Beauty

Pentingnya Menjaga Keseimbangan pH Kulit Melalui Produk Skin Care yang Digunakan Sehari-hari

Perkembangan teknologi saat ini telah banyak menawarkan inovasi produk perawatan kulit modern dengan beragam bahan dan kandungan. Dan kini, para wanita pun semakin kritis dan selalu berusaha mencari tahu akan kandungan dari sebuah produk sebelum mengenakannya pada wajah, seperti mencari tahu kadar pH pada sebuah produk skin care. Hmm, sebenarnya kenapa sih kita harus lebih peka terhadap kadar pH dari sebuah produk skin care?

Kadar pH Seimbang dari Kulit Sehat

pH Skin Care

Sebelum membahas mengenai pH kulit sehat, yuk kita cari tahu terlebih dahulu mengenai pH! pH atau potential of hydrogen, adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan dari segala hal, termasuk kulit. Kadar pH memiliki besaran pada angka 1-14. Sebuah larutan bersifat netral pada pH 7, jika di bawah 7 berarti bersifat asam dan jika di atas 7 berati bersifat basa. pH kulit tubuh diatur oleh kelenjar sebaceous dan sudoriferous yang berfungsi mengeluarkan sebum untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Pada kulit normal yang memiliki sekresi sebum yang seimbang, pH kulit berada pada angka 5.5. Sedangkan pada kulit berminyak, sifatnya cenderung lebih asam sehingga memiliki pH yang lebih rendah. pH rendah juga dapat menggambarkan ciri kulit acne-prone dan teriritasi.

Baca juga: Kulit Sehat Dimulai dari Kadar pH yang Tepat. Yuk Ketahui Lebih Lanjut Tentang pH Kulit di Sini!

Mengapa pH dari Sebuah Produk Skin Care Perlu Diketahui?

pH Skin Care

Setelah mengetahui jenis kulit dan besaran pH kulit, penting juga untuk mengetahui pH skin care agar perawatan kulit dapat bekerja dengan baik. Memilih skin care dengan pH yang sesuai dengan kulit berfungsi untuk melindungi acid mantle, sebuah lapisan pertama kulit yang melindungi kulit dari infeksi, bakteri, air, dan faktor perusak lainnya. Penggunaan skin care dengan pH yang tinggi hanya akan menyebabkan kulit menjadi sangat kering, bahkan bisa juga iritasi. Begitupun sebaliknya, penggunaan skin care dengan pH yang terlalu rendah dapat menghilangkan minyak alami serta merusak lapisan lipid pada kulit.

Cara Membuat pH Kulit Kembali Seimbang

pH Skin Care

Kulit normal memiliki kadar pH 5.5, sedangkan kebanyakan sabun dan kosmetik memiliki pH 8-10. Penggunaan sabun dan kosmetik secara rutin tentunya dapat mengubah keseimbangan pH kulit. Oleh karena itu, Anda harus lebih selektif dalam memilih produk skin care. Menjaga keseimbangan pH kulit itu padahal bisa menghindari beberapa masalah lho, seperti eczema, psoriasis, kulit kering, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Untuk Anda yang ingin mengetahui cara-cara menyeimbangkan pH kulit, yuk ikuti tips berikut!

  • Hindari penggunaan sabun wajah. Berhenti menggunakan sabun, bukan berarti Anda berhenti membersihkan wajah, ya! Saat memilih produk pembersih, pilihlah produk tanpa kandungan sabun atau detergen. Anda juga bisa membersihkan wajah menggunakan micellar water atau gentle cleanser.
  • Pilih cleanser yang pH-nya tidak lebih dari 5.6. Cleanser adalah produk skin care pertama yang digunakan pada kulit yang juga memegang peranan penting untuk kesehatannya. Pilih cleanser yang slightly acidic karena jika angka pH cleanser lebih dari 5.6, kulit akan lebih rentan berjerawat dan terganggu kesehatannya.
  • Gunakan apple cider vinegar. ACV merupakan bahan alami yang mampu menjaga keseimbangan pH kulit. Tak heran jika bahan ini sering kali digunakan sebagai produk perawatan kulit. Anda bisa menggunakan ACV sebagai toner atau membuat facial spray dengan takaran 1 bagian ACV dan 8 bagian air.
  • Pilih produk dengan kandungan active ingredients. Produk dengan kandungan aktif seperti vitamin dan anti-oksidan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan cara melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, kedua kandungan tersebut juga memicu terjadinya regenerasi sel kulit dengan lebih cepat.
  • Gunakan air dengan temperatur sedang. Pernah merasa kulit kencang sehabis mencuci wajah? Itu bisa menjadi tanda bahwa Anda menggunakan air dengan suhu yang terlalu tinggi. Kulit menjadi kehilangan minyak alami dan hal ini akan memicu produksi miyak pada wajah. Akibatnya, keseimbangan pH kulit menjadi terganggu. Untuk menghindarinya, biasakan mencuci wajah dengan air yang memiliki suhu sedang atau hangat suam kuku.

Baca juga: Mengenal 4-2-4 Cleansing Method, Rahasia Bae Suzy untuk Dapatkan Kulit Wajah yang Bersih dan Sehat

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Maskara Maybelline yang Banyak Disukai Pecinta Makeup. Salah Satunya Ada yang Jadi Favorit Anda?

NEXT ARTICLE

Tak Menguras Kantong. Ini Pilihan Eyeshadow Lokal di Bawah Rp50.000 yang Cocok untuk Pemula

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments