Lifestyle

Gampang ‘Baper’? Coba Deh Singkirkan Mindset Ini Dengan Tips Berikut

Candaan-candaan ringan yang sebenarnya harmless mendadak menjadi penyulut emosi Anda. Bahkan, teman yang tidak membalas sapaan Anda pun membuat Anda tersinggung. Duh, pasti capek, ya, jika Anda menanggapi hampir semua hal ini secara personal. Life is too short to be baper. Karena itu, yuk, intip 5 hal ini untuk mengurangi ‘kebiasaan’ baper ini.

1. Perbaiki Mindset

Yap, ternyata hal utama yang menyebabkan Anda mudah baper berasal dari pikiran sendiri, lho. Buang jauh-jauh ekspektasi yang berlebihan terhadap respon seseorang kepada Anda. Cara berinteraksi seseorang dipengaruhi oleh bermacam hal, seperti kepribadian, kebiasaan, hingga mood. Kalau seseorang berbicara singkat dan tanpa senyum, misalnya, bukan berarti mereka membenci Anda. Intinya, tak semua orang berpikiran atau berkelakuan seperti Anda.

2. Kenali Complex Anda

Bisa jadi, nih, topik pembicaraan dan candaan teman-teman terasa ‘menyengat’ karena mereka menyinggung sisi complex Anda alias sisi diri Anda yang rumit. Nah, jika Anda mengenal dengan baik complex Anda, tentu Anda bisa mengerti bahwa teman-teman Anda bisa jadi tidak tahu bahwa hal tersebut membuat Anda sedih. Komunikasikan saja dengan mereka untuk menghentikan candaan tersebut. Mereka pasti mengerti, kok.

3. Berhenti Memikirkan Pendapat Orang Lain

Penyebab Anda mudah baper bisa jadi karena Anda mengharapkan semua orang menyukai dan menerima Anda. Kalau ada hal yang tak berjalan dengan semestinya, Anda jadi khawatir dan berpikir yang tidak-tidak. In fact, you can’t please everyone. Respon orang lain terhadap Anda adalah sesuatu yang di luar kontrol. Sebaik apapun Anda bersikap, hal ini belum tentu memengaruhi penilaian mereka terhadap Anda. Don’t try too hard.

 

4. Jangan Minder

Daripada terlalu mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, lebih baik Anda pusatkan perhatian pada diri sendiri. Cobalah mengeksplorasi kelebihan serta potensi yang Anda miliki. Untuk langkah pertama, Anda bisa membuat daftar kelebihan yang Anda miliki. Atau, bisa juga Anda luangkan waktu untuk mengikuti bakti sosial serta mendalami hobi. Ketika rasa percaya diri Anda tumbuh lebih kuat, Anda tidak membutuhkan approval dari orang lain.

Baca Juga: Isi Waktu Luang Dengan Menonton 5 Film yang Membuat Anda Semakin Percaya Diri Sebagai Wanita

5. Kenali Spotlight Effect

Mungkin Anda sering baper dan merasa dihakimi saat mengobrol ringan dengan rekan-rekan kerja. Padahal, belum tentu mereka sedang membicarakan Anda, lho. Sebelum Anda marah-marah tidak keruan, coba pikirkan hal ini. Ada lebih dari 7 milyar manusia di bumi ini dan kemungkinan besar bukan Anda yang menjadi topik obrolan mereka.

Jangan lupa, jadilah lebih percaya diri dan melatih mindset. Tak perlu menganggap serius apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Dengan begitu, pasti sedikit demi sedikit Anda akan menjadi pribadi yang fun dan tidak mudah baper, ladies.

PREVIOUS ARTICLE

Rayakan Hari Ibu Yuk Dengan Melakukan 5 Kegiatan Berikut Agar Hubungan Lebih Erat

NEXT ARTICLE

Yuk, Poles Profil LinkedIn Supaya Anda Cepat Direkrut Perusahaan Besar!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments