Guide

Dibiasakan Yuk, Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon Hangat Setiap Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Jika biasanya Anda menyambut pagi dengan segelas kopi atau teh, bagaimana jika Anda mencoba menggantinya dengan segelas air lemon hangat? Buah lemon telah lama dikenal dengan khasiatnya untuk kesehatan sekaligus kecantikan. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah menemukan rangkaian produk kesehatan atau kecantikan dengan buah lemon sebagai kandungan utamanya. Namun, sebetulnya ada cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan manfaat dari buah lemon. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meminum air hangat yang dicampurkan dengan perasan lemon setiap hari. Tidak perlu repot-repot membeli madu untuk membuat honey lemon shot, karena kombinasi air hangat dan lemon sendiri saja sudah memiliki banyak manfaat, lho! Nah, inilah 5 manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin meminum air lemon hangat setiap hari untuk kesehatan tubuh!

Baca Juga: Penyuka Kopi, Ternyata Pagi Hari Bukan Jam Terbaik untuk Minum Kopi!

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Meminum air lemon hangat akan menstimulasi sistem pencernaan Anda, sehingga tubuh akan menyerap nutrisi makanan lebih maksimal. Air lemon juga membantu memecah makanan menjadi zat yang lebih sederhana, serta mendorong produksi zat empedu yang membantu proses pencernaan. Selain itu, air lemon juga efektif membuat Anda terhindar dari masalah pencernaan seperti kembung, mulas, serta heartburn. Anda juga bisa menyembuhkan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare dengan meminum air lemon hangat, lho!

2. Membantu Mengurangi Berat Badan

Selain bebas kalori, lemon mengandung serat pektin yang dapat membantu Anda mengurangi berat badan, karena serat tersebut menjaga perut dari rasa lapar. Apalagi jika Anda mengombinasikan air lemon hangat dengan madu untuk tambahan energi dan nutrisi. Dijamin hasrat jajan gorengan Anda di tengah hari akan berkurang, deh! Berkaitan dengan manfaat lemon untuk pencernaan, lemon juga berkontribusi dalam proses pembuangan racun dalam tubuh serta membuang kalori yang tidak diperlukan. Secara tidak langsung, lemon akan membantu anda mengurangi berat badan.

3. Memperbaiki Kondisi Kulit

Lemon kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk kulit. Beberapa manfaat vitamin C di antaranya adalah mendorong produksi kolagen yang akan meningkatkan elastisitas kulit, memperbaiki sel-sel yang rusak, kaya akan anti-oksidan yang menangkal radikal bebas, serta membantu meredakan dan menghilangkan bekas jerawat. Maka dari itu, rutin mengonsumsi air lemon hangat setiap hari akan membantu merawat dan mempercantik kulit Anda secara alami dari dalam. Di luar manfaat vitamin C pada lemon, meminum air lemon hangat pada pagi hari akan menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tidur, sehingga menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

4. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Lagi-lagi, karena kandungan vitamin C yang tinggi, lemon juga sangat efektif dalam menjaga sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga bisa Anda lihat dari banyaknya brand yang menawarkan suplemen yang mengandung vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam cuaca yang kerap berubah-ubah, tubuh akan lebih rentan terserang penyakit flu. Namun, jangan khawatir! Anda bisa menjaga kesehatan dan terlindungi dari flu dengan rutin mengonsumsi air lemon hangat yang kaya akan vitamin dan potassium.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi air lemon hangat adalah kesehatan mulut yang terjaga. Ternyata, selain bersifat asam, air lemon juga bersifat anti-bakteri, sehingga dapat membantu membunuh kuman dan bakteri yang mengakibatkan timbulnya masalah bau mulut. Air lemon hangat juga dapat menyegarkan napas, membantu meringankan sakit gigi, infeksi gusi, bahkan kandungan asam sitrat pada lemon juga bisa memutihkan gigi secara alami, lho! Namun, Anda perlu berhati-hati karena jika berlebihan, karena asam sitrat juga bisa mengikis enamel atau lapisan terluar gigi.

Baca Juga: Usir Jerawat dan Cerahkan Wajah Menggunakan 7 Rekomendasi Produk dengan Kandungan Lemon Berikut!

Oh iya, sebelum mulai mengonsumsi air lemon hangat, pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh Anda ya, karena tidak semua orang bisa mengonsumsi lemon setiap hari. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit maag atau penyakit lambung lainnya. Ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait dengan konsumsi air lemon hangat.

PREVIOUS ARTICLE

Jangan Lupa, Barang-Barang Ini Harus Dikemas Dalam Tas Kabin Saat Naik Pesawat

NEXT ARTICLE

Meskipun Sudah Memiliki Pasangan, Ini Alasan Anda Perlu Melakukan Solo Traveling!

RELATED ARTICLES

  • Selain Minum Air Putih, Berbagai Hal Berikut Juga Efektif Dalam Mencegah Dehidrasi

    […] potongan es seperti popsicle. Coba pilih buah yang kaya kandungan air seperti semangka dengan jus lemon serta beberapa sendok teh madu, lalu bekukan selama beberapa jam sebelum mengonsumsinya. Selain […]

COMMENTS1 comments