mengompres perut dengan menggunakan air hangat merupakan cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir kram. Anda bisa menggunakan bantalan khusus, handuk bersih, atau botol plastik untuk mengompresnya. Cara ini dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit yang timbul akibat kram perut sekaligus mengendurkan otot-otot yang tegang. Selain itu, mengompres perut dengan air hangat juga mampu memberikan sensasi hangat yang membuat tubuh jadi lebih rileks.

Minumlah Air Rebusan Jahe

Ada beberapa ramuan herbal yang dapat Anda andalkan untuk mengatasi masalah kram perut, salah satunya jahe. Jenis tanaman rimpang yang satu ini memang dikenal sangat memiliki banyak khasiat kesehatan, terutama untuk meredakan rasa nyeri saat PMS. Untuk mendapatkan manfaat jahe, Anda hanya perlu merebus seruas jahe bersih yang telah digeprek ke dalam panci yang berisikan air mendidih. Tunggu selama satu sampai dua menit, lalu matikan kompor, kemudian tuangkan air rebusan tersebut ke dalam gelas. Rutin meminum air rebusan jahe menjelang haid diketahui dapat meminimalisir berbagai gejala PMS, termasuk kram perut.

Konsumsi Pisang

Siapa yang sangka jika pisang merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi kram perut saat PMS? Buah ini dianggap cukup efektif mengatasi kram karena kaya akan kandungan potasium. Selain kaya akan potasium, pisang juga memiliki kandungan vitamin B6 yang dikenal baik dalam meredakan berbagai gejala sakit perut.

Baca Juga: Ini Lho Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Saat Anda Sedang Menstruasi

Banyak Minum Air Putih

Meski terdengar sepele, rutin meminum air putih ternyata memang efektif dalam mengurangi rasa kram atau nyeri saam PMS, lho! Banyak mengonsumi air putih, terutama yang hangat, akan meningkatkan sirkulasi peredaran darah keseluruh tubuh. Dengan begitu, otot-otot perut yang mengalami kram pun akan rileks dengan sendirinya.

Lakukan Gerakan Yoga Ringan

Tidak hanya untuk relaksasi atau menenangkan diri, beberapa gerakan yoga ternyata dapat membantu mengurangi kram perut. Salah satu gerakan yoga yang ringan dan simpel untuk Anda tiru adalah downward-facing dog. Cara mempraktikkan gerakan ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu memulainya dengan posisi tengkurap, lalu angkat tubuh perlahan seraya mengatur napas. Kemudian, luruskan kaki ke bagian belakang. Setelah itu, tarik bagian bawah tubuh ke arah tangan selama dua sampai tingga menit atau rasa kram berangsur hilang.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Saat Menstruasi yang Bisa Membangkitkan Mood Anda

PREVIOUS ARTICLE

Ada Sale Besar-Besaran? Baca Tips Berikut Agar Anda Tak 'Khilaf' yang Berujung Belanja Gila-Gilaan

NEXT ARTICLE

Hati-Hati, Melakukan Kesalahan Bahasa Tubuh Ini Bisa Membuat Hubungan Dengan Pasangan Menjadi Renggang!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments