Lifestyle

Emosi Jangan Dipendam Terus. Yuk, Belajar Ungkapkan Dengan Cara yang Sehat dan Dewasa

Pernah marah karena rekan kerja mengklaim hasil kerja Anda sebagai miliknya? Atau kesal karena proposal skripsi bolak-balik diminta revisi oleh dosen pembimbing? Merasakan emosi seperti marah atau kesal itu wajar dan bukan sesuatu yang buruk kok. Yang terpenting adalah cara Anda menyalurkan emosi. Sayangnya, karena tidak tahu cara mengekspresikan emosi secara sehat, banyak orang akhirnya lebih memilih memendam perasaan negatif. Daripada menyimpan bom waktu yang bisa meledak kapan saja, yuk belajar cara ampuh untuk mengekspresikan emosi secara sehat dan dewasa.

1. Berdiskusi Dengan Sahabat

Salah satu cara sederhana tapi ampuh untuk mengekspresikan emosi secara sehat adalah berdiskusi dengan sahabat yang bisa dipercaya. Coba deh minta sahabat Anda untuk mau meluangkan waktu dan mendengarkan Anda menumpahkan semua emosi dan perasaan yang mengganjal di hati. Sesi curhat ini bisa membuat Anda melihat masalah dari sudut pandang lain dan segera menemukan solusi. Setelah itu, dijamin deh perasaan Anda tenang dan pikiran jadi plong. Jangan lupa traktir sahabat ya sehabis curhat.

Baca Juga: Ingin Membantu Teman Mengatasi Depresi? Jangan Lakukan Hal Ini

2. Menulis Surat

Emosi - Menulis

Surat bukan hanya untuk mengekspresikan rasa cinta pada pasangan, tapi ternyata juga ampuh untuk mengekspresikan emosi secara sehat dan dewasa. Malah, sudah banyak psikolog yang menganjurkan cara ini agar kesehatan emosional Anda tetap positif. Jadi saat sahabat sedang tidak bisa meluangkan waktu atau Anda butuh penyaluran instan, tuliskan saja semua emosi dan pemikiran yang Anda rasakan pada secarik kertas. Setelah selesai, sobek lalu buang dan bakar kertas tadi. Banyak orang yang bilang cara ini sangat manjur dan emosi negatif langsung hilang seketika, lho.

3. Berteriak

Ya, berteriak dengan lantang dan keras dipercaya bisa membantu Anda mengeluarkan emosi secara sehat tanpa melukai siapa pun. Namun, jangan asal teriak ya, sebaiknya pilih tempat yang tidak akan mengganggu ketenangan orang lain, seperti berteriak dengan wajah ditutupi bantal atau di berteriak dalam mobil, agar suara teriakan Anda tidak malah bikin orang jadi panik. Kalau ada waktu lebih, boleh juga kalau Anda meluangkan waktu untuk pergi ke bukit atau pantai yang sepi agar bisa berteriak dengan lantang dan bebas. Setelah melakukan hal ini, dijamin emosi negatif jadi jauh berkurang dan perasaan jadi lebih lega.

4. Olahraga

Emosi - Olahraga

Bukan hanya membuat tubuh bugar, olahraga juga bisa membantu Anda mengekspresikan emosi secara sehat dan menjernihkan pikiran saat sedang merasa kesal atau marah. Pilih olahraga dengan gerakan bertenaga dan penuh semangat seperti zumba atau crossfit. Olahraga seperti ini akan membantu Anda menyalurkan emosi negatif dan mendorong tubuh menghasilkan hormon endorphin yang akan memperbaiki mood dan memicu perasaan senang.

Baca Juga: Tak Punya Waktu Untuk Nge-gym? Coba Lakukan 7 Gerakan Workout Berikut di Rumah!

5. Mewarnai Buku

Akhir-akhir ini, muncul fenomena buku mewarnai untuk orang dewasa. Bukan tanpa alasan. Kegiatan mewarnai buku telah terbukti bagus untuk memperbaiki mental dan kondisi psikologis yang mungkin terjadi akibat stres. Sebuah penelitian membuktikan, kegiatan mewarnai akan menenangkan bagian otak tertentu (amygdala) yang berpengaruh terhadap tingkat stres. Emosi pun bisa diredam!

PREVIOUS ARTICLE

Cari Tahu Penyebab Konflik di Tempat Kerja yang Bisa Menghambat Karier Anda

NEXT ARTICLE

Patah Hati Membuat Pekerjaan Anda Terhambat? Begini Cara Mengatasinya

RELATED ARTICLES

comments