Guide

Fans Berat Dessert Kekinian? Waspadai Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Siapa nih yang rajin mengikuti tren dessert di Instagram? Setiap hari selalu ada saja kreasi inovatif dan kreatif yang sayang untuk tidak dicoba. Anda jadi semakin susah deh menahan diri untuk tidak mencoba dessert kekinian, apalagi banyak yang tampilannya superheboh dengan warna-warni seru dan aneka topping yang instagrammable banget.

Eits, tapi coba perhatikan dulu apa yang ada di dalamnya. Di balik tampilannya yang meriah, ternyata ada 8-10 sendok teh gula, sekitar 20 gram lemak, dan bisa mencapai 1200-1600 kalori! Belum lagi kalau diberi topping, tambah lagi deh setidaknya 600-800 kalori, 3-4 sendok teh gula, dan 10 gram lemak. Melihat isinya yang seperti itu, jelas ada risiko kesehatan yang mengintai karena Anda terlalu banyak mengonsumsi gula. Bukan hanya diabetes dan penumpukan lemak saja, tapi juga berbagai hal seperti berikut.

1. Kerusakan Hati

Risiko Kesehatan - Merusak Hati

Fruktosa yang terkandung dalam gula hanya bisa diproses oleh hati, dan tak jadi masalah bila jumlahnya hanya sedikit atau Anda baru saja selesai berolahraga. Dalam kondisi normal, fruktosa akan diubah menjadi glikogen dan disimpan dalam hati sampai tubuh Anda membutuhkannya. Saat hati sudah penuh oleh glikogen dan Anda makan terlalu banyak gula, fruktosa yang masuk terlalu banyak akan diubah menjadi lemak. Bila hal ini terjadi terlalu sering, timbunan lemak akan menutupi hati dan meningkatkan risiko kesehatan lain.

2. Resistensi Insulin

Risiko Kesehatan - Cover

Insulin adalah hormon tubuh yang sangat penting untuk membantu glukosa (gula darah) memasuki sel dari aliran darah hingga memberi sinyal pada sel tubuh untuk membakar gula dan bukan lemak. Menurut sebuah artikel di jurnal kesehatan Nutrition & Metabolism, asupan gula yang terlalu banyak akan membuat sel tubuh menjadi kebal atau resistan terhadap insulin. Akibatnya, risiko kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2 jadi semakin tinggi.

3. Fungsi Otak Tidak Maksimal

Risiko Kesehatan - Fungsi Otak Tidak Maksimal

Sesekali makan dessert memang bisa membuat Anda merasa senang, tapi bagaimana bila mengonsumsi banyak gula terlalu sering? Ternyata, sirup jagung yang tinggi fruktosa banyak sekali digunakan dalam dessert. Hal ini akan membuat otak kesulitan untuk belajar dan mengingat.

4. Kulit Cepat Menua

Risiko Kesehatan - Kulit Cepat Menua

Terlalu banyak konsumsi gula bisa menghalangi perbaikan kolagen, sebuah protein yang akan membuat kulit tetap kenyal dan elastis. Keseringan makan dessert kekinian bisa membuat kulit jadi kehilangan elastisitas dan cepat keriput. Sayang kan sudah melakukan perawatan kulit maksimal tapi akhirnya dirusak oleh konsumsi gula berlebih?

5. Kerusakan Gigi dan Gusi

Risiko Kesehatan - Kerusakan Gigi dan Gusi

Gula ternyata bisa merusak gigi jauh lebih cepat dibandingkan bahan makanan lain, apalagi kalau Anda lupa dan tidak menggosok gigi setelah makan dessert. Begitu juga halnya dengan gusi. Bila sampai terinfeksi akibat gula, risiko kesehatan Anda terhadap penyakit arteri jantung akan melonjak lebih tinggi.

Baca Juga: Catat! Ini Jenis Makanan yang Bisa Merusak Gigi Anda

6. Kolesterol dan Penyakit Jantung

Risiko Kesehatan - Kolesterol dan Penyakit Jantung

Kolesterol naik karena terlalu banyak makan lemak? Itu sih sudah basi. Penelitian terbaru yang juga dirilis di The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan kalau bukan lemak jenuh, tapi konsumsi gula dalam jumlah tinggi yang bisa meningkatkan hal-hal berikut:

  • Trigliserida, jenis lemak yang bisa berpindah dari hati ke pembuluh arteri
  • LDL kecil dan padat
  • LDL teroksidasi (kolesterol yang sangat berbahaya)
  • Meningkatkan kadar glukosa darah dan insulin
  • Menumpuknya lemak di perut

Nah, Anda perlu tahu kalau semua hal di atas adalah faktor penyebab utama penyakit jantung.

7. Kerusakan Sel Tubuh

Risiko Kesehatan - Kerusakan Sel Tubuh

Fruktosa dalam gula akan mempercepat proses oksidasi normal sel tubuh, akibatnya protein, jaringan halus, dan organ dalam tubuh menjadi cepat rusak. Pada akhirnya, hal ini bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit seperti stroke, gagal ginjal, penyakit hati, dan katarak.

Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Ini Di Umur 20-an Agar Anda Selalu Sehat Sampai Tua

 

Ups, ternyata banyak sekali risiko kesehatan yang bersembunyi di balik dessert kekinian, karena mengandung setumpuk gula di dalamnya. Jadi kalau masih mau mencicipi, batasi hanya 1 atau 2 kali dalam setahun saja ya.

PREVIOUS ARTICLE

5 Problem Ini yang Biasanya Ditemui Mama Muda, Apakah Anda Mengalaminya?

NEXT ARTICLE

Kiat Praktis untuk Menghemat Ongkos Transportasi ke Kantor

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments