ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Resmi Beroperasi, Uji Coba MRT Jakarta Mulai Dibuka untuk Publik Secara Gratis. Tertarik Coba?

Warga Jakarta dan sekitarnya kini boleh berbangga, karena setelah penantian panjang menghadapi kemacetan Ibu Kota, akhirnya Mass Rapit Trans atau MRT siap diuji coba! Mulai kemarin hingga 24 Maret mendatang, warga Jakarta sudah bisa mencoba MRT secara gratis. Masyarakat yang bisa mencoba moda transportasi ini adalah mereka yang sebelumnya sudah mendaftarkan diri melalui situs jakartamrt.co.id.

Antusiasme warga Jakarta terhadap uji coba moda transportasi baru ini pun sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu orang pertama yang mencoba MRT. Terhitung Selasa, 12 Maret 2019, tercatat ada sekitar 181.209 orang terdaftar untuk ikut dalam uji coba kereta bawah tanah pertama di Indonesia tersebut, lho!

Dalam uji coba, PT MRT Jakarta telah menyiapkan delapan rangkaian kereta, tujuh di antaranya beroperasi (satu sebagai cadangan) dan memiliki selang waktu 10 menit di setiap keberangkatan antar rangkaian kereta. Untuk memudahkan masyarakat, MRT akan didukung oleh sistem transportasi publik lainnya seperti Transjakarta yang akan membawa masyarakat dari area pemukiman ke stasiun MRT Jakarta yang terdekat. Dengan adanya MRT, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih dari pengguna kendaraan pribadi menjadi pengguna transportasi publik, sehingga dapat menurunkan angka kemacetan.

Penasaran dan ingin segera memiliki pengalaman langsung mencoba MRT? Berikut informasi yang bisa Anda dapatkan sebelum menaiki MRT!

Stasiun yang Dilalui MRT

Dalam fase I, MRT Jakarta telah membangun 13 stasiun dan satu depo sepanjang 15,7 kilometer, terhitung dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI Jakarta. MRT mulai beroperasi pada pukul 08.00 WIB dari Stasiun Lebak Bulus, sedangkan dari Stasiun Bundaran HI mulai pukul 08.03 WIB. Selain menjajal MRT, Anda juga dapat melihat langsung berbagai fitur dan stasiun sepanjang 16 kilometer di fase pertama ini, seperti memiliki kecepatan maksimal 80 km/jam pada jalur layang dan 100 km/jam pada bawah tanah. Dengan begitu, MRT Jakarta hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Lebak Bulus menuju ke Bundaran HI. Wow, nggak ada lagi deh drama telat datang ke kantor atau harus ngaret saat ada janji dengan teman!

MRT Jakarta

Fitur Kereta dan Stasiun yang Ramah untuk Penyandang Disabilitas

Selain itu, fitur lain yang bisa dinikmati oleh masyarakat, baik dalam kereta maupun stasiun adalah fasilitas ramah untuk penyandang disabilitas yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum, di antaranya terdapat eskalator dan elevator di setiap stasiun, tersedia blok taktil di beranda peron, toilet dan wastafel dirancang untuk memudahkan pengguna kursi roda, pintu penumpang dengan lebar 90 cm, dan ruang menyusui.

Pendaftaran Uji Coba MRT

Bagi yang ingin mendaftarkan diri mengikuti uji coba MRT, Anda dapat melakukan registrasi maksimal H-1 sebelum keberangkatan. Registrasi mulai dibuka sejak 5 – 23 Maret 2019. Berikut langkah-langkah melakukan registrasi dan beberapa peraturan yang harus dipatuhi:

  1. Masuk ke Akun Bukalapak
    Login ke akun Bukalapak Anda. Jika belum punya, registrasi dengan e-mail atau nomor handphone dan verifikasi akun terlebih dahulu.
  2. Daftar Uji Coba
    Masuk ke halaman Event di Bukalapak untuk mendaftar Uji Coba MRT.
  3. Isi Detail Pendaftaran
    Masukkan informasi yang dibutuhkan seperti alamat e-mail dan identitas yang benar. Selanjutnya, Anda akan menerima e-mail konfirmasi beserta e-tiket.
  4. Bawa E-Tiket
    Di hari uji coba, tunjukkan e-tiket yang dapat diakses melalui aplikasi Bukalapak untuk masuk ke lokasi.
  5. Antre dengan Tertib
    Ikut antrean di belakang garis aman dan di dalam garis antrian. Dahulukan penumpang yang akan turun sebelum masuk ke dalam kereta agar tidak berdesakan.
  6. Patuhi Aturan Demi Keselamatan
    Selalu patuhi petunjuk dan arahan dari petugas supaya perjalanan kamu tetap aman dan nyaman.

Bagaimana, mudah, bukan? Yuk, segera daftarkan diri Anda untuk menjajal MRT karena persediaan terbatas!

Baca juga: Demi Mudik yang Lebih Nyaman, PT KAI Resmi Luncurkan Kereta Sleeper

[Sumber Foto Cover]

PREVIOUS ARTICLE

Ini 5 Alasan Logis Mengapa Wanita Pintar Banyak yang Single

NEXT ARTICLE

#SocioFellas: Lebih Dekat dengan Refal Hady, Aktor Tampan yang juga Seorang Family Man

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments