Lifestyle

Traveling Bersama Anak? Yuk, Ikuti Kiat Berikut Agar Perjalanan Nyaman Dan Anak Tak Rewel

Senang ya kalau bisa traveling bersama keluarga. Sudah terbayang bahagianya menjauhkan diri sejenak dari rutinitas hidup dan menghabiskan waktu berkualitas untuk mencari suasana baru yang menyegarkan hati dan pikiran. Ups, apa Anda jadi terbayang juga ribetnya traveling bersama anak? Sudah jadi rahasia umum kalau traveling bersama anak itu memang jadi tantangan tersendiri, mulai dari packing perlengkapan anak yang seabrek sampai harus menghadapi anak rewel di tengah jalan. Sst, mau kan perjalanan tetap aman dan menyenangkan sampai tujuan? Yuk, cek dulu beberapa tips ini.

1. Atur Waktu

Pengaturan waktu jadi hal yang sangat penting saat traveling bersama anak, apalagi kalau menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta. Coba sesuaikan jadwal penerbangan atau trip kereta yang memakan waktu lama dengan  jam tidur anak. Anda juga harus sudah siap packing sehari sebelum keberangkatan agar tak ada sesi buru-buru mengejar waktu dan lupa bawa barang penting. Saat bepergian dengan orang dewasa lain, seperti ayah, nenek, atau kakek, atur juga waktu untuk bergantian menjaga anak agar semua punya saat untuk beristirahat.

Baca Juga: Young Moms, Ini 5 Trik Agar Tetap Bugar Walau Sering Begadang

2. Bawa Barang Kesukaan Anak

Supaya tetap ceria dan tidak mudah rewel, bawakan anak backpack kecil berisi mainan dan barang lain kesukaannya. Dengan begitu, barang-barang kesukaannya bisa dimainkan di mobil, kabin pesawat, atau kursi kereta tanpa harus membongkar koper. Untuk anak yang sudah agak besar, bawakan juga buku cerita dan buku mewarnai lengkap dengan krayon atau pensil warna, sebagai penyelamat supaya tidak bosan selama perjalanan. Gunakan kesempatan ini untuk menciptakan bonding time yang berkesan saat sedang traveling bersama anak.

3. Siapkan Snack

Ini juga tidak kalah penting ya moms. Selalu sediakan snack favorit anak sebagai senjata andalan saat mereka sudah mulai cranky atau rewel. Tapi ingat ya, sebaiknya hindari snack yang kadar gulanya tinggi, agar Anda tak repot menghadapi sugar rush setelahnya. Sebagai alternatif, coba deh Anda siapkan buah, oatmeal cookies, yogurt, keripik keju, kacang, atau semacamnya.

4. Siapkan Tas Khusus Untuk Perlengkapan Anak

Namanya juga anak, pasti ada saja kejadian tidak terduga saat sedang dalam perjalanan, seperti minuman tumpah, baju kena makanan, atau bencana terlambat ke toilet. Agar bisa segera ditangani tanpa harus repot bongkar koper lagi, lakukan antisipasi dengan mempersiapkan tas khusus untuk baju ekstra, tisu basah, popok, pembersih tangan, dan P3K.

Baca Juga: BJ Editors: Rekomendasi Produk Kecantikan Berdasarkan Destinasi Liburan

5. Menjelajah

Secara alami, anak memiliki rasa penasaran yang tinggi dan memang cepat merasa bosan. Jadi, daripada menahan anak untuk hanya duduk diam dan ujungnya malah bikin anak jadi tantrum, lebih baik sekalian ajak menjelajah. Anda bisa ajak anak berkeliling menjelajahi stasiun atau bandara saat sedang menunggu keberangkatan, atau berjalan melihat bagian pesawat atau kereta sekaligus menjelaskan fungsinya saat dalam perjalanan. Sebenarnya semakin aktif mereka bergerak akan semakin baik, karena energi jadi bisa tersalurkan. Kalau akhirnya capek dan anak tidur sampai tujuan, lumayan juga kan moms?

PREVIOUS ARTICLE

‘Nembak’ Gebetan Tapi Ditolak? Ini Cara Agar Anda Cepat Move On

NEXT ARTICLE

Ini Fakta Seputar Madu Manuka Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencobanya!

RELATED ARTICLES

  • Membangun Kepribadian Anak Dengan Mengajarkan 5 Hal Mendasar iniBeauty Journal

    […] minta tolong, dan terima kasih. Tak ada salahnya membawanya ke acara di sekitar rumah atau bahkan traveling bersama anak ke tempat yang baru. Dengan begitu, anak akan tahu bahwa ada banyak orang lain selain […]

  • Ingin Mengajak Si Kecil Puasa? Jangan Takut Moms, Ini Kuncinya

    […] Baca Juga: Traveling Bersama Anak? Yuk, Ikuti Kiat Berikut Agar Perjalanan Nyaman Dan Anak Tak Rewel […]

  • Kata Siapa Liburan Bikin Boros? Coba Lakukan Ini Agar Gaji Anda Tak Terkuras Habis Untuk Traveling

    […] Baca Juga: Traveling Bersama Anak? Yuk, Ikuti Kiat Berikut Agar Perjalanan Nyaman Dan Anak Tak Rewel […]

COMMENTS3 comments