Lifestyle

Kiat Praktis untuk Menghemat Ongkos Transportasi ke Kantor

Transportasi merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi wanita karier yang setiap harinya selalu pergi ke kantor. Salah satu faktor yang dapat membuat pengeluaran wanita karier membengkak adalah tidak dibuatnya anggaran khusus untuk transportasi ke kantor. Untuk itu, Anda perlu mengatur strategi agar dapat menghemat ongkos dan pengeluaran bulanan. Berikut ini ada kiat-kiat menarik yang bisa Anda praktikan. Apa saja?

1. Gunakan Transportasi Umum

Dibanding memakai kendaraan pribadi, menggunakan transportasi umum itu sebetulnya jauh lebih efisien dan hemat. Coba deh hitung kembali, berapa besar pengeluaran yang harus Anda bayar untuk biaya bahan bakar dan parkir jika memakai kendaraan pribadi. Belum lagi, Anda juga harus menyediakan dana ekstra untuk perawatan bulanannya. Kalau dihitung-hitung, tentu jauh lebih hemat memakai cara ini, bukan? Dengan menggunakan transportasi umum, Anda juga bisa mengurangi kemacetan, lho! Lebih efisien, kan?

2. Gunakan Kendaraan yang Hemat Bahan Bakar

Kalau tidak menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa menghemat ongkos transportasi ke kantor dengan menggunakan kendaraan yang irit bahan bakar. Saat ini, sudah banyak kok produsen transportasi yang menciptakan mobil atau motor yang lebih ramah lingkungan dan bahan bakarnya nggak boros.

3. Manfaatkan Ojek Online dan Promonya

Fenomena ojek online saat ini semakin marak, terutama di kota-kota besar. Saking maraknya, akhirnya terjadilah persaingan yang cukup ketat antar perusahaan ojek online. Salah satu cara mereka untuk menarik konsumen adalah dengan memberikan promo berupa potongan harga yang cukup menggiurkan. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menghemat ongkos transportasi ke kantor. Selain itu, beberapa perusahaan ojek online yang juga menawarkan sistem poin yang bisa ditukarkan dengan perjalanan gratis alias naik ojek tanpa bayar sepeser pun. Asyik banget, kan?

Baca Juga: Tetap Kece Saat Naik Ojek? Bisa, Dong!

4. Pakai Sepeda

Jika Anda gemar berolahraga, tak ada salahnya kalau sesekali mencoba bersepeda ke kantor. Selain lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan ongkos, bersepeda juga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Jika tertarik untuk mencoba hal ini, agaknya Anda harus bangun dan berangkat lebih pagi dari biasanya deh supaya tidak terlambat sampai ke kantor.

Baca Juga: Di Kantor atau di Rumah, Barang-Barang Berikut Ternyata Bisa Membantu Anda Berolahraga, Lho!

5. Ikut Komunitas Nebengers

Salah satu cara untuk menghemat ongkos transportasi adalah dengan mengikuti komunitas nebengers. Sejak beberapa tahun lalu, komunitas nebengers memang sudah eksis. Bahkan, anggotanya pun sudah berjumlah puluhan ribu orang. Tak hanya mengurangi kemacetan dan menghemat pengeluaran, komunitas yang sering mengadakan gathering ini juga dapat memperluas jaringan pertemanan, lho.

6. Pilih Kost yang Dekat Kantor

Apabila tempat tinggal Anda terlalu jauh dari tempat kerja, memilih kost atau apartemen yang dekat dengan kantor merupakan sebuah pilihan tepat untuk mencegah pemborosan biaya transportasi. Agar lebih hemat lagi, usahakan jarak dari tempat tinggal yang Anda pilih menuju ke kantor bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Lagi pula, lebih baik menyisihkan penghasilan untuk membayar tempat tinggal yang berdekatan dengan kantor kan, daripada harus merasakan kelelahan dan mengeluarkan biaya besar untuk transportasi?

Baca Juga: 5 Tips Hemat Ala Anak Kost Agar Uang Saku Bertahan Sampai Akhir Bulan

PREVIOUS ARTICLE

Fans Berat Dessert Kekinian? Waspadai Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

NEXT ARTICLE

Pacar Anda Melakukan 7 Hal Ini? Bisa Jadi Ia Belum Melupakan Si Mantan

RELATED ARTICLES