Guide

Sikap Ini Merupakan Tanda Kecerdasan Emosional yang Rendah. Apakah Anda Memiliki Salah Satu di Antaranya?

Kecerdasan emosional memiliki peranan yang penting dalam hidup. Setinggi apapun IQ (Intelligence QuotientAnda, tidak akan dapat membantu jika Anda tidak memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. EQ (Emotional Quotient) sangatlah memengaruhi cara Anda membentuk relasi dengan orang lain. Seseorang dengan kecerdasan emosional yang rendah akan sulit membangun atau mempertahankan hubungan yang dijalin baik dengan teman atau rekan kerja. Nah, buat Anda yang bingung mengenai tinggi atau rendahnya kecerdasan emosional yang dimiliki, Anda bisa mengetahuinya melaui tes yang disediakan website-website psikologi secara gratis. Selain melalui tes tersebut, seseorang dengan kecerdasan emosional yang rendah umumnya memiliki sifat-sifat di bawah ini.

Mudah Stres

Kecerdasan Emosional yang Rendah

Seseorang dengan kecerdasan emosional yang rendah akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan emosinya. Akibatnya, emosi yang terpendam akan menumpuk dan menyebabkan munculnya pikiran yang tegang, cemas, hingga stres. Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan mental dan fisik seseorang. Dengan kecerdasan emosional yang tinggi, seseorang harusnya dapat mengatur dan menyalurkan emosinya secara positif sebelum menumpuk dan meluap-luap.

Sering Berasumsi

Kecerdasan Emosional yang Rendah

Kecerdasan emosional yang rendah dapat membuat seseorang membentuk opini dan asumsi secara cepat. Orang dengan EQ yang rendah cenderung senang mencari bukti yang dapat mendukung asumsinya dan mengabaikan bukti yang dapat membantah asumsinya. Mereka juga tidak mempertimbangkan konsekuensi dan argumen yang mungkin terjadi. Ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan orang ber-EQ tinggi yang selalu meluangkan waktu untuk berpikir terlebih dahulu untuk menghindari asumsi yang terbentuk akibat emosi.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Tanda Anda Mengalami Kelelahan Otak. Harus Segera Diistirahatkan!

Pendendam

Kecerdasan Emosional yang Rendah

Menumpuk perasaan-perasaan negatif hingga menimbulkan dendam bukanlah hal yang baik. Apalagi jika kemarahan Anda dapat tersulut tiba-tiba hanya dengan memikirkan kejadian masa lalu yang membuat dendam. Kebiasaan memendam amarah ini sangatlah tidak baik karena dapat memicu stres yang berdampak buruk terhadap kesehatan mental seseorang. Tak hanya itu, memendam rasa marah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan serangan jantung juga, lho!

Baca Juga: Hati-Hati Kalau Bercanda, Jangan Sampai Menyakiti Hati 5 Zodiak Pendendam Ini

Defensif

Kecerdasan Emosional yang Rendah

Tidak seperti orang ber-EQ tinggi, seseorang dengan kecerdasan emosional yang rendah merupakan orang yang kurang percaya diri dan kurang terbuka pikirannya. Akibatnya, saat seseorang berusaha memberikan masukan, Anda akan mudah tersinggung. Perasaan tersinggung dan tidak bisa menerima kritik dari orang lain ini diwujudkan dengan cara membela diri. Namun sering kali, sikap defensif ini muncul disertai emosi sehingga justru terlihat seperti sedang mengeyel.

Baca Juga: Bisa Bikin Stres, Perhatikan 5 Hal Yang Menandakan Anda Seorang Overthinker!

Mudah Tersinggung

Kecerdasan Emosional yang Rendah

Ketidakmampuan seseorang dengan kecerdasan emosional yang rendah dalam memahami emosi dirinya sendiri juga berdampak pada orang lain. Mengenali emosi diri sendiri saja sulit, apalagi berempati dengan orang lain? Karena cenderung sulit untuk memahami perasaan orang lain, mereka akan sulit juga untuk berempati dan berusaha memahami perasaan orang lain. Anda akan terlihat seperti orang yang tidak peka dan tidak peduli terhadap perasaan orang lain.

Baca Juga: Wah, Ternyata Kecerdasan Emosional Memiliki Peran Penting Bagi Kesuksesan Seseorang!

PREVIOUS ARTICLE

Sudah Coba Belum? Berikut Daftar Makanan-Makanan Hits di Tahun 2017!

NEXT ARTICLE

A Lovable Journey in Malang and Batu City

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments