Lifestyle

Punya Rekan Kerja Bermuka Dua? Ikuti Tips Ini Agar Tidak Termakan “Jebakannya”

Lika-liku dunia kerja memang penuh intrik sehingga membuat kita terkadang sulit membaca situasi dan kepribadian seseorang. Apakah si A memang tulus? Apakah si B ada maunya? Beneran nggak sih si C memuji dari hati saat Anda berhasil menyelesaikan tugas dengan baik? Karena memang apa yang kelihatan belum tentu benar begitu adanya. Banyak rekan kerja yang bermuka dua untuk menyelamatkan posisinya. Kalau Anda tidak sadar dia kawan atau lawan, bisa-bisa Anda yang rugi sendiri. Untuk menghadapi orang-orang seperti ini, simak tips berikut ya.

1. Jangan Langsung Percaya, Kroscek Terlebih Dahulu

Sumber: lifehacker.com

Sebaiknya jangan menelan bulat-bulat apa yang dibilang rekan kerja yang bermuka dua tersebut. Terutama soal job desc, apalagi kabar-kabar perihal atasan atau sesama rekan kerja yang lain. Dengarkan saja dan kroscek sebelum mengambil keputusan. Jangan mudah percaya, cari beberapa sumber untuk memastikan informasi tersebut benar adanya.

2. Tidak Perlu Mendiskusikan Kehidupan Pribadi Anda

Sumber: themuse.com

Anda tidak pernah tahu kapan informasi tersebut digunakannya sebagai ‘senjata’ untuk mempertahankan posisinya. Rekan-rekan kerja bermuka dua ini selalu memiliki cara supaya Anda ‘membuka’ diri dan menceritakan unek-unek Anda. Nah, ini yang harusnya direm, supaya tidak terlalu ‘bocor’ dan jadi bumerang buat Anda.

3. Iyain Saja Deh!

Sumber: www.hatzislawyers.com.au

Pernah dengar pepatah yang bilang tidak semua hal harus diberikan respons? Pernyataan ini juga berlaku untuk omongan rekan kerja yang terindikasi bermuka dua. Tidak perlu diambil hati dan dianggap serius, dengarkan saja. Bahkan, agar ia merasa puas karena berhasil mendapatkan kepercayaan Anda, iyakan saja semua yang dikatakannya.

4. Patahkan Apa yang Dikatakannya di Ruang Publik

Sumber: thebalance.com

Bukan untuk mempermalukan dia sih, tetapi untuk menunjukkan ketegasan kalau Anda tidak bisa diajak ‘main-main’. Cara ini juga terbukti ampuh supaya si teman tersebut sadar untuk tidak membiasakan diri mencari posisi aman, karena orang-orang seperti Anda tahu trik ‘kotornya’ untuk menyelamatkan diri.

5. Jangan Bergantung Pada Orang Lain

Sumber: i2.wp.com

Dengan tidak bergantung pada orang lain Anda akan bebas menentukan sendiri apa yang terbaik untuk karier dan job desck Anda. Ya, pastinya Anda perlu kerja sama tim, tetapi ini tidak menjadi andalan utama karena Anda bisa menyelesaikannya sendiri. Hal terutama yang Anda harus ingat adalah Anda bekerja bukan untuk memperbanyak ‘teman’ tetapi finansial dan karier. Kalau Anda mendapat teman karenanya, hal itu adalah ‘bonus’. Setuju?

Baca Juga: Punya Rekan Kerja Bossy? Nah, Ini Cara Tepat Untuk Menghadapinya

PREVIOUS ARTICLE

KICKS dan Bracelet of HOPE Luncurkan Gelang Harapan Khusus Untuk Kanker Serviks

NEXT ARTICLE

Cari Pasangan yang Suka Dengan Film Romantis Yuk, Ini Alasannya!

RELATED ARTICLES

  • Belajar Bersuara Tanpa Terlihat Agresif dengan Menjadi Pribadi Asertif di Lingkungan Pekerjaan

    […] Baca Juga: Punya Rekan Kerja Bermuka Dua? Ikuti Tips Ini Agar Tidak Termakan “Jebakannya” […]

COMMENTS1 comments