Guide

Belum Mendapatkan Pekerjaan? Jangan-Jangan, Kesalahan Saat Mencari Kerja Berikut Ini Menjadi Penyebabnya!

Mencari pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda memulai dari nol dan tidak memiliki koneksi ke mana-mana. Rasanya sudah terus-terusan melamar, tapi kok belum mendapatkan pekerjaan juga, ya? Coba cek lagi, apa Anda melakukan kesalahan saat mencari kerja? Berikut ini adalah kesalahan saat mencari kerja yang umum dilakukan.

Pencantuman Nama Perusahaan yang Salah

Kesalahan Saat Mencari Kerja

Dengan memegang prinsip ‘nothing to lose’, mungkin Anda akan langsung melamar pekerjaan pada beberapa perusahaan sekaligus. Sah-sah saja sih jika Anda ingin melakukan hal tersebut, hanya saja, pastikan Anda teliti saat mengirimkan resume. Untuk mengirimkan lamaran dalam jumlah yang banyak, Anda mungkin memilih untuk meng-copy pesan pada body email. Kebiasaan copy-paste ini terkadang menimbulkan kesalahan seperti lupa mengganti nama perusahaan, misalnya. Mengirimkan email dengan salah pencantuman nama perusahaan tentu bukanlah awal yang baik. Bisa-bisa email lamaran Anda langsung diabaikan begitu saja.

Mengirimkan Resume dan Cover Letter yang Bersifat General

Kesalahan Saat Mencari Kerja

Anda mungkin masih bingung mengenai pekerjaan yang Anda inginkan. Akibatnya, setiap ada lowongan pekerjaan yang menarik hati, langsung saja Anda lamar. Tidak masalah jika Anda masih ingin mencoba banyak pekerjaan, tapi jangan sampai Anda mengirimkan berkas lamaran yang sama persis untuk tiap lamarannya. Setiap pekerjaan tentu memiliki kebutuhannya tersendiri dan hal itulah yang harus Anda tawarkan kepada tiap perusahaan. Sortir lagi pengalaman apa saja yang perlu dan tidak diperlukan sebuah posisi pekerjaan. Memang akan sedikit merepotkan untuk membuat CV dan cover letter yang bersifat ‘custom’, namun hal ini akan membuka peluang lebih besar untuk Anda.

Baca Juga: Waspadai 5 Tipe “Toxic People” yang Akan Anda Temui di Dunia Pekerjaan

Tidak Membaca Ulasan Perusahaan Terlebih Dahulu

Kesalahan Saat Mencari Kerja

Di era digital seperti sekarang, tidak hanya kafe dan film saja lho yang memiliki ulasan. Anda juga bisa menemukan ulasan mengenai perusahaan yang Anda incar menjadi tempat kerja Anda. Pada beberapa situs pencarian kerja melalui internet, Anda bisa membaca ulasan dari karyawan yang sedang atau pernah bekerja di perusahaan tersebut, mulai dari gaji, fasilitas, hingga kebijakan-kebijakan dari perusahaan. Kalau perusahaannya besar namun perlakuan terhadap karyawannya tidak baik, apa masih mau melamar di situ?

Tidak Melakukan Follow Up

Kesalahan Saat Mencari Kerja

Sudah melamar pekerjaan namun tidak mendapat jawaban apa-apa tentu akan membuat gelisah. Lebih baik melamar pekerjaan dan langsung tahu kalau ditolak daripada ‘digantungin’ selama berminggu-minggu, bukan? Jika sudah menunggu 1-2 minggu namun Anda belum mendapat respons dari perusahaan tempat Anda melamar, Anda berhak kok untuk mempertanyakannya. Kirim saja email dengan bahasa yang resmi dan sopan. Bisa saja lamaran Anda sebelumnya tidak terlihat oleh bagian hiring manager sehingga terlewat begitu saja. Selain saat melamar, Anda juga bisa melakukan follow up jika tidak mendapatkan kabar apa apa setelah melakukan wawancara pekerjaan.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Fresh Graduate Saat Mencari Kerja

Terlalu Banyak Memasukkan Informasi yang Tidak Penting

Kesalahan Saat Mencari Kerja

Kesalahan saat mencari kerja lainnya adalah memberikan terlalu banyak informasi yang tidak penting pada berkas lamaran. Memiliki pengalaman kerja yang banyak akan menjadi nilai tambah bagi lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan. Tapi bukan berarti Anda asal memasukkan pengalaman dalam CV maupun cover letter Anda, ya! Lebih baik Anda memasukkan pengalaman yang relevan dan sekiranya dapat membuka jalan Anda untuk diterima pada perusahaan tersebut. Tak perlu juga memasukan pengalaman kepanitiaan yang Anda lakukan semasa SMP atau SMA dahulu. Memang sih, CV akan menjadi penuh, tapi Anda juga harus ingat bahwa perusahaan tidak hanya menerima lamaran dari Anda saja. Sayang sekali jika saat memilah CV, recruiter hanya sempat membaca pengalaman kerja Anda yang tidak relevan, dan justru melewatkan pengalaman kerja yang lebih penting.

PREVIOUS ARTICLE

Mengenal Bell’s Palsy, Kelumpuhan Otot Pada Wajah yang Tampak Seperti Efek Stroke

NEXT ARTICLE

Terjebak di Antara Pasangan yang Baru Putus? Hadapi Dengan Tips Berikut!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments