ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Melalui Perbedaaan Warna Urine

Apakah Anda rutin memeriksa warna urine? Kalau belum, sebaiknya mulai lakukan kebiasaan satu ini, terlebih saat Anda merasa tubuh kurang sehat. Karena warna urine tak hanya menunjukkan apakah tubuh sudah cukup menerima asupan cairan atau belum, tapi juga mampu mendeteksi kondisi kesehatan tubuh lebih mendalam. Secara kasat mata, warna urine dapat menjadi indikasi tanda-tanda gangguan kesehatan, mulai dari masalah kesehatan ringan hingga yang serius.

Dikutip dari Health, menurut Michael Palese, ketua Departemen Urologi di Mount Sinai Beth Israel, New York, AS, tak ada spesifik warna urine yang menentukan kadar normal atau tidaknya. Namun kondisi urine yang normal umumnya berada pada spektrum kuning. Selain itu ada juga aturan umum yang menyebutkan semakin banyak tubuh mengonsumsi cairan, maka urine yang dihasilkan akan menjadi transparan. Nah untuk tahu lebih jauh mengenai makna warna urine dan indikasinya pada kesehatan tubuh, Anda bisa menyimak penjelasannya melalui artikel berikut ini.

Urine berwarna jernih

Urine jernih biasanya dijadikan indikasi bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Kalau Anda merasa sudah cukup minum air putih, besar kemungkinan kesehatan tubuh Anda juga cukup baik. Namun, urine jernih ternyata tidak selalu menjamin kesehatan seseorang. Urine jernih bisa juga menjadi pertanda penyakit diabetes insipidus, terutama jika urine berjumlah banyak dan jernih.

Meski dinamakan diabetes, penderita diabetes insipidus sebenarnya memiliki kadar gula darah normal. Akan tetapi organ ginjal tidak bisa memproses cairan dengan baik. Meski kasus ini tergolong langka, tapi tak ada salahnya untuk bersikap waspada dan segera bekonsultasi pada dokter, terutama saat Anda merasa jumlah urine terlalu banyak, seperti dalam kisaran 20 liter sehari.

Urine keruh

warna urin untuk indikator kesehatan

Urine yang keruh bisa menjadi indikasi berbagai macam kondisi kesehatan, termasuk infeksi saluran kemih dan pelepasan lemak. Jika Anda sering mendapati urine berwarna seperti ini setiap pagi, mungkin Anda hanya kurang minum saja. Selain itu makanan dan obat-obatan juga bisa menjadi penyebabnya.

Penyebab lain yang lebih serius, adalah infeksi bakteri yang ditandai dengan urine keruh yang konsisten sebagai akibat dari aktivitas sel-sel tubuh yang sedang memerangi bakteri tersebut. Selain itu, ada kemungkinan juga urine semacam ini terjadi karena gangguan neurogenik pada kandung kemih akibat cedera tulang belakang ataupun kecelakaan lainnya.

Urine berwarna

warna urin untuk indikator kesehatan

Urine berwarna pink, merah, atau cokelat seperti teh dapat menjadi pertanda yang menunjukkan kondisi hematuria atau adanya darah di dalam urine. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena pembesaran prostat, infeksi saluran kandung kemih, atau olahraga terlalu berat yang memicu pendarahan internal. Darah di dalam urine seringkali tidak dapat dilihat dengan jelas. Namun jika Anda melihat urine Anda tiba-tiba berwarna gelap, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Di samping gangguan tersebut, penyebab urine berwarna gelap lainnya adalah konsumsi vitamin B12 dan vitamin C, serta penggunaan mouthwash yang mengandung pewarna hijau atau biru.

Urine berwarna kuning gelap

warna urin untuk indikator kesehatan

Jika urine Anda berwarna kuning gelap di pagi hari, kemungkinan hal ini terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi sepanjang malam atau adanya ketidakseimbangan kadar pH. Konsumsi alkohol dan pewarna makanan juga dapat membuat urine berwarna kuning gelap. Untuk mengatasinya, Anda perlu memperbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas atau disesuaikan dengan tingkat aktivitas harian.

Baca juga: Urin Kerap Berwarna Aneh Atau Menimbulkan Bau Menyengat? Hati-Hati, Bisa Jadi Ini Pertanda Penyakit Serius

PREVIOUS ARTICLE

5 Pelajaran Hidup yang Bisa Anda Peroleh dari Acara Netflix “Tidying Up With Marie Kondo”

NEXT ARTICLE

Tak Selamanya Berakhir dengan Perpisahan, Ini Manfaat 'Break' dalam Hubungan Asmara

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Oki widianti1 month ago

    nice info