Guide

Ini Dia 5 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan yang Banyak Orang Belum Tahu!

Buah yang satu ini biasa Anda temui dalam es teler atau es buah. Rasanya memang enak dan tidak memiliki rasa kuat yang mengganggu keseluruhan rasa dalam makanan. Sebenarnya, tak begitu banyak orang yang tahu kalau buah alpukat punya segudang manfaat untuk kesehatan! Simak terus di artikel ini mengenai manfaat alpukat untuk kebaikan tubuh.

Kaya Akan Anti-Oksidan

Manfaat Alpukat

Berdasarkan data dari USDA National Nutrient Database, seperlima buah alpukat (setara dengan 40 gram) hanya punya 64 kalori. Dengan kalori yang rendah tadi, buah ini adalah sumber baik untuk vitamin E, C, K, dan B-6. Manfaat alpukat lainnya adalah kandungan riboflavin, niacin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan potassium. Tak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan lutein, beta-karoten, dan asam lemak Omega-3. Cukup banyak ya? Karena adanya berbagai lemak baik dan anti-oksidan, alpukat juga bagus untuk kesehatan mata, melawan munculnya jerawat, hingga memperlancar pencernaan.

Baca Juga: Mengenal Kopi Hijau, Minuman Dengan Kafein Rendah dan Anti-Oksidan Tinggi

Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Alpukat

Manfaat alpukat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Di dalam alpukat, para peneliti menemukan kandungan beta-sitosterol sebanyak 25 miligram per ons. Tahukah Anda? Kalau kita rutin mengkonsumsi beta-sitosterol ini, kita bisa mengontrol tingkat kolesterol dalam tubuh, lho. Dengan begitu, kita setidaknya menurunkan risiko penyakit jantung!

Baca Juga: Cegah Risiko Penyakit Jantung Dengan 5 Cara yang Direkomendasi Yayasan Jantung Indonesia

Membantu Mengatasi Depresi

Hal Keliru Tentang Depresi 2

Mood Anda sering menurun? Sedang stres memikirkan banyak hal? Bagaimana kalau Anda sering-sering makan buah alpukat? Karena mengandung asam folat, alpukat bisa mencegah terbentuknya homocysteine. Ini adalah sejenis substansi yang bisa mengganggu sirkulasi dan distribusi nutrisi pada otak. Kelebihan homocysteine juga bisa memengaruhi produksi hormon tertentu, seperti serotonin, dopamine, dan norepinephrine. Hormon-hormon ini berkaitan erat dengan mood, kualitas tidur, dan nafsu makan.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat alpukat yang juga banyak tak diketahui orang adalah untuk pencegahan osteoporosis atau keropos tulang. Alpukat memiliki vitamin K, yang tak kalah pentingnya dari vitamin D dan kalsium dalam hal kesehatan tulang. Vitamin K akan meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga kesehatan tulang bisa terjaga dengan maksimal.

Baik Untuk Perkembangan Janin

Brazilian Waxing Pada Wanita Hamil - Cover

Di atas sudah disebutkan kalau alpukat memiliki kandungan asam folat. Kandungan ini juga penting lho untuk perkembangan janin dalam rahim. Konsumsi asam folat yang mencukupi akan membantu mencegah keguguran dan mengurangi risiko kecacatan. 

Baca Juga: 8 Makanan Kaya Asam Folat Yang Baik Untuk Kesuburan Calon Ibu

PREVIOUS ARTICLE

Hati-Hati, 5 Kesalahan Ini Tanpa Sadar Bisa Menyabotase Karier Anda

NEXT ARTICLE

Berbagai Lokasi Wisata yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi Pada Bulan Januari

RELATED ARTICLES

Beauty Journal Contributor

  • Rekomendasi Buah Rendah Gula Untuk Camilan Tanpa Khawatir Menyebabkan Kegemukan

    […] Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan yang Banyak Orang Belum Tahu! […]

COMMENTS1 comments