Guide

Tips Agar Tubuh Tetap Fit dan Waktu Tidur Tercukupi Walau Begadang Karena Menonton Piala Dunia

Sejak 14 Juni 2018 lalu gelaran Piala Dunia 2018 sudah mulai berlangsung di Rusia. Namun karena ada perbedaan waktu antara Rusia dengan Indonesia, otomatis ada beberapa pertandingan yang ditayangkan pada dini hari. Tentunya jika negara kesayangan yang bertanding pada jam tersebut, mau tidak mau Anda harus mengorbankan waktu istirahat malam demi menontonnya.

Ya, meskipun begadang memang tidak baik bagi kesehatan, tapi Anda bisa saja sesekali melakukannya. Dengan catatan Anda tetap memerhatikan kesehatan tubuh dan mengatur jadwal istirahat secara maksimal. Nah, supaya tubuh tetap fit dan jam tidur tercukupi walau harus begadang karena menonton Piala Dunia, yuk coba lakukan beberapa tips berikut ini.

Atur Jadwal Tidur dengan Baik

Agar Tubuh Tetap Fit dan Waktu TiduTercukupi Walau Begadang

Karena harus begadang maka mau tak mau waktu tidur Anda jadi tidak teratur, bahkan mungkin berkurang dari durasi ideal yang seharusnya dipenuhi (7-9 jam). Selain membuat tubuh merasa lelah dan mengatuk di siang hari, kondisi ini juga dapat mengganggu ritme kerja sistem tubuh yang dapat mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan hormon pada tubuh dan membuat Anda rentan sakit. Karena itu, jika Anda ingin begadang untuk menonton negara kesayangan bermain sebaiknya atur jadwal tidur terlebih dahulu.

Contohnya, jika Anda ingin menonton pertandingan yang ditayangkan pada pukul 21.00 WIB dan 01.00 yang berakhir pada 03.00 WIB maka sebaiknya Anda terlebih dahulu tidur 2 jam sebelum pertandingan. Dan pastikan setelah pertandingan Anda langsung tidur kembali sebelum beraktivitas di pagi harinya. Selain itu cobalah manfaatkan waktu istirahat siang dengan melakukan power nap yang disebut ampuh dalam mengatasi kelelahan akibat kurang istirahat.

Konsumsi Camilan Sehat saat Menonton Pertandingan

Agar Tubuh Tetap Fit dan Waktu Tidur Tercukupi Walau Begadang

Menonton pertandingan bola memang paling asyik sambil ditemani camilan seperti, kacang, biscuit atau keripik, serta secangkir kopi dan minuman bersoda. Namun jika Anda ingin tubuh tetap fit ketika beraktivitas meskipun kerap begadang, coba ganti camilan-camilan tersebut dengan buah-buahan atau salad, serta perbanyak minum air putih. Berbagai makanan sehat ini dibutuhkan agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi meskipun Anda kurang beristirahat.

Karena bukan hanya membuat Anda sulit tertidur kembali, kopi maupun minuman bersoda akan membuat kinerja ginjal Anda menjadi berat. Hal itu disebabkan pada saat dini hari tubuh kita akan memasuki fase detoksifikasi. Jika Anda ingin mengonsumsi kopi, konsumsilah setelah Anda sarapan, karena kafein pada kopi dapat memacu adrenalin yang membuat Anda merasa tidak mudah lelah dan dapat meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas.

Manfaatkan Teh Chamomile

Agar Tubuh Tetap Fit dan Waktu Tidur Tercukupi Walau Begadang

Teh chamomile memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih segar walaupun Anda tidak mendapatkan jam tidur yang ideal. Tak hanya itu, beberapa penelitian pun mengatakan jika teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengempeskan kantong mata yang bengkak akibat kurang tidur.

Untuk mengatasi mata bengkak dengan teh chamomile caranya cukup mudah, cukup ambil kantong teh chamomile yang telah diseduh dan simpan kurang lebih selama 15 menit di lemari es. Setelah 15 menit ambil kantong teh tadi dan gunakan untuk mengompres kantong mata dengan mendiamkannya selama 10 menit di area bawah mata.

Mandi dengan Air Dingin

Agar Tubuh Tetap Fit dan Waktu Tidur Tercukupi Walau Begadang

Saat pagi hari terkadang kita merasa malas mandi dengan menggunakan air dingin terutama ketika merasa tubuh kurang fit akibat begadang. Namun ternyata, mandi air dingin di pagi hari memiliki manfaat yang baik seperti membuat tubuh Anda menjadi terasa lebih segar setelah mandi. Tak hanya itu, ternyata mandi dengan air dingin dapat membuat pembuluh darah mengecil, sehingga dapat mengurangi sembap di wajah akibat tidak tidur dan wajah pun akan tetap terlihat segara walau waktu tidur Anda berkurang.

Sempatkan Waktu Berolahraga

Agar Tubuh Tetap Fit dan Waktu Tidur Tercukupi Walau Begadang

Setelah bangun pada pagi hari, jangan langsung pergi mandi. Lakukanlah peregangan otot sebentar dan luangkan waktu selama 20-30 menit untuk olahraga ringan seperti, jalan santai keliling kompleks atau jogging. Tak hanya membuat stamina tetap terjaga, ternyata berolahraga juga dipercayai dapat memperbaiki mood yang buruk akibat kurang tidur, lho!

Nah, itu tadi 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap fit walau harus begadang demi menonton negara kesayangan Anda berlaga di Piala Dunia.

Baca juga: Siap-Siap Meleleh! Ini Dia 5 Pesepakbola Tampan dan Berbakat di Piala Dunia 2018

PREVIOUS ARTICLE

Sebelum Merasa Kesal, Intip 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Cuek Karena Demam Piala Dunia Berikut

NEXT ARTICLE

Tak Hanya Kekerasan Fisik, Kenali juga Tanda Kekerasan Finansial dalam Hubungan

RELATED ARTICLES

comments