Beauty

Sering Mengalami Masalah Umum Bibir Berikut? Ini Cara Mencegah dan Menanganinya!

Di “Lipstick Month” ini, selain menyuguhkan banyak ulasan dan rekomendasi lipstik, Anda juga bisa menemukan beberapa artikel seputar bibir yang tak kalah menarik untuk dibaca. Kalau hampir selalu pakai lipstik, setuju kan kalau merawat kesehatan bibir pun tak kalah pentingnya. Karena berbeda dengan bagian tubuh lainnya, bibir tidak memiliki kemampuan untuk melindungi “diri” snediri. Makanya, penting bagi kita untuk merawat bibir baik dari dalam maupun dari luar. Apalagi bibir selalu terekspos udara luar, produk makeup, dan sinar matahari. Jika tidak dirawat dengan baik, bibir rentan sekali terkena beberapa masalah berikut ini. Jangan sampai kejadian ya. Cari tahu penyebab dan cara menanganinya di sini.

Luka Belah Pada Bibir

masalah umum bibir

Banyak faktor yang menjadi penyebab bibir mengalami luka seperti terbelah. Umumnya masalah ini disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas atau dingin, mengelupas kulit bibir secara paksa, juga tanda bahwa Anda kekurangan multivitamin. Jaga bibir agar tetap terhidrasi dengan menggunakan lip balm yang kandungannya aman untuk kulit bibir. Jangan lupa juga untuk konsumsi air putih yang cukup agar bibir juga terhidrasi dari dalam. Kalau ada kulit yang hampir mengelupas, tahan diri untuk tidak dikelupas ya agar kulit bibir tidak luka.

Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah dapat menjadi tanda Anda mengalami dehidrasi, tidak cocok dengan formula makeup yang digunakan pada bibir, perubahan cuaca yang cukup drastis, atau terlalu sering menjilat bibir. Untuk merawatnya, gunakan medicated lip balm maupun lip oil untuk membantu proses penyembuhan. Lip mask juga dapat Anda andalkan untuk merawat bibir yang kering dan pecah-pecah.

Kulit Bibir Terkelupas

Kulit bibir yang mengelupas dapat menjadi reaksi alergi terhadap produk yang Anda gunakan. Tak terbatas pada lipstik saja. Pasta gigi, makanan, serta obat-obatan yang dikonsumsi pun dapat menjadi penyebab munculnya reaksi alergi. Jika kulit bibir Anda tekelupas dan disertai dengan munculnya ruam dan rasa gatal, segera konsultasi dengan dokter. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa murni yang dicampur madu untuk digunakan sebagai pertolongan pertama pada bibir.

Baca juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Coba Lakukan Tips Ini untuk Merawatnya

Kerutan dan Garis Halus Sekitar Bibir

masalah umum bibir

Paparan sinar matahari, pertambahan usia, dan kebiasaan merokok atau minum menggunakan sedotan adalah penyebab utama munculnya kerutan pada sekitar bibir. Layaknya kerutan pada area wajah lainnya, kerutan pada bibir pun cukup mengkhawatirkan, apalagi jika usia masih tergolong muda. Selain mengubah gaya hidup dengan mengurangi rokok dan menghindari kebiasaan minum dengan sedotan jika memungkinkan, merawat bibir dengan lip balm yang mengandung SPF pun penting dilakukan agar efek buruk sinar matahari tidak memperparah kerutan pada bibir. Menggunakan produk lip care pun perlu dilakukan setiap hari. Membuat homemade lip treatment juga bisa dicoba dengan menyampurkan beberapa minyak esensial seperti minyak kelapa murni, minyak jojoba, minyak vitamin E.

Warna Bibir Gelap

masalah umum bibir

Warna bibir yang gelap bisa diakibatkan karena keturunan atau karena kebiasaan merokok. Anda yang memiliki bibir gelap dapat menggunakan tinted lip balm atau lip tint agar warna bibir gelap Anda tersamarkan. Untuk menerangkan warna bibir secara alami, lakukan eksfoliasi secara rutin. Bisa dengan homemade scrub menggunakan gula, madu, dan lemon, atau lip scrub yang dijual di pasaran. Rutin melakukan eksfoliasi dapat membuang sel kulit mati pada bibir sekaligus melancarkan peredaran darah pada bibir dan menyebabkan bibir terlihat lebih pink alami.

Bibir Terkena Luka Bakar Akibat Terpapar Sinar Matahari

masalah umum bibir

Tak hanya kulit wajah dan tubuh saja, kulit bibir Anda pun dapat terbakar sinar matahari. Bibir yang terbakar dapat menimbulkan rasa perih dan jika terus terjadi dalam jangka waktu yang panjang, dapat menyebabkan iritasi, muncul pigmentasi yang lebih gelap, belum lagi ditambah dengan adanya kerutan. Maka dari itu, penting untuk menggunakan produk bibir dengan kandungan SPF yang dapat melindungi bibir dari paparan sinar UVA dan UVB. Jika bibir yang sudah terlanjur terbakar, Anda bisa menggunakan produk bibir dengan kandungan aloe vera yang dapat menenangkan luka bakar terlebih dulu.

Baca juga: Rekomendasi Lip Balm dengan SPF untuk Halangi Efek Buruk Sinar Matahari Pada Bibir

Bibir Bengkak

masalah umum bibir

Banyak hal yang bisa mejadi penyebab bibir menjadi bengkak. Bisa karena alergi, gigitan serangga, infeksi, eksim, ataupun food alergies. Jika bibir bengkak karena alergi, baiknya Anda menggunakan produk anti-histamine atau hubungi dokter. Untuk penanganan yang segera kompres bibir dengan menggunakan es batu yang dibungkus handuk tipis bersih selama 10 menit. Anda juga bisa mengompres dengan bahan-bahan alami yang dapat meredakan peradangan seperti teh hitam, madu, dan kunyit.

Muncul Komedo di Sekitar Bibir

masalah umum bibir

Selain pada area hidung, dahi, dan dagu, komedo juga dapat muncul di sekitar bibir Anda, lho! Cara untuk menangani komedo di sekitar bibir adalah dengan mengeksfoliasi area sekitar bibir. Jika khawatir produk eksfoliasi biasa akan terlalu ‘kasar’ untuk area bibir, Anda bisa membuat scrub dengan campuran gula dan minyak esensial. Gunakan juga facial cleanser dengan kandungan salicylic acid untuk mencegah pertumbuhan komedo.

PREVIOUS ARTICLE

Review: Wardah White Secret Day Cream SPF 35 PA+++ & Night Cream Buat Kulit Jauh Lebih Lembap dan Cerah

NEXT ARTICLE

Mizzu Luncurkan Aqua Foundation Glam Rock dalam Acara Mizzu Walk the Talk ke-2 Bersama Suhay Salim

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments