Beauty

Review: Better Oval Brush Mad For Makeup, Kuas Makeup yang Cocok untuk Pemula

Beberapa tahun belakangan ini, popularitas oval brush sebagai salah satu jenis aplikator makeup semakin nyaring terdengar. Besar kemungkinan Anda akan menemukan oval brush saat browsing di bagian makeup tools di beberapa e-commerce, online shop, maupun di offline store. Katanya sih penggunaan oval brush akan memberikan hasil akhir makeup yang lebih merata dan terlihat natural. Nah, kali ini saya berkesempatan mencoba oval brush keluaran Mad For Makeup: Better Oval Brush. Ada 4 varian kuas dengan ukuran yang berbeda. Ingin tahu review lengkapnya mengenai Better Oval Brush dari Mad For Makeup ini? Baca terus, ya!

Kemasan dan Material

Better Oval Brush hadir dalam dua jenis kemasan, yaitu kemasan dus dan kemasan standing pouch clip. Produk yang dikemas dalama kemasan dus adalah Artist Brush dan Sculptor Brush. Kesan pertama yang saya dapat saat melihat packaging dari brush ini adalah kemasannya lucu banget! Rasanya saya belum pernah deh lihat brush yang dikemas dalam dus layaknya produk makeup. Desainnya cukup sederhana dengan ilustrasi wajah wanita pada sisi dus. Pada kemasan juga terdapat keterangan yang cukup jelas mengenai produk di dalamnya. Berbeda dengan Artist Brush dan Sculptor Brush, Highlight & Contour Brush dikemas dalam pouch transparan dengan material plastik yang cukup tebal. Pouch plastik ini dilengkapi dengan zipper sehingga dapat mengamankan brush dari kotoran dan debu.

Helaian bulu dari Better Oval Brush terbuat dari 100% Synthetic Hypoallergenic Hair. Artinya, kuas ini tidak menimbulkan reaksi alergi dan aman digunakan untuk produk makeup bertekstur cair. Mad For Makeup memberikan klaim bahwa brush keluarannya memiliki bulu yang 20% lebih panjang dan lebih padat. Pokoknya, terasa halus sekali saat digunakan pada wajah. Gagang kuas dari Better Oval Brush terbuat dari plastik yang cukup kokoh, tetapi tetap terasa fleksibel pada bagian kepala kuas. Pada gagang kuas juga terdapat area yang kasar yang membuat brush mudah digenggam dan tidak licin.

Varian dan Klaim Tiap Jenis Kuas

Kalau ada yang belum tahu, oval brush ini memiliki bentuk yang berbeda dengan brush makeup yang biasa kita kenal. Oval brush memiliki anatomi yang serupa dengan sikat gigi dan memiliki bulu kuas yang lebih padat. Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, ada 4 varian kuas yang tersedia. Tiap brush memiliki fungsinya sendiri dengan ukuran dan kepadatan bulu kuas yang berbeda. Nah, sekarang akan saya bahas satu per satu, ya:

Better Oval Brush – Artist Brush

better oval brush

Brush pertama, yang juga merupakan brush dengan ukuran paling besar, adalah Artist Brush. Brush ini cocok untuk mengaplikasikan foundation secara lebih merata dengan lebih mudah. Berkat bulu kuas yang lebih panjang dan rapat serta gagang brush yang fleksibel, Artist Brush menjadi lebih mudah dan nyaman saat digunakan. Meskipun brush ini dirancang untuk penggunaan foundation, Anda juga bisa menggunakan brush ini untuk blush, contour, bronzer, dan setting powder. Artist Brush ini dijual seharga Rp98.000.

Better Oval Brush – Sculptor Brush

better oval brush

Brush selanjutnya, yang berukuran sedang, adalah Sculptor Brush. Sesuai dengan namanya, brush ini dirancang untuk contouring wajah. Gagang kuas yang fleksibel dapat mengikuti bentuk wajah dengan mudah sehingga pengaplikasian makeup menggunakan produk ini akan lebih halus dan merata. Cocok sekali untuk memberikan bayangan pada area tulang pipi. Selain untuk contouring, brush ini juga cocok digunakan untuk pengaplikasian concealer, blush, foundation, bronzer, dan setting powder. Sculptor Brush ini dijual seharga Rp78.000.

Better Oval Brush – Highlight & Contour

Terakhir, yang berukuran paling kecil, adalah Highlight & Contour Brush. Ada dua brush yang termasuk dalam set ini. Satu brush berbentuk oval yang dirancang untuk contouring dan satunya lagi berbentuk pipih yang dirancang untuk highlighting. Kedua brush ini dapat digunakan untuk eyeshadow, concealer, dan blush. Highlight & Contour Brush ini dijual seharga Rp150.000.

Pendapat Saya

Sebelumnya, saya mau kasih tahu dulu nih kalau ini adalah pengalaman pertama saya menggunakan oval brush. Awalnya sih terasa agak kagok saat menggunakannya, tapi setelah 2-3 kali pemakaian sudah mulai terbiasa. Saat mencoba Artist Brush, saya menggunakan 2 liquid foundation dengan tingkat kekentalan yang berbeda. Setelah membandingkan hasil akhir dari 2 foundation yang saya gunakan, saya lebih suka hasil akhir dari foundation yang bertekstur lebih encer. Lebih mudah diratakan pada kulit dan tidak terasa kesat. Sedangkan saat menggunakan foundation yang bertekstur kental, hasilnya agak streaky dan kurang dapat diratakan dengan baik. Berbeda jika diaplikasikan dengan sponge, kedua foundation ini sama bagusnya.

Untuk Sculptor Brush, saya coba menggunakannya untuk pengaplikasian bronzer dan blush dalam bentuk powder. Masih dengan helaian bulu yang super halus, brush ini pun dapat meratakan blush dan bronzer dengan baik. Namun, bulu brush yang lebih padat sepertinya membuat produk makeup yang terangkat menjadi lebih banyak. Anda sebaiknya lebih berhati-hati saat mengambil produk makeup, ya! Sedikit saja sudah cukup. Dua kuas terakhir saya gunakan sesuai dengan fungsinya, untuk contour dan highlight. Kuas yang berbentuk oval saya gunakan untuk contour wajah, sedangkan kuas yang berbentuk pipih saya gunakan untuk mengaplikasikan highlighter. Ukuran dari kuas oval sangat pas sekali digunakan pada area pipi, cocok untuk Anda yang gemar menggunakan kontur secara tipis-tipis. Kuas yang berbentuk pipih juga memiliki ukuran yang pas untuk menyapukan highlighter pada area tulang pipi dan tulang alis. Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan keempat kuas ini! Karena pegangannya pun fleksibel, kuas ini pun cocok untuk pemula karena Anda akan mudah menggerakkan kuas untuk mendapat hasil akhir yang diinginkan.

Agar kuas lebih awet, jangan lupa untuk menjaga kuas dengan cara rajin membersihkannya dan menyimpannya pada tempat yang sesuai. Satu hal yang perlu diingat, brush ini memiliki helaian bulu yang lebih rapat, sehingga waktu pengeringan brush sehabis dicuci tentu akan menjadi lebih lama. Jadi, pastikan brush benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya dalam kantung atau wadah makeup.

Bagaimana? Tertarik mencoba Better Oval Brush? Mengingat kualitasnya yang baik dan harganya yang cukup terjangkau, saya rasa kuas ini cocok untuk ditambahkan dalam koleksi makeup. Terutama bagi Anda yang belum pernah dan ingin mencoba menggunakan oval brush. Kalau tertarik untuk mencoba, Anda bisa mendapatkan Mad For Makeup Better Oval Brush di Sociolla.

PREVIOUS ARTICLE

Foundation Sulit Rata Karena Kulit di Area Hidung Kering? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya!

NEXT ARTICLE

Mulai dari Merawat Kulit Hingga Mengusir Flu, Yuk Coba 3 Brand Skin Care Lokal Sekaligus Natural Remedy Berikut!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments