Beauty

Sebelum Mengaku Sebagai Penggemar Lipstik, Kenali Dulu Yuk 7 Perbedaan dari Tampilan Akhir Lipstik Berikut!

Jika diperhatikan, saat ini berbagai brand kosmetik kian meluncurkan beragam jenis lipstik untuk memperindah tampilan bibir. Mulai dari yang matte, glossy, hingga tinted balm yang dikenal baik untuk melembapkan kulit bibir. Saking banyaknya pilihan yang ada, Anda mungkin akan sedikit kebingungan ingin mencoba yang mana. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu perbedaan dari jenis-jenis lipstik yang tersedia melalui artikel berikut!

Glossy

Dalam dunia kecantikan, tampilan bibir yang terlihat beriklau umumnya disebut sebagai glossy lips. Sedangkan jenis produk yang digunakan adalah lip glossTampilan akhir glossy lips ini pernah menjadi salah satu tren makeup yang sangat hits pada awal tahun 2000-an. Pada saat itu, banyak wanita termasuk para selebriti gemar memakai lip gloss dalam warna yang sangat bervariasi. Selain dapat digunakan sendiri, pemulas bibir yang umumnya bertekstur agak kental ini juga bisa jadikan sebagai top coat dari lipstik yang sebelumnya sudah Anda kenakan. Sebagian wanita mungkin kurang menyukai lip gloss karena teksturnya yang cenderung lengket. Meski begitu, saat ini lip gloss kembali bersinar karena kerap digunakan para selebriti dan beauty vlogger ternama. Efek segar dan lembap dari lip gloss justru membuatnya makin disuka dan diterima banyak orang. Apalagi, sudah banyak kok brand kosmetik yang merilis produk lip gloss dengan formula yang nyaman dan ringan di bibir.

Matte

Matte merupakan tampilan akhir lipstik yang cukup banyak disukai para wanita. Jenis lipstik matte populer dalam beberapa tahun belakangan dan disukai banyak wanita karena memiliki hasil akhir yang bebas kilau dan membuat bibir telihat penuh. Di balik tampilannya yang menarik, banyak yang menyayangkan formula dari lipstik matte cenderung membuat bibir kering. Selain itu, kondisi bibir pun harus dalam keadaan yang lembap supaya formulanya dapat menempel dengan sempurna. Meski begitu, saat ini sudah banyak lho brand makeup yang memperbarui formula lipstik matte mereka agar dapat melembapkan bibir dan nyaman dikenakan dalam waktu lama.

Creamy

Di tahun 2017 lalu, popularitas lipstik creamy mulai menanjak dan banyak dicari para pecinta lipstik. Jenis lipstik yang satu ini memiliki formula yang bebas kering dan menampilkan sedikit efek kilau, meskipun tidak semengkilap tampilan lip gloss. Bisa ditebak dari namanya, lipstik dengan tampilan akhir creamy memiliki formula yang lembut dan sangat mudah untuk diaplikasikan. Para penggunanya pun tak perlu khawatir bibir akan menjadi kering saat memakai lipstik ini. Pasalnya, lipstik creamy pada umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat melembapkan bibir, seperti vitamin E dan shea butter.

Baca juga: 5 Lipstik Creamy dari Brand Lokal yang Memberi Tampilan Bibir Segar dengan Pilihan Warna yang Cantik

Velvet

lipstik matte dari brand lokal

Apakah Anda sering mendengar istilah ‘velvet matte’? Nah, istilah ini dibuat karena jenis lipstik velvet menghasilkan tampilan akhir yang mirip dengan lipstik matte. Hanya saja, warna yang ditampilkan lipstik velvet sedikit lebih berkilau. Hal tersebut dikarenakan formula dan tekstur lipstik velvet yang lebih lembut dan tidak akan sepenuhnya mengering, sehingga akan ada sedikit efek kilau yang dipancarkan. Karena formulanya tidak mudah kering, lipstik velvet juga kerap jadi andalan para wanita untuk memperindah tampilan bibir sekaligus melembapkannya.

Satin

Jika ditaruh di sebuah spektrum, lipstik dengan tampilan akhir satin kira-kira berada di tengah-tengah lipstik creamy dan matte. Walaupun tidak selembut lipstik creamy, lipstik satin cukup melembapkan bibir dan masih terasa lembut. Warna yang dihasilkan pun tampak sedikit memancarkan kilau, tidak seperti tampilan warna lipstik matte yang flat. Bisa dikatakan, formula lipstik satin mirip dengan lipstik velvet, hanya saja lipstik velvet menampilkan hasil yang terlihat lebih matte.

Metalik

Sesuai dengan namanya, lipstik dengan tampilan akhir metalik menghasilkan kilauan yang sangat intens. Meski begitu, kemilau tersebut cukup berbeda dari yang dihasilkan oleh lip gloss, lipstik satin, ataupun lipstik velvet. Tampilan akhir lipstik metalik cenderung memiliki warna dengan lapisan bernuansa emas, silver, atau bronze yang mengkilap, seakan-akan bibir Anda ditaburi loose pigment. Selain bersifat memantulkan cahaya, lipstik metalik pada umumnya juga kaya akan pigmen yang menghasilkan tampilan bibir bold dan nyentrik.

Baca juga: Pilihan Lipstik Metalik dari Brand Lokal yang Menarik untuk Dicoba

Sheer

Bagi yang ingin memiliki tampilan natural, lipstik dengan tampilan akhir sheer cocok untuk Anda. Selain mampu melembapkan bibir, lipstik sheer juga memiliki warna transparan yang membuat bibir tampak lebih sehat dan segar. Jika ingin seluruh permukaan bibir ter-cover sempurna, Anda perlu mengaplikasikan jenis lipstik ini hingga beberapa kali. Nah, karena warna pada kemasan kemungkinan besar akan nampak berbeda saat diaplikasikan, sepertinya Anda wajib mencoba tester-nya dulu nih supaya nggak salah beli.

Baca juga: Mulai Dari Masker Hingga Lip Balm, Ini Rekomendasi Produk Skin Care dengan Kandungan Semangka yang Menarik untuk Dicoba

(sumber foto cover)

PREVIOUS ARTICLE

Benton Umumkan Pre-Launch Cleansing Water yang Berbahan Utama Tea Tree Oil

NEXT ARTICLE

Tanpa Disadari, Ini Dia 5 Kesalahan Saat Mandi yang Dapat Merusak Kulit. Cari Tahu Yuk Cara untuk Menghindarinya!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments