ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Si Dia Tak Kunjung Membalas Pesan yang Anda Kirimkan? Bisa Jadi Anda Tengah Mengalami R-Bombing

Saat menjalin hubungan dengan seseorang, tentu komunikasi menjadi faktor yang sangat penting. Untungnya, kini terdapat begitu banyak pilihan aplikasi social messenger yang memungkinkan Anda dalam berkomunikasi tanpa mengenal jarak dan waktu. Nah, saat mengirimkan suatu chat atau pesan, Anda pasti akan mengharapkan balasan. Namun, bagaimana jika balasan yang ditunggu tak kunjung datang, padahal Anda tahu kalau sang penerima pesan sudah membaca isi chat? Hmm, sepertinya Anda mengalami R-Bombing, nih!

Apa Itu R-Bombing?

Apakah Anda pernah membaca chat yang dikirimkan seseorang lalu sengaja mengabaikan dan tidak membalasnya? Jika pernah, artinya Anda juga sudah pernah melakukan R-Bombing, lho! Sesuai namanya, R-Bombing merupakan istilah yang diberikan ketika Anda telah membaca pesan seseorang, namun sengaja mengabaikannya alias cuma di-read.

Mayoritas aplikasi social messenger seperti WhatsApp, Line, iMessage, bahkan Instagram, memiliki tanda pemberitahuan mengenai pesan yang Anda kirim sudah dibaca atau belum oleh sang penerima. Oleh karena itu, saat seseorang melakukan R-Bombing, Anda tahu pasti bahwa orang tersebut sudah membaca namun tak kunjung membalas pesan. Dalam hubungan, R-Bombing dapat memberikan arti negatif. Pasalnya, jika Anda berada di pihak yang menerima R-Bombing, tentu Anda akan bertanya-tanya atau merasa kesal kenapa si dia tak kunjung membalas.

Kenapa Seseorang Melakukan R-Bombing?

Tren R-Bombing

Menerima R-Bombing memang terasa menyebalkan. Namun, selain karena faktor kesibukan yang membuat seseorang lupa atau tak sempat membalas pesan, masih ada beberapa kemungkinan mengapa seseorang melakukan hal tersebut. Apabila Anda masih dalam masa PDKT, mungkin sang gebetan kurang merasa cocok dengan Anda, namun tak berani menyatakannya secara langsung, sehingga ia memilih untuk mengabaikan pesan dan menjauh perlahan. Selain itu, bisa saja gebetan juga tengah ‘jual mahal’ dan ingin melihat reaksi Anda saat ia tidak membalas pesan.

Namun, apabila Anda sudah menjalani hubungan, R-Bombing bisa terjadi karena pasangan sedang kesal atau marah dan butuh waktu, sehingga ia pun memilih untuk tidak membalas pesan ketimbang harus membalasnya dengan kata-kata yang kurang enak karena penuh emosi. Mungkin, juga ia sedang mempraktikkan silent treatment karena Anda melakukan suatu kesalahan atau bisa saja ia berniat memutuskan hubungan, namun tak berani mengungkapkannya secara langsung dan cenderung memilih untuk menghilang.

Menurut psikolog Jocelyn Brewer, pada dasarnya pelaku R-Bombing memiliki masalah dalam berkomunikasi dan menyampaikan apa yang ingin mereka sampaikan, sehingga cenderung memilih diam. Ditambah, mereka mungkin juga merasa takut untuk menghadapi konflik atau argumen.

Baca juga: Gebetan Butuh Waktu Lama untuk Membalas Pesan Anda? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya!

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Mengalami R-Bombing?

Tren R-Bombing

Jika Anda menerima R-Bombing, tentu rasanya tidak enak saat tahu pesan sudah dibaca namun tidak dibalas. Menurut James Preece, seorang dating coach, hal ini dapat berujung pada sikap stalker, di mana Anda terobsesi untuk terus menerus mengecek sosial media untuk melihat apakah sang pelaku R-Bombing sedang online. Semuanya dapat bergantung pada tingkat keseriusan hubungan, Anda bisa menghadapi R-Bombing dengan memberikan kesempatan untuk si dia membalas, memberikan pesan untuk mengingatkan bahwa ia belum membalas pesan, atau cukup lupakan si dia dan move on.

Walaupun banyak yang menyebutnya sebagai tren, nyatanya R-Bombing merupakan suatu hal yang cukup umum ditemukan dalam berbagai jenis hubungan. Namun, sebelum Anda mencapai kesimpulan bahwa seseorang melakukan R-Bombing, jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu bahwa si dia bukan sekadar tak bisa dihubungi, melainkan memang tidak ingin dihubungi.

Baca juga: Gebetan Mendadak Hilang Tanpa Kabar? Tak Apa-Apa, Hadapi Saja Secara Dewasa

PREVIOUS ARTICLE

Jaga Kebersihan Area kewanitaan Selama Menstruasi dengan Memerhatikan 5 Hal Berikut!

NEXT ARTICLE

Sebagai Lanjutan dari #MeToo Movement, #TimesUp Didapuk Menjadi Kampanye Baru yang Disuarakan dalam Golden Globes 2019

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments