Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Di Depan Umum

Seringkah anda merasa gugup ketika berbicara di depan umum? Beberapa orang pasti pernah mengalaminya. Kalau ada acara penting, Anda tentu sudah mempersiapkan diir secara matang beberapa hari sebelumnya. Eh, di hari H, semua yang Anda persiapkan langsung buyar begitu berhadapan dengan publik. Geregetan gak sih? Lalu apa yang harus dilakukan? Coba simak 5 cara ampuh berikut yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gugup saat di depan umum.

1. Hilangkan Pikiran Negatif

Inilah hal pertama yang harus Anda lakukan. Saat ingin bicara di depan umum, tentu akan timbul rasa takut dan cemas yang kemudian memicu segala pikiran negatif. Bagaimana saat Anda bicara, tidak ada yang memperhatikan? Bagaimana kalau tiba-tiba Anda lupa kata-kata yang harus diucapkan? Semua pikiran buruk itu akan bercampur menjadi satu dan Anda bisa semakin stres. Untuk mengatasinya, Anda dapat belajar dari orang yang telah berpengalaman atau bacalah buku motivasi agar Anda dapat tampil percaya diri di depan umum. Ucapkan pada diri Anda bahwa “Anda bisa!” sebelum melangkah ke depan umum.

2. Jaga Kontak Mata

Hal terpenting saat menyampaikan materi atau berbicara di depan umum adalah kontak mata. Jagalah agar kontak mata terus menatap lawan bicara Anda. Hal ini dapat membuat lawan bicara seolah-olah merasakan kontak langsung dengan Anda. Jangan terlalu sering menunduk atau terpaku dengan membaca teks karena hal ini justru dapat meningkatkan rasa gugup yang ada. Melihat ke arah lain yang bukan lawan bicara juga biasanya akan membuat Anda cenderung lupa kalimat.

3. Jaga Penampilan

Tak hanya penting dalam menguasai materi, penampilan juga menjadi poin penting yang berperan dalam menghilangkan rasa gugup di depan orang banyak. Pastikan rambut dan riasan Anda telah rapi. Cek apakah ada sisa makanan pada gigi anda. Gunakan pakaian yang pantas dan tidak berlebihan. Penampilan yang terjaga akan mengurangi rasa insecure Anda lho.

4. Latihan Nafas

Jika rasa gugup tersebut tengah menghampiri, cobalah melatih napas sebelum tampil di depan umum. Rasa gugup sangat berpengaruh dengan pola napas anda. Pola napas Anda bisa cenderung pendek dan tidak teratur. Oleh karena itu, cobalah untuk tarik napas dalam dan buang napas secara perlahan-lahan. Tarikan napas yang dalam akan menenangkan diri dari rasa gugup.

Baca Juga: Buat Tubuh dan Pikiran Anda Lebih Segar Hanya Dengan Mengubah Teknik Pernapasan

5. Latihan Rutin

Meski telah menyiapkan bahan secara lengkap, hal itu tetap tidak ada artinya jika Anda tidak latihan secara rutin terlebih dulu. Coba berlatih di depan cermin atau di kamar dengan membayangkan seolah-olah Anda berada di depan umum. Latihan bicara yang rutin ini terbukti efektif mengurangi rasa gugup saat berbicara di depan umum. Anda juga bisa minta bantuan orang tua atau saudara untuk menjadi salah satu ‘penonton’ dan meminta feedback dari mereka.

PREVIOUS ARTICLE

Yuk, Persiapkan Diri Agar Tetap Fit di Bulan Puasa Dengan Cara Ini

NEXT ARTICLE

Agar Tak Boros, Coba Sesuaikan Strategi Menabung Dengan Kepribadian Anda!

RELATED ARTICLES

Seorang penulis yang ingin keliling dunia lewat tulisannya.

  • Lima Jenis Fobia Ini Mungkin Akan Banyak Diderita Masyarakat Perkotaan. Anda Salah Satunya?

    […] Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Di Depan Umum […]

COMMENTS1 comments