Beauty

Atasi 5 Masalah Rambut Dengan Trik Kombinasi Sampo Ini

Kalau ditanya jenis atau karakter rambut, saya yakin Anda pasti bisa memberi jawabannya. Ada yang punya rambut lurus namun kering dan mengembang, ada juga yang berambut lurus dan ‘lemas’, hingga ikal dan susah diatur. Tahukah Anda? Perawatan rambut yang sesungguhnya dimulai dari ketika Anda keramas. Air atau gesekan antar batang rambut berisiko mengikis permukaan batang rambut dan membuatnya rapuh. Sampo atau conditioner inilah yang akan membantu rambut Anda terlindungi dan ternutrisi saat keramas. Kombinasi produk yang tepat bisa membantu mengurangi masalah rambut Anda. Simak triknya lebih lanjut di artikel ini, yuk.

1. Rambut Tipis dan Lepek

Ini nih, masalah yang sering dialami pemilik rambut tipis. Lepek dan jadi susah dibentuk. Benar tidak? Keramas tiap hari, rambut tidak mengalami perubahan. Bahkan, kadang bisa lebih lepek lagi. Kalau jarang keramas, kulit kepala terasa kurang nyaman dan rambut bisa berminyak. Ujungnya, lagi-lagi lepek. Untuk mengatasi masalah ini, cari sampo dengan formula ringan dan memiliki label untuk rambut tipis atau limp hair. Anda juga bisa menggunakan kondisioner yang memiliki efek volumising. Sebagai alternatif, coba gunakan leave-in conditioner. Waspadai produk dengan kandungan yang melembapkan, karena biasanya formulanya kental dan membuat rambut cenderung ‘berat’.

Baca Juga: 3 Gaya Rambut Cantik Untuk Si Rambut Tipis

2. Rambut Tebal dan Lepek

Bagaimana jika rambutnya tebal namun lepek? Kondisi ini bisa saja karena batang rambutnya yang halus atau kulit kepalanya berminyak. Rambut lepek juga bisa disebabkan penyumbatan pori-pori di kulit kepala karena sisa sampo atau kondisioner yang belum terbilas sempurna. Untuk mengatasinya, ada baiknya Anda memilih sampo yang ditujukan untuk kulit kepala. Seimbangkan dengan kondisioner untuk rambut normal atau berminyak. Untuk rambut tebal, pastikan Anda lebih banyak meluangkan waktu untuk membilas rambut.

3. Rambut Ikal dan Kusut

Sudah rambutnya ikal, eh ditambah kusut pula. Sedih banget ya? Hampir kebanyakan wanita yang berambut ikal cenderung menghadapi masalah ini. Triknya adalah memilih produk dengan kandungan yang melembapkan. Rambut bertekstur seperti rambut ikal biasanya lebih sering kusut karena kondisinya yang kering. Cari sampo dan kondisioner khusus rambut ikal atau yang melembapkan. Pilih salah satu, misalnya sampo untuk rambut ikal dengan kondisioner yang melembapkan atau sampo yang melembapkan dengan kondisioner untuk rambut ikal.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Rambut Kering yang Bebas Ribet

4. Rambut Kering dan Rusak

Yang ini saingannya rambut ikal dan kusut, nih. Rambut kering dan rusak biasanya disebabkan berbagai hal. Ada yang karena memang salah pakai produk, ada yang karena hobi pakai alat catok tiap hari tapi tak rutin merawatnya, ada juga karena gemar mewarnai rambut. Karena itu, mari lebih cermat memilih produk. Untuk sampo, sebaiknya Anda menggunakan sampo yang dikhususkan untuk rambut kering dan rusak atau yang memiliki label “nourishing” atau “repairing”. Untuk conditioner, gunakan produk yang memiliki tambahan kandungan pelembap atau yang memiliki label “smoothing”.

5. Rambut Yang Diwarnai

Dengan prediksi tren warna rambut 2017 yang menggiurkan, wah Anda harus bersiap-siap untuk menjaga kesehatan rambut. Anda yang memang hobi mewarnai rambut juga harus memerhatikan perawatannya. Untuk langkah dasar, pastikan produk yang digunakan sudah sesuai. Kandungan kimia di dalam cat rambut umumnya akan menjadikan rambut lebih kering, kaku, kusut, patah-patah, bercabang (just name it). Ada baiknya Anda menggunakan sampo khusus untuk rambut yang diwarnai dengan label “for coloured hair”. Untuk conditioner, pastikan Anda memilih produk kondisioner yang ringan untuk menghindari rambut yang terlalu lepek.

Baca Juga: Warna Rambut Tahan Lama Dengan 5 Tips Berikut

PREVIOUS ARTICLE

Tutorial Makeup: 2 Inspirasi Riasan Pesta

NEXT ARTICLE

BJ Editors: Best Makeup of 2016

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments