Lifestyle

Sebelum Memutuskan Menikah, Apa Saja yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan?

Bagi Anda yang sudah serius menjalani hubungan dengan pasangan, tentu pernikahan adalah langkah selanjutnya yang akan dihadapi. Nantinya, Anda harus bekerja sama menyiapkan acara pernikahan, mulai dari mencari tempat untuk resepsi, memilih katering, dan hal teknis lainnya. Tapi jangan lupa, ada hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan oleh pasangan yang akan menikah, yaitu menyiapkan mental dan menyamakan pandangan, agar tak ada ganjalan dan rumah tangga berjalan lancar. Nah, coba deh mulai bicarakan 5 hal penting ini dengan si dia sebelum memutuskan untuk menikah.

1. Uang Dan Karier

Menikah

Penelitian membuktikan bahwa pasangan yang sudah berumah tangga akan banyak berargumen dan berdebat soal keuangan. Karena itulah, Anda dan pasangan harus membicarakan kejelasan pengaturan keuangan sebelum memutuskan untuk menikah. Mulai dari pengeluaran rutin bulanan hingga investasi dan tabungan masa depan, hal ini sebaiknya segera dibicarakan dan direncanakan sejak awal. Faktanya, jika pembicaraan soal keuangan baru dilakukan setelah menikah, ada kemungkinan terjadi debat bahkan pertengkaran yang akan membuat hubungan menjadi renggang. Selain itu, Anda dan pasangan juga harus berada dalam satu pemahaman mengenai karier. Bukan tak mungkin akan ada yang harus berkorban jika salah satu ada yang harus dimutasi ke kota lain.

Baca Juga: Sulit Memilih Antara Karier Atau Cinta? Hmm, Pilih Dua-Duanya Saja!

2. Cara Berargumen dan Berkomunikasi

Mungkin ini terdengar sepele, namun membicarakan cara Anda dan pasangan berargumen adalah hal yang sangat perlu. Sejak awal, Anda dan pasangan harus membicarakan bagaimana caranya menyampaikan argumen, saran, dan kritik secara sehat dan bisa diterima oleh kedua belah pihak. Komunikasi yang tidak baik berpotensi untuk membuat masalah menjadi menumpuk dan membuat salah satu pihak merasa tidak dimengerti. Percaya deh, membicarakan cara berkomunikasi yang sehat akan sangat membantu kehidupan rumah tangga Anda kelak.

3. Privasi dan Batasan Lainnya

Percaya atau tidak, tidak semua orang yang sudah menikah setuju dengan privasi tanpa batas. Banyak juga pasangan yang merasa privasi pribadi merupakan hal yang tidak boleh diganggu gugat, sekalipun oleh pasangan hidupnya. Jika tidak dibicarakan sebelum Anda berdua menikah, hal ini tentu akan menjadi ‘bibit’ debat dan argumen yang sifatnya sangat sensitif.  Karena itulah, Anda dan pasangan harus menetapkan apa saja batasan privasi yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Temukan jalan tengah tentang privasi dan batasan ini agar Anda dan pasangan tetap merasa nyaman menjalankan pernikahan tanpa rasa curiga.

4. Tujuan Dan Pencapaian Masa Depan

Saat memutuskan untuk menikah, itu artinya Anda juga sudah harus siap untuk menghadapi dan membangun masa depan bersama. Jika masa depan yang dituju tidak sama, tentu rumah tangga tidak akan bisa berjalan dengan lancar bukan? Coba tanyakan pandangan si dia mengenai kehidupan keluarga dan rumah tangga dalam 20 tahun mendatang, apa saja impian dan berbagai hal kecil yang ingin dilakukan bersama pada saat hari tua. Ungkapkan juga pandangan dan pemikiran Anda mengenai hal yang sama, lalu bicarakan bagaimana Anda dan pasangan bisa menyatukan kedua pemikiran tersebut.

5. Anak

Ya, anak juga penting untuk dibahas mengingat banyak sekali pasangan yang hubungan rumah tangganya gagal di tengah jalan karena tidak sepakat soal anak. Topik ini akan menjadi isu sensitif jika Anda sudah menikah. Karena itu, Anda bisa mendiskusikan dengan pasangan tentang kapan saatnya memiliki anak, jumlah anak yang ideal, cara mendidik anak, pembagian tugas mengurus anak, persiapan keuangan untuk masa depan anak, dan lain sebagainya. Perbedaan pemikiran antara Anda dan pasangan adalah sesuatu yang wajar saat membicarakan soal pernikahan dan kehidupan rumah tangga di masa depan. Jadi, sebaiknya diskusikan jalan tengah yang bisa diterima kedua belah pihak tanpa merasa terpaksa ya.

PREVIOUS ARTICLE

‘Bersihkan’ Tubuh Menjelang Bulan Puasa Dengan Melakukan Diet Berikut

NEXT ARTICLE

Ingin Punya Karier Sukses Setelah Lulus Kuliah? Jalankan Strategi Ini Dari Sekarang

RELATED ARTICLES

  • Stres Menjelang Hari Pernikahan? Jangan Panik, Temukan Solusinya di Sini

    […] Baca Juga: Sebelum Memutuskan Menikah, Apa Saja yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan? […]

  • Tren Divorce Selfie, Tren Terbaru Selfie Setelah Resmi Bercerai

    […] Baca Juga: Sebelum Memutuskan Menikah, Apa Saja yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan? […]

  • Ups, 3 Hal Ini Diam-Diam Bisa Membuat Rumah Tangga Anda Berantakan!

    […] Baca juga: Sebelum Memutuskan Menikah, Apa Saja yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan? […]

  • 5 Hal dari Pasangan yang Perlu Anda Tahu Sebelum Memutuskan Untuk Menikah

    […] Baca Juga: Sebelum Memutuskan Menikah, Apa Saja yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan? […]

  • 5 Seleb Indonesia Ini Gelar Pesta Pernikahan di Tempat yang Unik dan Romantis. Mana Favorit Anda?

    […] Baca Juga: Sebelum Memutuskan Menikah, Apa Saja yang Harus Dibicarakan Dengan Pasangan? […]

COMMENTS5 comments