Guide

Waspada Bila Menemukan 5 Tanda Ini! Bisa Jadi Hal Tersebut Adalah Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi salah satu momok paling menakutkan bagi wanita. Semakin tingginya angka penderita kanker payudara, sudah sewajarnya kita semua lebih waspada akan ancaman penyakit yang satu ini. Mumpung sedang dalam bulan Oktober sebagai bulan kampanye untuk kesadaran terhadap kanker payudara, kami ingin mengajak Anda untuk lebih waspada terhadap risiko penyakit ini. Bila Anda menemukan tanda-tanda seperti di bawah ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu kemungkinan Anda terkena kanker payudara.

Rasa Sakit Pada Payudara Atau Dada

Kanker payudara bisa muncul dalam berbagai macam bentuk, seperti benjolan tunggal, benjolan-benjolan kecil yang tersebar, atau bentuk yang tidak beraturan. Semuanya menyebabkan rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang berbeda-beda pula. Penting sekali untuk mencatat kapan, di bagian mana, dan seberapa sering rasa sakit tersebut muncul. Jika Anda curiga ada yang tidak beres, jelaskan secara detail kepada dokter mengenai apa yang Anda rasakan.

Payudara Gatal, Kemerahan, dan Bengkak

Gejala Kanker Payudara

Gejala ini sering muncul pada penderita inflammatory breast cancer. Beda dengan gejala umum kanker payudara, hal ini biasanya bukan ditandai dengan peradangan pada payudara. Rasa gatal yang ditimbulkan cukup ekstrem, hingga membuat Anda ingin menggaruknya terus menerus. Kanker payudara jenis ini juga sering ditandai dengan payudara yang kemerahan, bengkak, dan terasa terbakar. Ketika belum terdeteksi, dokter mungkin hanya akan memberikan salep. Jika gejala tak juga hilang, Anda harus kembali memeriksakan diri.

Perubahan Pada Bentuk dan Ukuran Payudara

Mengurangi Risiko Kanker Payudara - Cek Kepadatan

Rutinlah memeriksa payudara sendiri. Jika Anda mendapati payudara berubah dalam bentuk atau ukuran tanpa sebab, Anda harus mulai waspada. Gejala kanker payudara tak selalu hadir berupa benjolan yang tampak jelas. Ukuran payudara bisa saja membesar karena jaringan pada payudara yang terdorong keluar. Jadi, segeralah berkonsultasi ke dokter jika Anda mendapati perubahan bentuk dan ukuran pada payudara.

Puting Payudara Berubah atau Lebih Sensitif

Salah satu lokasi yang sering ditumbuhi sel kanker adalah bagian di bawah puting payudara, yang bisa menyebabkan perubahan pada puting Anda. Puting jadi tidak semenonjol seperti sebelumnya, bahkan rata atau masuk ke dalam. Terkadang, gejala tersebut juga disertai dengan keluarnya cairan yang berwarna bening, kemerahan, atau seperti susu meski Anda tidak sedang menyusui. Selain itu, puting juga bisa menjadi tidak lagi sensitif terhadap sentuhan.

Benjolan Atau Bengkak Pada Ketiak

Gejala Kanker Payudara

Jika Anda menemukan benjolan keras pada ketiak yang tidak bergeser ketika disentuh, Anda harus berhati-hati. Terkadang juga rasanya sakit atau terasa empuk, meski tanpa hadirnya benjolan. Ada beberapa kasus kanker payudara yang pertama kali menyebar ke kelenjar getah bening pada ketiak melalui cairan limfatik yang mengalir dari payudara.

Baca Juga: Waspada, Camilan Enak Ini Ternyata Bisa Memicu Kanker Payudara!

PREVIOUS ARTICLE

Apa Zodiak Gebetan Anda? Ssst, Ini Cara Menarik Perhatian Si Dia Berdasarkan Karakter Zodiaknya

NEXT ARTICLE

Kaum Millennial, Ini Budaya Baru dalam Dunia Pekerjaan yang Akan Anda Temui!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments