Beauty

3 Hal Tentang Tabir Surya yang Selama ini Anda Salah Kaprah

Tabir surya adalah salah satu perawatan dasar yang tak boleh dilewatkan. Nah, Anda selalu pakai produk ini setiap hari kan? Selain mencegah kulit belang, tabir surya juga penting untuk mengurangi kemunculan tanda penuaan yang terlalu dini akibat paparan sinar UV. Dalam produk makeup dan skin care, tabir surya ini ditandai dengan adanya label SPF dan PA atau broad spectrum. Sayangnya, masih banyak yang belum paham benar mengenai pemakaian produk ini. Contohnya saja, Anda pasti memilih produk dengan tabir surya tinggi agar perlindungan lebih maksimal kan? Padahal nih, hal tersebut belum tentu benar. Di Sociolla Secret Getaway “Tropical Wanderlust” beberapa saat lalu, dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK mengungkapkan beberapa fakta tentang tabir surya yang selama ini Anda salah kaprah! Apa saja?

1. Jumlah Takaran Secukupnya Saja

Biasanya, tabir surya dipakai mirip dengan krim wajah atau body lotion biasa. Yaaa, seperlunya saja gitu. Yang penting, sudah kena kulit. Eits, hal ini ternyata membuat kerja produk tidak maksimal! Menurut dr. Sari, takaran yang tepat adalah seperti ini: 2 miligram tabir surya untuk 1 cm² kulit. Dengan kata lain, Anda butuh sekitar dua sendok makan tabir surya untuk seluruh wajah dan tubuh. Kalau untuk wajah saja, takarannya sekitar satu koin logam.

2. Makin Tinggi SPF Makin Baik

Di pasaran, Anda tentu melihat ada banyak krim tabir surya, pelembap dengan SPF, hingga foundation dengan SPF yang menawarkan perlindungan dengan tingkat SPF yang bervariasi. Ada yang hanya SPF 12, ada juga yang SPF 20, ada juga yang SPF 100. Kalau mau lebih maksimal, tentu harus pilih SPF yang paling tinggi dong? Belum tentu! SPF 30 bukan berarti kemampuannya dua kali lipat dari SPF 15.

Tingkat SPF ini menentukan kemampuannya dalam menghalau sinar UVB. Menurut penelitian, tabir surya dengan SPF 15 akan menghalau sekitar 94% sinar UVB, SPF 30 akan menghalau 97% sinar UVB, dan SPF 45 akan menghalau sekitar 98% sinar UVB. Produk dengan SPF di atas 45 memiliki hasil yang tak jauh berbeda dengan SPF 45.

Baca Juga: UVA dan UVB, Sudah Tahu Perbedaannya?

3. Tak Perlu Pakai Ulang Kalau Tak Kena Air

Inilah salah kaprah yang sering terjadi. Meski Anda tidak main air, namun penggunaan tabir surya perlu diulang tiap dua jam sekali. Hal ini karena formulanya yang perlahan menurun sehingga perlu adanya aplikasi ulang. Kalau Anda menggunakan makeup, Anda bisa mencoba produk berupa spray agar Anda tak perlu menghapus makeup hanya untuk memakai tabir surya.

PREVIOUS ARTICLE

Review: Wardah Nude Lipstick Untuk Anda yang Menyukai Makeup Natural

NEXT ARTICLE

5 Overnight Mask yang Perlu Anda Coba Untuk Dapatkan Wajah Cerah di Pagi Hari

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments