Beauty

Review: Flormar Illuminating Primer Make-Up Base

Flormar Illuminating Primer Make-Up Base

Sering sebal dengan makeup yang mudah luntur? Saya pun juga begitu. Apalagi kalau Anda punya kulit kombinasi yang cenderung berminyak seperti saya, wuih, pusing deh memikirkan produk mana yang bagus untuk mengontrol minyak dan bisa membuat makeup tahan lama. Selain menggunakan produk skin care yang sesuai, saya biasanya menyiasati hal ini dengan bantuan primer, foundation dengan hasil matte, dan setting powder. Baru-baru ini, saya mencoba Flormar Illuminating Primer Make-Up Base, primer yang katanya memiliki hasil akhir soft matte dan punya kemampuan menjaga makeup yang cukup baik. Okelah, langsung saya uji dong. Mau tahu pendapat saya mengenai produk asal Italia ini? Simak lebih lanjut di bawah ya!

Kemasan

Kemasannya standar, berbentuk tube dan dalam balutan warna hitam-putih. Namun, ada satu poin yang saya suka. Meski harganya cukup terjangkau, produk ini punya material yang cukup kokoh dengan lapisan yang tidak tipis. Tutupnya tidak gampang lepas, meski Anda membawanya dalam tas (bukan makeup pouch) dan terguncang-guncang. Hal ini penting banget kalau Anda selalu membawa produk makeup esensial ke mana-mana.

Primer ini dirancang dalam model pump yang juga sama kokohnya. Kepala pump tidak mudah lepas. Saya juga iseng untuk mencoba menarik kepala pump-nya, eh masih tidak lepas juga. Takaran pump juga terasa pas untuk satu wajah keseluruhan. Namun, saya memakainya kadang dengan takaran 1,5 atau 2 pump. Untuk pemakain 2 pump, saya menggunakannya secara bertahap. Primer takaran pertama dipakai lebih dulu dan ditunggu hingga meresap, baru pakai lagi primer takaran kedua. Cara ini saya pakai kalau ada acara penting yang butuh makeup anti-luntur atau kalau saya sedang beraktivitas di luar ruangan.

Tekstur, Kandungan, dan Aroma

Primer yang pernah saya coba memiliki beberapa tekstur, yang semuanya bergantung pada formula atau kandungan yang digunakan. Untuk Flormar Illuminating Primer Make-Up Base, tampaknya bahan dasar yang digunakan adalah water karena terasa lebih cair. *brb ngecek ingredients* Oke, sesuai dugaan. Nah, enaknya memakai produk berbahan dasar air adalah cairannya lebih mudah dibaurkan dan lebih mudah menyerap. Flormar juga menyelipkan kandungan acacia dan green tea dalam produk ini untuk manfaat anti-aging.

Flormar Illuminating Primer Make-Up Base

Nah, untuk aromanya nih. Produk ini punya aroma manis. I can’t quit place it, green tea or jasmine? I don’t know.  Maafkan indra penciuman saya yang kurang detail ini ya, ha ha ha…. Aroma ini cukup kuat ketika Anda tuang produknya ke tangan dan mulai memudar ketika Anda baurkan pada wajah. Namun, wangi ini tetap ada setelah produk menyerap sempurna pada kulit. Tidak bertahan seharian kok, namun bisa tahan hingga 30 menit di punggung tangan saya. Untuk saya, hal ini tidak mengganggu, namun akan lain halnya untuk Anda yang sensitif dengan wangi-wangian pada produk kosmetik.

Pendapat Saya

Now, let’s get to the verdict. Sebenarnya, saya agak pesimis mencoba produk ini karena ada embel-embel ‘illuminating’ pada primer ini. Saya punya kulit kombinasi dan agak concern dengan produk yang memiliki efek illuminating atau dewy pada kulit. Biasanya, produk sejenis ini akan membuat kulit saya terlihat oily dan kadang minyaknya jadi semakin banyak. Huffft. But, not for this one.

Ada beberapa orang yang bilang kulitnya menjadi dewy atau glowy ketika pakai primer ini. Di kulit saya, efeknya ini tidak muncul. Namun, sebagai gantinya, saya merasa kulit terasa lebih lembut dan lembap. Dibilang mulus sih tidak, tapi lebih ke penampakan kulit yang plump dan sehat. Coba lihat foto di atas ya. Untuk kulit berminyak, surprisingly produk ini membuat makeup cukup menempel (meski tidak seharian banget sih) dan tidak membuat kulit semakin berminyak.

Untuk Anda yang ingin menggunakan primer sebagai produk harian, Flormar Illuminating Primer Make-Up Base bisa banget dijajal. Bahan dasarnya air (dan bukan silikon atau oil), teksturnya nyaman dan ringan di kulit, plus saya suka hasil lembap dan efek kulit yang segar dari primer ini. Namun, jangan harap primer ini mampu menyamarkan pori atau kerut halus. Produk ini dirancang untuk membuat kulit lebih terjaga kelembapannya dan membuat makeup lebih menempel. It does the job very well, imo.

Primer ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp135.000 saja. Kalau ingin mencobanya atau beberapa produk lainnya dari Flormar, Anda bisa kok mengunjungi langsung gerainya. Flormar sudah memiliki dua gerai di Jakarta, yaitu di Kota Kasablanka dan Pacific Place. Namun, beberapa hero product-nya sering habis. Yang ada hanya produk tester saja. Sebal juga kan kalau sudah coba tester, lalu suka, dan barangnya tidak bisa didapat. Hiks. Nah, Flormar ini juga bisa Anda dapatkan di Sociolla. Cek link berikut untuk menemukan seluruh produknya, termasuk primer ini! Psst, ada diskon 25% sampai 13 Agustus 2017, lho!

 

Ingredients:
Aqua (Water), Cyclopentasiloxane, Butylene Glycol, Glyceryl Stearate, Glycerin, Isodecyl Neopentanoate, Isononyl Isononanoate, PEG-100 Stearate, Cetearyl Alcohol, PEG-12 Dimethicone, Phenyl Trimethicone, Polymethylsilsesquloxane, Squalane, Phenoxyethanol, Polysillicone-1, Sacharide Isomerate, Carbomer, Triethanolamine, Parfum (Fragrance), Tocopheryl Acetate, Ethylhexylglycerin, Citric Acid, Sodium Citrate, Camellia Sinensis Leaf Extract, Euterpe Oleracea Juice, Actinidia Polygama Fruit Extract, Butylphenyl Methylpropional, Linalool, Geraniol, Hexyl Cinnamal [0111049.01]

PREVIOUS ARTICLE

Pecinta Bulu Mata Palsu, Wajib Coba Merek Lokal Berikut!

NEXT ARTICLE

Baru dari Becca Cosmetics! Velvet Blurring Primer Perfecting Base untuk Menyamarkan Tampilan Pori-Pori

RELATED ARTICLES