Lifestyle

Mulai Sering Lupa? Duh, Jangan Dibiarkan Saja. Ayo Siasati dengan Tips Berikut!

Kemampuan ingatan yang menurun dapat terjadi pada usia berapa saja. Baik itu nama orang, daftar belanjaan, apa saja yang harus dikerjakan, sampai nomor telepon. Mengingat banyak informasi baru tentunya jadi tantangan tersendiri, dan jika “kebiasaan” lupa ini dibiarkan begitu saja, bisa jadi dapat merugikan kehidupan personal dan pekerjaan. Apakah Anda mengalami kesulitan untuk mengingat informasi yang baru diterima? Coba praktikkan tips ini yuk!

Mengingat Nama Orang

sering melupakan sesuatu

Melupakan nama orang yang baru saja kita kenal sebenarnya adalah hal yang wajar. Apalagi jika tidak ada hal yang ‘mencolok’ dari orang tersebut. Saat bertemu dengan orang baru, banyak informasi yang harus kita serap. Mulai dari penampilannya hingga obrolan dan hal yang terjadi di sekitar Anda pada saat itu. Tapi tetap saja, melupakan nama seseorang yang sudah pernah kita temui dapat menjadi hal yang bikin tidak enak hati. Nah, untuk bisa mengingat nama orang, coba mulai lakukan tips ini:

  • Ulangi dan gunakan nama sebagai kata ganti saat mengobrol.
  • Bertukar kontak dan meminta orang tersebut untuk mengeja namanya.
  • Coba untuk lebih peduli dan perhatian. Salah satu penyebab Anda melupakan nama seseorang adalah karena Anda kurang fokus dan peduli pada momen perkenalan tersebut.

Tidak Lagi Melupakan Daftar Belanja atau Daftar Pekerjaan

sering melupakan sesuatu

Pernah merasa kesulitan saat harus mengingat sebuah daftar to-do-list pekerjaan? Atau sudah sampai supermarket lalu lupa barang apa saja yang perlu dibeli? Kadang kita harus menghapalkan sejumlah data untuk kepentingan pekerjaan maupun personal. Supaya 2 aspek hidup ini lebih lancar, mulai biasakan untuk mencoba tips ini yuk!

  • Gunakan metode loci. Metode ini bekerja dengan membayangkan “perjalanan” dengan menghubungkan tempat atau benda untuk mengingat informasi. Misalnya: saya sudah pasti hapal rute dari kos ke minimarket dan melewati tempat apa saja yang paling diingat. Nah, saya bisa mengasosiasikan tempat-tempat yang saya lewati itu dengan daftar belanja. Kalau barang pertama yang perlu saya lakukan beli adalah pasta gigi, saya membayangkan pasta gigi itu ada di pintu pagar. Barang ke-2 yang perlu dibeli adalah pulpen, saya membayangkan itu begitu melewati sekolah. Selanjutnya saya butuh minyak angin misalnya, saya asosiasikan saja barang itu dengan bengkel yang juga akan saya lewati. Begitu saja seterusnya. Begitu sampai di minimarket, saya tinggal merunut lagi “perjalanan” yang sudah dilakukan sebelumnya.
  • Berlatih mengingat dengan menyanyikannya. Coba buat lagu dengan item yang harus Anda ingat sebagai liriknya. Rangkaian melodi lebih mudah ditangkap oleh otak kita. Ini juga menjadi alasan mengapa kita lebih cepat menghapal lirik lagu dibandingkan dengan menghapal pelajaran.
  • Catat! Ini tentunya cara paling mudah untuk dilakukan tapi justru paling malas untuk dilakukan. Sesaat setelah Anda menerima sebuah informasi, jangan lupa untuk langsung mencatatnya. Mencatat dengan menggunakan kertas dan pena juga dapat membantu mengingat jika dibandingkan mencatat dengan ponsel.

Baca juga: Jangan Sepelekan Vitamin B12, Nutrisi Penting Untuk Fungsi Otak Sempurna 

Menghafal Angka atau Tanggal

sering melupakan sesuatu

Ada beberapa situasi di mana kita perlu mengingat sederetan angka. Mulai dari nomor telepon, nomor identitas, hingga nomor rekening misalnya. Pernah nggak mengalami di saat teman ingin transfer, tapi Anda lupa nomor rekening dan harus cari screenshot nomor rekening pribadi atau membuka isi notes dulu? Supaya tidak lagi sulit mengingat deretan angkat, coba beberapa metode ini:

  • Gunakan metode “chunking”. Metode ini bekerja dengan cara membagi rentetan angka yang panjang menjadi ke dalam bagian-bagian yang kecil. Misalnya, untuk mengingat 12 digit nomor telepon, kelompokkan angka tersebut menjadi 3 kelompok kecil berisi 4 digit nomor. Dengan begitu, deretan angka akan lebih mudah diingat.
  • Saat Anda berhasil mengingat deretan angka, pastikan untuk mengulanginya dalam waktu satu jam, satu hari, satu minggu, hingga satu bulan selanjutnya. Tujuannya adalah untuk kembali mengingat kembali informasi pada saat pikiran Anda hendak melupakannya.
  • Visualisasikan urutan angka menjadi sebuah gambaran di otak. Misalnya saat Anda harus menghapal nomor 7415963, coba ketik nomor tersebut pada ponsel. Jika diketik pada ponsel, urutan angka tersebut membentuk huruf “N”. Nah, karenanya Anda tidak perlu lagi mengingat 7 digit angka tersebut. Cukup dengan mengingat hufuf “N” saja.

Lakukan Hal-Hal yang Dapat Memicu Fungsi Otak

sering melupakan sesuatu

Selain melakukan hal-hal di atas untuk mengingat sesuatu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal yang dapat menjadi booster bagi otak. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Mengonsumsi makanan yang baik untuk otak. Makanan dengan kandungan Omega-3 dapat meningkatkan kualitas otak. Anda dapat menemukannya pada salmon, tuna, walnut, atau suplemen kesehatan.
  • Latih otak Anda. Anda dapat berlatih dengan cara memainkan permainan tertentu. Beberapa permainan yang dapat dicoba adalah sudoku atau teka-teki silang.
  • Membaca hard copy book. Ada sebuah studi yang menyatakan kalau pembaca e-book lebih sulit mengingat kembali informasi yang sudah dibacanya. Siapa sangka, gerakan membalikkan halaman buku dengan jari dan merasakan seberapa banyak sisa halaman yang akan dibaca dapat mendukung kemampuan otak untuk mengingat isi buku lebih detail.
  • Tidur sesaat setelah mempelajari hal baru. Tidur dapat memicu otak untuk memproses memori otak menjadi lebih solid dan tahan lama. NASA juga pernah melakukan penelitian yang menyatakan bahwa tidur siang memiliki manfaat untuk memori otak kita.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Seru Ini Agar Anda Lebih Produktif Dalam Memanfaatkan Waktu Luang

PREVIOUS ARTICLE

Tak Hanya Kemampuan Leadership, Kemampuan Bertanya Juga Penting Untuk Kesuksesan Karier!

NEXT ARTICLE

Kolam Dalam Gua di Indonesia, Surga Tersembunyi yang Wajib Disambangi Para Wisatawan

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments