Lifestyle

Sering Ribut Dengan si Dia? Ini Strategi Ampuh Agar Konflik Selesai Tanpa Harus Putus

Siapa sih yang tidak pernah memiliki konflik di dalam hidupnya? Semua orang pasti pernah merasakan debat, diskusi panas, hingga adu argumen yang kadang bikin jadi emosi. Untuk yang sedang menjalani hubungan asmara, sudah pasti ada konflik dan perbedaan pendapat dengan pasangan yang membuat Anda berdua jadi berargumen. Sebenarnya konflik itu wajar dan malah bisa semakin mendekatkan hubungan Anda dengan pasangan, asal dijalankan dan diselesaikan secara damai, tanpa teriakan apalagi kekerasan fisik. Mau tahu apa saja yang harus dilakukan agar Anda dan pasangan bisa mengungkapkan pendapat secara sehat serta menyelesaikan konflik secara damai? Supaya tidak salah langkah, contek 4 strategi di bawah ini.

Baca Juga: Emosi Jangan Dipendam Terus. Yuk, Belajar Ungkapkan Dengan Cara yang Sehat dan Dewasa

1. Katakan Langsung

Menyelesaikan Konflik Dengan PasanganAdu argumen dan debat sering kali bertambah besar karena Anda atau pasangan tidak mau mengatakan langsung apa yang menjadi masalahnya. Biasanya pada saat berdebat, emosi yang memuncak akan membuat Anda dan si dia tidak bisa berpikir dengan jernih, sehingga malah ‘ngalor-ngidul’ dengan saling menyalahkan dan membuat masalah jauh dari kata selesai. Sebaiknya Anda dan pasangan bergantian mengungkapkan langsung inti permasalahannya, tentu saja dengan  nada suara dan kalimat yang tidak akan menyinggung perasaan ya.

2. Hindari Mengatakan “Selalu” dan “Tidak Pernah”

Kamu SELALU ..” atau “kamu TIDAK PERNAH ..” memang biasa diucapkan jika kita sedang kesal dengan sifat atau kelakuan pasangan yang menyebalkan. Padahal, setelah emosi mereda dan Anda bisa berpikir dengan jelas, sebenarnya si dia tidak begitu kan? Supaya konflik tidak jadi semakin besar, perdebatan semakin panjang, dan pasangan jadi tambah emosi karena merasa tidak dihargai, sebisa mungkin hindari kedua kata tadi ya, agar Anda dan pasangan bisa berdiskusi serta mencari jalan keluar secara sehat.

3. Dengarkan Pasangan Anda Berbicara

Anda pasti tahu kan rasanya saat kita sedang berbicara dengan seseorang namun tidak didengarka. Mengesalkan! Apalagi jika sedang berargumen dengan pasangan, pasti Anda akan merasa tidak dihargai dan dihormati. Ya, untuk menyelesaikan konflik secara damai, Anda harus mau mendengarkan saat pasangan berbicara. Hargai setiap opini yang diungkapkan dan dengarkan semuanya, agar Anda juga bisa melihat masalah dari sudut pandang pasangan. Hal ini pasti akan membuat proses penyelesaian masalah jadi semakin cepat.

Baca Juga: Ladies, 5 Hal Ini Bisa Membuat Pria Jatuh Hati Pada Anda Lho!

4. Fokus Cari Solusi

Pada saat berdebat dan emosi sedang memanas, biasanya kita tidak bisa berpikir secara logis dan jadi cenderung menyalahkan orang lain. Kalau sudah begitu, biasanya masalah malah jadi tambah besar dan tidak kunjung selesai. Karena alasan itulah, Anda dan pasangan harus mulai mencari persamaan pandangan dan fokus pada solusi dan jalan tengah yang bisa diterima kedua belah pihak. Salah satu trik yang bisa Anda praktikkan kalau perdebatan jadi memanas tidak terkontrol adalah dengan mengatur timeout untuk meredakan emosi dan bisa kembali berpikir dengan tenang dan jernih.

PREVIOUS ARTICLE

Pemilik Zodiak Berikut Dikenal Pemarah, Lho. Masa Iya?

NEXT ARTICLE

Yuk, Persiapkan Diri Agar Tetap Fit di Bulan Puasa Dengan Cara Ini

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments