Beauty

PRP Treatment, Perawatan Kulit “Vampir” yang Bisa Mempercantik Kulit

Demi mendapatkan kulit yang kencang dan awet muda, banyak orang rela melakukan berbagai cara. Dari mulai menggunakan aneka skin care hingga mencoba perawatan di salon kecantikan. Bahkan, ada juga yang berani mencoba perawatan-perawatan yang agak unik dan berbeda. Salah satunya adalah treatment PRP. Perawatan yang juga sering disebut sebagai ‘Vampire Treatment’ ini diklaim dapat membantu berbagai permasalahan kecantikan. Apa keunggulan dan manfaat dari treatment ini? Yuk, baca lebih lanjut!

Menggunakan Darah Sendiri

Komponen dalam darah. Sumber Foto

PRP Treatment juga sering disebut sebagai ‘Vampire Treatment’ karena bahan utama yang digunakan dalam perawatan ini adalah darah. Eits, Anda tidak perlu takut dulu. Jika melakukan treatment ini, darah yang digunakan adalah darah Anda sendiri. Sedikit darah pasien akan diambil, kemudian darah tersebut akan diproses secara medis untuk mendapatkan Platelet Rich Plasma (PRP). PRP sebetulnya adalah plasma darah yang telah diperkaya oleh trombosit. Trombosit dalam darah memiliki peranan penting yang dapat mengobati dan memperbaiki kondisi beberapa jaringan dalam tubuh kita. Kandungan trombosit dalam PRP bisa mencapai 5-10 kali lipat dari konsentrasi normal. Dengan menambahkan konsentrasi trombosit lewat proses medis, hal ini diharapkan bisa membuat proses perbaikan jaringan menjadi lebih cepat.

Bagi Anda yang tidak nyaman dengan darah, tidak perlu khawatir jika ingin melakukan treatment ini karena prosesnya yang tetap bersih dan rapi. Sebelum treatment dimulai, pasien akan diberi bius lokal di area perawatan akan dilakukan. Setelah itu, darah pasien akan diambil dan diproses medis dengan alat khusus secara steril. Setelah itu, barulah plasma darah yang telah diproses akan diaplikasikan pada area perawatan menggunakan dermaroller atau penyuntikkan.

Khasiat PRP

Ilustrasi anti-aging. Sumber Foto

Sebelumnya, metode PRP lebih banyak digunakan untuk mengobati cedera otot yang biasanya dialami oleh atlet. Namun belakangan ini treatment PRP mulai dilakukan untuk manfaat kecantikan.

Fungsi utama dari treatment PRP untuk kecantikan ialah dapat meremajakan kulit secara alami. Trombosit dalam plasma darah dapat merangsang tumbuhnya jaringan kolagen pada kulit sehingga terjadi regenerasi sel-sel kulit baru. Perawatan ini juga bisa dilakukan untuk menambah volume atau mengurangi garis-garis halus di wajah. Perawatan ini tentunya berbeda dengan penggunaan filler yang menggunakan bahan sintetis. Treatment PRP sifatnya alami karena dilakukan dengan cara memicu pembentukan kolagen dan pertumbuhan sel-sel kulit baru menggunakan trombosit.

Selain peremajaan kulit, trombosit dalam PRP juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, menghilangkan bekas jerawat dan garis-garis stretchmark. Bagi Anda yang memiliki masalah kerontokan rambut, perawatan PRP juga bahkan bisa dilakukan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Amankah?

Meskipun belum ada penelitian yang lengkap mengenai keamanan treatment PRP untuk kecantikan, tetapi perawatan ini tentu lebih aman jika dibandingkan dengan operasi plastik yang menggunakan bahan sintesis. Sejauh ini pun, perawatan PRP tidak menyebabkan reaksi alergi, penolakan, atau pun infeksi pada tubuh pasiennya karena bahan utamanya yang berupa darah juga diambil dari tubuh pasiennya sendiri. Oleh sebab itu, resiko infeksi penyakit menular dari perawatan PRP ini pun kecil selama menggunakan alat dan proses yang steril dan sesuai dengan prosedurnya.

Saat ini di Indonesia sudah ada banyak klinik kecantikan yang menyediakan treatment PRP. Pasien yang menggunakannya pun sudah cukup banyak. Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik menjadi ‘vampir’ dan mencoba perawatan ini demi kulit yang lebih cantik?

 

PREVIOUS ARTICLE

5 Pilihan Alat Catok yang Tidak Membuat Rambut Kering dan Rusak

NEXT ARTICLE

Kaleidoskop Akhir Tahun: Tren Kecantikan 2017 Ini Populer Sepanjang Tahun

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments