Beauty

Generasi Baru Lipstik Matte Wax Free. Apa sih Istimewanya?

Kalau sering coba-coba lipstik matte, Anda mungkin merasakan perbedaan pada efek formulanya di bibir. Ada yang masih terasa creamy dan menjaga bibir tetap nyaman. Namun, ada juga yang formulanya langsung mengering dan membuat kulit bibir terasa ‘dicengkeram’. Perbedaan yang sangat nyata ini sebenarnya bisa ditelusuri dari bahan dasar utama yang ada dalam lipstik tersebut: wax, oil, atau alkohol.

Ketiga bahan dasar utama ini memiliki fungsi yang agak berbeda. Mari kita ‘bongkar’ sedikit, yuk. Bahan dasar utama yang pertama adalah wax atau lilin. Wax biasanya digunakan untuk menjaga bentuk lipstik agar tak mudah lumer (pada lipstik bentuk stik). Wax juga membantu lipstik terasa licin alias tidak seret ketika disapukan pada bibir. Berbeda lagi dengan oil. Bahan ini biasanya ditambahkan pada lipstik untuk mengurangi kekentalannya (terutama pada lipstik cair) dan agar lipstik lebih mudah dibaurkan. Nah, alkohol adalah bahan dasar yang menyatukan berbagai bahan yang berbeda tekstur.

Pada lipstik matte, bahan dasar yang lebih banyak dipakai adalah wax dan yang paling minim digunakan adalah oil. Memang sih, dengan minimnya oil di dalam lipstik, kilapnya jadi berkurang, namun hasilnya akan lebih membuat bibir kering. Hmm, tampil dengan bibir berwarna cantik tak berarti bibir Anda harus menderita kan? Sebagai alternatifnya, Anda bisa mulai mengurangi penggunaan lipstik matte yang mengandung wax dalam porsi yang lebih banyak. Selain membuat bibir tak terlalu kering, apa lagi keuntungannya menggunakan lipstik matte yang bebas wax?

1. Warna Lebih Sesuai

Lipstik yang tak menggunakan wax biasanya beralih pada kandungan oil atau gel yang lebih banyak. Khusus untuk lipstik matte berbahan gel, warnanya akan lebih sesuai dengan warna yang Anda lihat. What you see is what you get. Tak ada tuh yang namanya warna A ketika dipulas di tangan dan berubah menjadi warna B ketika digunakan di bibir. Lipstik berbahan gel juga cenderung punya warna yang lebih pekat.  

2. Terasa Lebih Ringan di Bibir

Wax adalah sejenis lilin, dan Anda tentu tahu kalau lilin akan menciptakan lapisan tahan air ketika kering. Begitu juga dengan lipstik dengan wax. Permukaannya akan menahan air masuk sekaligus menyerap kelembapan kulit bibir. Lipstik matte dengan wax kadang juga memberi rasa tebal pada bibir. Nah, tanpa wax, lipstik matte Anda akan terasa lebih ringan dan lembap di bibir.

3. Tahan Lebih Lama

Anda tahu rumus menjadikan makeup menempel lebih lama di wajah? Ya, kulit harus lembap! Sama halnya dengan bibir. Warna lipstik akan mampu menempel lebih lama jika kandungannya tak membuat bibir kering.

Bagaimana? Tak sabar kan mencoba lipstik matte yang tak mengandung wax? Tak usah menunggu lama, karena Anda bisa mendapatkannya dalam Revlon Ultra HD Matte Lipcolor. Selain bebas dari kandungan wax, lipstik matte ini memiliki aplikator yang akan meratakan warna lipstik dengan cepat. Aromanya pun menggiurkan dengan wangi vanilla dan cream mango. Jika Anda telah mencoba lipstik ini sebelumnya, Anda bisa mencoba 5 warna baru dari Revlon Ultra HD Matte Lipcolor. Gunakan kode voucher REV50 untuk mendapatkan potongan Rp50.000 tiap pembelian minimal dua Revlon Ultra HD Matte Lipcolor warna baru.

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Masker Wajah dari Brand Lokal yang Mampu Menyehatkan Kulit

NEXT ARTICLE

Foundation Terlalu Gelap? Coba Campur dengan Warna Putih L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments