Guide

Benarkah Mendengarkan Musik Klasik Membuat Bayi Lebih Pintar Sejak Dalam Kandungan?

Saat tengah hamil, biasanya calon ibu mempersiapkan banyak hal, mulai dari persiapan pakaian dan perlengkapan bayi, hingga makanan selama hamil untuk memaksimalkan tumbuh kembang calon buah hati. Selain makan makanan yang banyak mengandung asam folat, beberapa calon ibu ada yang sengaja membeli sejumlah CD atau mendownload musik klasik untuk dimainkan. Katanya, mendengarkan musik klasik membuat bayi lebih pintar meski si bayi masih ada di kandungan? Benarkah teori ini?

Mozart Effect yang Menenangkan Namun Tak Bikin Pintar

Musik Klasik Membuat Bayi Lebih Pintar 1

Terkait hal ini, ada istilah yang disebut Mozart Effect. Istilah ini menyebut kondisi kepintaran yang meningkat beberapa saat jika mendengar music gubahan Mozart. Teori ini pertama kali diungkap oleh para peneliti dari University of California pada tahun 1993. Para peneliti menguji hal ini pada beberapa siswa yang akan mengikuti ujian. Hasilnya, siswa yang mendengar musik Mozart sebelum ujian berhasil melewati tes dengan lebih baik dibanding siswa yang tak mendengarkan musik Mozart. Namun hal ini hanya berlangsung selama sekitar 15 menit. Karena teori ini, berkembanglah teori lain mengenai efek musik klasik pada bayi dalam kandungan.

Lalu, hal ini diuji ulang oleh peneliti dari Appalachian State University. Mereka tak menemukan kaitan tingkat kepintaran bayi dengan musik klasik. Intinya, bayi tak akan terlahir lebih pintar jika selama di kandungan, musik klasik diputar untuk mereka. Hal ini juga didukung oleh hasil penelitian dari Public Library of Science (PLoS). Dalam penelitian ini, mereka menemukan bahwa bayi mampu beradaptasi dengan lingkungan sejak masih di kandungan. Namun, mereka tak bisa belajar karena perkembangan otak dan tumbuh akan terjadi setelah bayi lahir.

Baca Juga: Sedang Menanti Kehadiran Sang Buah Hati? Ini Tips Penting Untuk Menghindari Keguguran Pada Kehamilan

Masih Perlukah Mendengarkan Musik Klasik?

Musik Klasik Membuat Bayi Lebih Pintar - Cover

Hasil penelitian ini jangan langsung mengecilkan hati Anda, moms. Meski tak berefek banyak, mendengarkan musik klasik juga ada gunanya lho untuk perkembangan calon bayi. Musik klasik memiliki efek menenangkan. Jika Anda merasa lebih nyaman dan tenang saat mendengarkan musik klasik, si calon bayi pun akan mengikuti mood Anda dengan menjadi lebih tenang.

Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan volume yang digunakan. Ada baiknya, jangan memutar musik terlalu kencang. Suara memiliki getaran. Musik yang terlalu keras akan mengirim getaran dan bisa berpengaruh terhadap tubuh, karena bisa mencapai tulang dan tubuh bagian dalam. Pastikan volume musik ada dalam batas 50 sampai 60 decibel.

Baca Juga: Yuk Mulai Berbenah, Ini Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Menjadi Ibu Muda

Kapan Musik Klasik Bisa Mulai Diputar Untuk Calon Bayi?

Musik Klasik Membuat Bayi Lebih Pintar 2

Begitu tahu hamil, Anda tak perlu serta merta memenuhi rumah dengan iringan musik klasik. Tunggu hingga calon bayi berusia 18 minggu. Pada tahapan ini, bayi akan mulai bisa mendengar suara. Jika sudah berusia 24 minggu, bayi dalam kandungan akan lebih sensitif pada suara. Begitu sudah melewati usia 26 minggu, bayi bahkan bisa merespon suara dari luar kandungan.

Baca Juga: Cara Merawat Tali Pusat Bayi Yang Harus Diketahui Calon Mama

PREVIOUS ARTICLE

Duh, Punggung Terasa Berat. Apa Penyebabnya Ya?

NEXT ARTICLE

Di-unfollow Teman Instagram atau Socmed Lain? Apa yang Sebaiknya Anda Lakukan?

RELATED ARTICLES