Guide

Awas, Waspadai 5 Tanda Toxic Friend Yang Sering Tidak Anda Sadari!

Sewaktu kecil, mungkin Anda pernah dinasihati oleh orangtua untuk berhati-hati dalam memilih teman. Tentu saja nasihat itu bukan soal memilih teman berdasarkan penampilan fisik atau harta, tapi dari perilaku dan kepribadiannya. Pengaruh teman bisa sangat besar lho artinya bagi hidup Anda. Teman yang baik akan mendorong Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik, sedangkan teman tidak baik atau toxic friend biasanya menguras energi dan bikin makan hati sehingga Anda merasa tidak bahagia. Sebenarnya, ada beberapa tanda toxic friend yang mungkin sering tidak Anda sadari. Kalau tidak hati-hati, Anda bisa terjebak dalam pertemanan yang tidak sehat. Mau tahu apa saja?

1. Selalu Melihat Masalah Dari Sisi Negatif

Toxic Friend - CoverSetiap orang sudah pasti memiliki masalah dalam hidup, baik besar maupun kecil, dan cara dewasa untuk menghadapinya adalah dengan melihat masalah secara objektif dan mencari solusi. Tidak demikian halnya dengan toxic friend, yang cuma bisa melihat sisi negatif dari setiap masalah  tanpa mencari solusi. Biasanya sih, kerjaannya cuma menggerutu, mengomel, dan mengumpat karena merasa hanya dirinya yang selalu ditimpa masalah. Lebih parahnya, dia bahkan bisa menyalahkan Anda atas berbagai masalah tersebut. Yakin mau berteman dengan orang seperti ini?

2. Tidak Senang Melihat Anda Sukses

Apa Anda sedang dekat dengan teman yang terlihat tidak senang saat Anda berhasil melakukan sesuatu? Atau mengeluarkan komentar negatif yang mengecilkan usaha Anda dalam meraih kesuksesan? Yap, itulah pertanda toxic friend. Hati-hati ya, karena biasanya mereka mengeskpresikan rasa tidak senangnya dengan membicarakan kejelekan dan kekurangan Anda pada orang lain. Mereka juga tak segan melontarkan kritik pedas dan malah membuat Anda jadi patah semangat.

Baca Juga: 7 Tanda Bahaya Kalau Anda Adalah Korban Gaslighting atau Kekerasan Mental

3. Selalu Bicara Mengenai Dirinya

Toxic Friend

Teman yang egois, mau menang sendiri, dan selalu ingin jadi pusat perhatian juga masuk dalam kategori toxic friend. Apalagi kalau teman tersebut selalu mengarahkan topik pembicaraan supaya cuma dirinya yang disorot dan diperbincangkan, itu sudah jelas kartu merah yang harus Anda waspadai. Tak mau kan punya teman yang selalu menyombongkan kehebatan dirinya dan menganggap remeh orang lain?

4. Menghiraukan Perasaan Anda

Punya teman yang selalu memaksa untuk melakukan hal yang tidak Anda sukai atau membuat perasaan Anda tidak nyaman? Hati-hati, teman tersebut sudah menunjukkan salah satu tanda toxic friend yang harus Anda jauhi. Teman yang baik pasti tahu batasan dan selalu memikirkan perasaan Anda, sementara toxic friend menganggapnya sebagai hal yang tidak penting.

5. Hanya Peduli Saat Butuh

Pertemanan yang baik dibangun atas dasar kepedulian dan saling menolong. Jadi, kalau Anda punya teman yang hanya peduli saat dia butuh bantuan atau baru mau menolong Anda kalau ada imbalan yang menguntungkan, sebaiknya tinggalkan saja toxic friend seperti ini.

 

Hayo, setelah membaca berbagai tanda di atas, apa ada nama yang langsung terlintas di pikiran Anda? Jika memang ada teman yang menunjukkan satu atau lebih tanda yang sudah disebutkan tadi, sepertinya memang sudah saatnya Anda mengambil sikap.

PREVIOUS ARTICLE

5 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Wanita. Sudah Download, Belum?

NEXT ARTICLE

Cari Tahu Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Karier Anda

RELATED ARTICLES

  • Perhatikan 5 Hal Berikut yang Dapat Menjadi Tanda Bahwa Sahabat Cemburu dengan Anda

    […] Baca Juga: Awas, Waspadai 5 Tanda Toxic Friend Yang Sering Tidak Anda Sadari! […]

COMMENTS1 comments