Beauty

Kehebatan Witch Hazel untuk Mengatasi 5 Masalah Kulit

Saat ini berbagai produk perawatan kulit memiliki berbagai jenis yang tak terbatas. Dari produk untuk mengatasi jerawat hingga cream yang diklaim mampu memudarkan stretch mark. Tapi pernahkah Anda berpikir, bagaimana masayarakat di zaman dahulu mengatasi berbagai masalah kulit yang mereka hadapi sebelum adanya produk-produk perawatan ini? Ternyata masyarakat di masa lalu tidak membutuhkan produk mahal, karena obat untuk mengatasi masalah kulit bisa mereka temukan dari alam, salah satunya witch hazel. Tanaman yang tumbuh subur di Amerika Utara dan sebagian wilayah Asia ini memiliki kandungan bermanfaat yang banyak terdapat pada bagian daun dan kulit kayu. Melalui proses pengolahan destilasi akan diperoleh ekstrak air witch hazel yang kaya manfaat. Untuk mengetahui berbagai manfaat dari witch hazel, coba simak penjabarannya di bawah ini.

1. Mengurangi Jerawat

Dalam dunia kecantikan, witch hazel banyak dimanfaatkan sebagai kandungan utama produk skin care karena memiliki berbagai manfaat bagi kulit. Witch hazel merupakan astringent alami yang berfungsi untuk memperkecil tampilan pori-pori, mengencangkan kulit serta memberi lapisan pelindung pada kulit. Berbeda dengan alkohol, witch hazel yang kaya akan kandungan tanin tidak akan menyebabkan kulit kering atau merusak produksi minyak alami, malah, witch hazel turut membantu meredakan inflamasi atau peradangan akibat jerawat.

Baca juga: Kulit Berjerawat, Stop Gunakan 5 Bahan Alami Ini Untuk DIY Skin Care!

2. Melindungi Kulit dari Efek Buruk Sinar Matahari

Meskipun lebih dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi jerawat sekaligus menyeimbangkan produksi minyak wajah, witch hazel juga memiliki kemampuan luar biasa dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan akan membuat kulit mengalami kerusakan dan memunculkan berbagai masalah seperti kulit kusam, warna kulit tidak merata, serta garis halus di sekitar mata. Tidak hanya mencegah berbagai masalah itu, witch hazel juga dipercaya mampu mencegah kanker kulit. Hal ini terjadi karena witch hazel memiliki kandungan polyphenol dan tanin yang berfungsi sebagai anti-oksidan tingkat tinggi.

3. Meredakan Eksim

Anda yang memiliki kulit sensitif atau eksim sebaiknya selalu menyediakan produk dengan kandungan witch hazel. Memiliki kandungan anti-inflamasi, menjadikan witch hazel sebagai bahan alami terbaik dalam meredakan nyeri, gatal, kemerahan dan luka yang berhubungan dengan gejala psoriasis dan eksim.

4. Mengatasi Memar

Jika kulit Anda mengalami memar dan tampak bengkak coba gunakan witch hazel sebagai pertolongan pertama. Witch hazel kaya akan kandungan tanin yang dikenal mampu meredakan bengkak dan peradangan. Tanin bekerja menyempitkan pembuluh darah dan mengobati kulit yang luka dengan cepat. Tuangkan minyak witch hazel pada kain kecil lalu balut pada kulit yang memar.  Kandungan tanin memiliki kemampuan yang cepat dalam mengatasi memar, sehingga hanya dalam satu hari kulit yang mengalami bengkak akan mengempes.

5. Meredakan Rasa Gatal

Sering mengalami masalah kulit gatal karena gigitan serangga? Maka tak ada alasan lagi untuk tidak membeli produk dengan kandungan witch hazel. Dibandingkan harus menggaruk yang malah akan meninggalkan bekas luka, sebaiknya cukup usapkan produk dengan kandungan witch hazel pada area yang terasa gatal. Kandungan astringent-nya mampu untuk meredakan iritasi pada kulit yang disebabkan infeksi jamur dan gigitan serangga. Bagi Anda yang menyukai produk berbahan alami coba campurkan witch hazel essential dengan lavender dan simpan di dalam botol.

Baca juga: 5 Produk Kecantikan Berbahan Alami yang Menarik untuk Dicoba

PREVIOUS ARTICLE

Plester Jerawat, Ampuh Nggak Ya?

NEXT ARTICLE

8 Cara Ampuh Cerahkan Kulit Ketiak yang Gelap dengan Bahan Alami

RELATED ARTICLES

  • 3 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Jerawat

    […] Baca juga: Kehebatan Witch Hazel untuk Mengatasi 5 Masalah Kulit […]

  • 5 Rekomendasi Skin Care Berbahan Sulfur untuk Mengatasi Jerawat

    […] berbagai kandungan bahan alami yang dikenal ampuh mengatasi jerawat, salah satunya adalah sulfur atau belerang. Bahan alami yang satu ini memang sarat kandungan anti […]

  • Muncul Spider Vein di Wajah? Ini Terapi yang Bisa Anda Lakukan untuk Menyamarkannya

    […] Baca juga: Kehebatan Witch Hazel untuk Mengatasi 5 Masalah Kulit […]

  • Kulit di Sekitar Mata Tetap Kencang dan Bebas Kerutan dengan Menggunakan Under Eye Oil

    […] untuk perawatan bawah mata. Anda bisa mencampurkan minyak-minyak tersebut dengan aloe vera gel, witch hazel, shea butter atau pun coconut oil. Tapi pastikan untuk memilih kandungan yang sesuai jenis kulit […]

  • Tak Hanya Menyerang Kulit, Penyakit Ini Juga Dapat Memicu Emotional Distress – Beauty Journal

    […] Baca Juga: Kehebatan Witch Hazel untuk Mengatasi 5 Masalah Kulit […]

COMMENTS5 comments