Lifestyle

Trik Berhemat Setelah THR Habis Agar Kondisi Keuangan Anda Tetap Prima

Setelah bulan Ramadan dan Idul Fitri terlewati, biasanya bukan hanya nuansa bulan puasa yang akan kita rindukan, tapi juga uang THR yang sudah habis tak bersisa untuk keperluan hari raya, ya kan? Sebelum kembali terjun ke rutinitas seperti biasa, ada baiknya kalau Anda mulai kembali berhemat agar gaji bulanan juga tak ikut ludes tak berbekas. Lagipula, masih ada goal finansial selanjutnya yang harus Anda capai, seperti berkurban di Idul Adha atau liburan akhir tahun misalnya?

Berhemat setelah THR habis bukan berarti Anda harus melakukan perubahan gaya hidup secara drastis. Dengan sedikit perencanaan dan penyesuaian pada kebiasaan sehari-hari, jumlah yang bisa Anda hemat akan cukup signifikan, lho! Jadi, trik apa saja yang bisa Anda lakukan untuk berhemat setelah THR habis?

Baca Juga: THR Langsung Habis Menjelang Lebaran? Cegah Dengan Cara Ini

1. Bawa Bekal

Trik Berhemat Setelah THR Habis - Bawa Bekal

Siasati pengeluaran makan dan minum yang porsinya cukup besar dalam anggaran bulanan, dengan membawa bekal yang sudah dipersiapkan dari rumah. Tak perlu khawatir bila belum terbiasa masak sendiri. Awali dengan makanan praktis yang tinggal digoreng atau dipanaskan. Bawa bekalnya tentu harus lengkap dengan tumbler ya, agar tak perlu membeli air minum dalam kemasan.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Pola Makan Seimbang Agar Tetap Cantik dan Ceria Untuk Anda Si Sibuk

2. Buat Minuman Sendiri

Trik Berhemat Setelah THR Habis - Buat Minuman Sendiri

Nah, untuk yang terbiasa membeli kopi, jus, atau milk tea di gerai tertentu setiap hari, coba kurangi frekuensinya jadi seminimal mungkin. Atau, buat sendiri di rumah dengan resep yang bisa Anda cari di internet. Asyik kan kalau bisa berhemat sekaligus mengasah skill di dapur?

Baca Juga: Sering Minum Kopi Tiap Hari, Berbahaya Bagi Kesehatan Nggak Ya?

3. Selalu Bayar Dengan Uang Tunai

Trik Berhemat Setelah THR Habis - Bayar Dengan Uang Tunai

Percaya deh, mengeluarkan uang dari dompet dan membayar secara tunai rasanya sangat berbeda dibanding dengan membayar secara debit. Sebagai awal, coba hitung pengeluaran rata-rata Anda setiap hari, lalu tarik tunai untuk 3 hari ke depan. Lambat laun, kebiasaan Anda mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu, akan jadi jauh berkurang.

Baca Juga: Agar Tak Boros, Coba Sesuaikan Strategi Menabung Dengan Kepribadian Anda!

4. Kencan Hemat

Trik Berhemat Setelah THR Habis - Kencan Hemat

Meskipun sedang berhemat, jangan sampai agenda kencan jadi korban. Anda bisa coba alternatif kencan yang tak menguras biaya tapi tetap romantis, seperti menghabiskan sore di taman atau bakar jagung di halaman rumah. Si dia pasti makin sayang deh kalau tahu pacarnya bisa menghargai kesederhanaan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Dari Film Untuk Menciptakan Momen Romantis Dengan Pasangan

 

5. Debit Otomatis ke Rekening Tabungan

Trik Berhemat Setelah THR Habis - Debet Otomatis

Trik berhemat setelah THR habis yang satu ini penting dilakukan, agar gaji langsung masuk tabungan terpisah sebelum terpakai untuk keperluan lain. Tak perlu bingung, berikut langkah yang perlu Anda lakukan. Anda cukup membuat rekening baru untuk menampung uang tabungan, lalu hubungi bank untuk mengatur debit otomatis dari rekening utama ke rekening tabungan. Tetapkan jumlah yang akan ditransfer setiap bulan, minimal 20% dari gaji. Kemudian, tetapkan tanggal debit otomatis. Idealnya satu hari setelah tanggal gajian. Ternyata tak sesulit yang dibayangkan bukan? Anda jadi bisa santai tanpa perlu repot transfer sana sini.

Baca Juga: Yuk, Persiapkan Dana Darurat Mulai Sekarang. Ini Alasannya

6. Batasi Penggunaan Media Sosial

Trik Berhemat Setelah THR Habis - Batasi Penggunaan Media Sosial

Kalau merasa tak yakin bisa menahan diri dari godaan promosi atau menekan dorongan untuk menyaingi gaya hidup teman, lebih baik batasi dulu penggunaan media sosial. Habiskan waktu luang dengan melakukan hal yang lebih produktif seperti membaca atau beraktivitas di luar ruangan, agar trik berhemat setelah THR habis yang sudah Anda lakukan tak jadi sia-sia karena lapar mata. Selain itu, Anda pun juga bisa menghemat kuota internet!

Baca Juga: Anda Kecanduan Internet? Yuk, Kembalikan Fokus Dan Kedamaian Dengan ‘Puasa’ Sehari Tanpa Internet

 

Meski terlihat sedikit, tapi bila konsisten dan disiplin dilakukan, jumlah penghematannya mungkin akan jauh melebihi goal finansial yang ingin Anda penuhi. Jadi, tak ada salahnya kalau trik berhemat setelah THR habis ini Anda jadikan sebagai kebiasaan finansial permanen.

PREVIOUS ARTICLE

Di-unfollow Teman Instagram atau Socmed Lain? Apa yang Sebaiknya Anda Lakukan?

NEXT ARTICLE

Pacaran dengan Kakak Sahabat? Intip 5 Tips Ini Agar Hubungan Persahabatan Tak Canggung

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments