Lifestyle

Trik Menahan Emosi Dalam Berbagai Kondisi Dan Situasi

Apakah Anda termasuk tipe orang yang sulit dalam mengendalikan emosi dan kemarahan? Jika emosi sering lepas tanpa terkendali, Anda bisa terkena dampak kesehatan yang negatif, lho. Anda bisa terkena penyakit tekanan darah tinggi, stres, gangguan tidur, gangguan pernapasan, serangan jantung, bahkan hingga stroke. Tak perlu khawatir, Anda sebenarnya dapat mengendalikan emosi diri sendiri untuk mengurangi dampak buruk seperti yang telah saya sebutkan di atas. Apa trik menahan emosi yang bisa dicoba?

1. Tenangkan Diri

Trik Menahan Emosi Dalam Berbagai Situasi

Berdasarkan perspektif manajemen marah, emosi berupa marah merupakan aggression cycle (siklus agresi) yang terdiri atas eksplosi, eskalasi, serta pasca-eksplosi. Maka dari itu, saat Anda mulai marah, cobalah untuk menenangkan diri. Hal ini akan membuat siklus agresi Anda berantakan. Pikiran yang tenang juga memungkinkan Anda untuk dapat berpikir secara logis sekaligus menemukan solusi terbaik.

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk menenangkan diri yaitu dengan menarik napas sedalam-dalamnya sambil memfokuskan pikiran pada napas yang masuk melalui hidung ke paru-paru. Lakukan secara berulang dengan membayangkan pemandangan indah hingga Anda dapat merasakan oksigen yang menyegarkan otak. Dengan begitu, emosi Anda dapat berkurang sedikit demi sedikit.

Baca juga: Emosi Jangan Dipendam Terus. Yuk, Belajar Ungkapkan Dengan Cara yang Sehat dan Dewasa

2. Berolahraga

Trik Menahan Emosi Dalam Berbagai Situasi

Tahukah Anda? Berolahraga juga dapat membantu menahan emosi dan amarah. Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, bermain sepakbola, atau berenang juga dapat membantu menahan emosi dan amarah. Dengan berolahraga, Anda dapat menstimulasi zat-zat kimia dalam otak Anda yang nantinya membuat anda akan lebih tenang dan rileks. Bukan hanya itu, melakukan olahraga akan menghasilkan efek positif dengan menguras energi dalam tubuh sehingga ketegangan syaraf-syaraf dapat berkurang.

3. Memaafkan

Apakah Anda pernah disakiti, dibohongi, direndahkan hingga dijelek-jelekkan? Bete sih. Namun, mulai sekarang, cobalah untuk melupakan dan tidak mengungkit-ungkit masalah yang sudah terjadi, sehingga Anda tidak kembali terpancing emosi. Emosi yang Anda kendalikan, setidaknya mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi pada diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga: Jangan Langsung Marah Ketika Dikritik, Ini Jurus Agar Anda Tetap Cool

 

Nah, mulai sekarang Anda dapat menerapkan trik di atas untuk menahan emosi Anda dalam berbagai situasi. Menahan emosi memang butuh latihan (apalagi di bulan puasa). Namun, jika berhasil Anda dapat lebih berfokus pada hal-hal positif dalam hidup Anda. Setuju?

PREVIOUS ARTICLE

Jangan Sampai Kulit Anda Kering dan Kusam Selama Puasa. Ini Tips Mudah Agar Kulit Sehat Bersinar

NEXT ARTICLE

Tertarik Atau Tidak? Yuk, Perhatikan Bahasa Tubuh Si Dia Untuk Tahu Perasaannya

RELATED ARTICLES

comments