Lifestyle

Cari Tahu Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Karier Anda

Sering mengalami konflik di tempat kerja? Konflik yang terjadi bisa membuat kondisi yang tidak nyaman dalam bekerja, lho. Kalau dibiarkan, situasi bisa semakin memburuk dan dapat memengaruhi hasil kerja Anda. Tapi, tahu tidak sih, apa yang menjadi penyebab konflik di tempat kerja?

1. Komunikasi Yang Buruk

Konflik di Tempat Kerja

Masalah yang di tempat kerja biasanya terjadi karena kurangnya komunikasi. Misalnya, dalam bekerja di kantor, ada beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan beberapa divisi sekaligus. Jika tak ada komunikasi terarah mengenai detail pekerjaan setiap anggota divisi, maka bisa terjadi kesalahpahaman. Hal ini berujung pada saling tuding dan terjadilah konflik. Kadang, hal yang kecil bisa menjadi besar karena kurangnya komunikasi.

2. Masalah Pribadi

Masalah pribadi ternyata bisa membuat konflik juga lho di tempat kerja. Biasanya orang yang sedang memiliki masalah pribadi akan menunjukkan beberapa tanda-tanda, seperti terlambat datang ke kantor, kurang produktif, tidak fokus, tiba-tiba jadi pendiam atau cenderung marah-marah, tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan terkadang mengambil waktu istirahat yang cukup lama. Jika sedang memiliki masalah pribadi, sebaiknya segera atasi agar tidak jadi beban pikiran sampai di kantor. Jangan sampai atasan Anda memerhatikan dan Anda mendapat teguran.

Baca Juga: Buat Tubuh dan Pikiran Anda Lebih Segar Hanya Dengan Mengubah Teknik Pernapasan

3. Adanya Kompetisi

Dalam pekerjaan pasti ada kompetisi. Nah, yang bahaya adalah jika ada yang berkompetisi dengan cara tidak sehat. Bersaing tentu saja boleh, karena ini bagus untuk peningkatan karier Anda. Namun, hindari usaha menyabotase atau sikap yang terlalu individualis. Meski Anda ingin terlihat lebih dari yang lain, berusahalah untuk menciptakan kompetisi yang tidak terlalu kaku.

4. Tekanan Kerja

Banyaknya tekanan sebuah pekerjaan bisa muncul karena Anda kurang senang dengan pekerjaan Anda, deadline pekerjaan yang terlalu ketat, teman kerja yang sangat individualis, tekanan dari atasan, atau tekanan dari rekan kerja yang sering mengkritik. Hati-hatilah menyikapi hal ini, karena bisa menjadi konflik besar bagi Anda. Atasi masalah pekerjaan satu demi satu atau bicaralah dengan atasan Anda mengenai keluhan ini. Jangan disimpan sendiri, karena efeknya tak baik bagi Anda dan rekan kerja.

Baca Juga: Tak Perlu Stres, Ini Tips Menyikapi Atasan yang Gemar Menguji Kesabaran Anda

5. Kurangnya Rasa Persaudaraan

Kompetisi yang tidak sehat bisa membuat Anda tidak nyaman dengan orang sekitar Anda. Pupuklah rasa persaudaraan dengan cara mengobrol di waktu istirahat, berinteraksi sepulang kerja atau ajak teman-teman Anda untuk menghabiskan akhir pekan bersama. Dengan begitu, Anda bisa memandang rekan kerja sebagai teman, bukan sebagai saingan.

RELATED ARTICLES

Beauty B/Vlogger based in MakassarSociolla Author

COMMENTS0 comments