Beauty

Mulai dari Rambut Hingga Kulit, Ini Manfaat Buah Pir yang Jarang Diketahui Orang

Pir merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan air. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang menyukai buah yang satu ini. Selain kandungan airnya tinggi, buah yang dagingnya berwarna putih ini juga memiliki berbagai vitamin, di antaranya vitamin A, vitamin B6, vitamin C, riboflavin, dan lain-lain. Rajin mengonsumsi buah pir setiap hari tak hanya akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan, tapi juga kecantikan. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang mengetahui akan hal ini. Oleh karena itu, ayo perdalam informasi dengan mengenali apa saja manfaat buah pir bagi kecantikan melalui artikel berikut!

Melembapkan Kulit

Rajin mengonsumsi buah pir yang tinggi akan air diketahui dapat meningkatkan kadar kelembapan pada kulit wajah. Selain itu, kandungan humectants alaminya juga mampu menghidrasi kulit dengan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Untuk mengoptimalkan kadar kelembapan kulit, Anda pun bisa menjadikan buah pir sebagai masker alami dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan pada wajah selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Upaya ini dapat Anda lakukan paling tidak seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jangan lupa untuk tetap mengimbanginya dengan mengonsumsi air putih yang cukup, ya!

Mencegah Kerutan

Selain mengandung vitamin C, buah pir juga memiliki kandungan vitamin K, dan tembaga yang sangat bermanfaat untuk melawan tanda penuaan serta menjaga keelastisitasan kulit. Dengan mengonsumsi buah pir setiap hari, kulit akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini. Tak hanya dikenal sebagai sumber anti-oksidan yang mampu melindungi dari serangan radikal bebas, vitamin C juga baik untuk merangsang produksi kolagen untuk mencegah timbulnya kerutan.

Sebagai Exfoliator Alami

Tekstur buah pir yang memiliki bulir kasar dapat berfungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan buah ini bersama madu dengan menggunakan blender. Setelahnya, oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah dan leher. Lalu, lakukan gerakan memutar untuk menggosoknya. Anda tak perlu khawatir bulir dari buah ini mengiritas kulit karena teksturnya tidak sekasar produk scrub dalam kemasan. Selain kulit mati akan terangkat, rutin melakukan ritual ini dua kali seminggu dipercaya dapat mencerahkan serta menghaluskan tekstur kulit yang kurang merata.

Mengatasi Kulit Bibir yang Kering

Kulit bibir yang kering memang menjadi salah satu masalah yang cukup menyebalkan. Selain mengganggu penampilan, lipstik pun akan sulit menempel dengan sempurna. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mengandalkan bantuan masker buah pir. Anda hanya perlu menggosok masker dengan lembut pada bagian kulit bibir. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit agar asam laktat alami yang terkandung di dalamnya menghidrasi kulit bibir secara lebih optimal.

Merawat Rambut

Buah pir yang sudah matang kaya akan kandungan sorbitol dan glusitol yang mampu menutrisi rambut serta kulit kepala agar senantiasa sehat dan lembap. Kedua kandungan yang merupakan alkohol gula alami ini rupanya juga dipercaya dapat mengembalikan kilau rambut yang kusam. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membuat DIY masker rambut sendiri di rumah. Caranya pun mudah, kok! Cukup campurkan sebuah pir matang yang telah dihaluskan dengan dua sendok makan acid cider vinegar dan sedikit air. Lalu, oleskan ke seluruh bagian rambut yang telah dibasahi sebelumnya. Setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas dengan menggunakan air bersih hingga tidak ada sisa residu yang menempel.

Baca juga: Manfaat Buah Strawberry untuk Perawatan Kecantikan Wanita

PREVIOUS ARTICLE

Review: Maybelline x Gigi Hadid Matte Lipstick, Lipstik Creamy Hasil Kolaborasi dengan Supermodel Ternama

NEXT ARTICLE

Basket Case Anti-Precision Liner, Kolaborasi Kat Von D dengan Vokalis Green Day Berupa Smudgeable Eyeliner

RELATED ARTICLES

  • Mulai Dari Rambut Hingga Kulit, Ini Manfaat Buah Pir Yang Jarang Diketahui Orang – Berita Heboh

    […] Sumber : Beauty Journal […]

COMMENTS1 comments