ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Tips Sukses Ala Elon Musk yang Bisa Anda Terapkan dalam Karier

Paypal, jasa finansial dan pembayaran online yang telah terjual pada eBay dengan harga USD$1.5 milyar. SpaceX, perusahaan komersil pertama yang berhasil menciptakan reusable rocket dan menghemat biaya peluncuran roket hingga mendapat penghargaan dari NASA. Tesla, perusahaan automotif yang menghadirkan electric sport car dengan penjualan yang memuaskan. The Boring Company, perusahaan yang menawarkan solusi kemacetan dengan membangun terowongan bawah tanah.

Meskipun tampak tidak berkaitan satu sama lain, ada satu persamaan yang dimiliki oleh keempat perusahaan di atas, yaitu seluruhnya sama-sama dimiliki (atau sempat dimiliki untuk Paypal) oleh seorang Elon Musk! Seorang inventor, investor, dan entrepreneur, keempat bisnis ‘raksasa’ di atas bahkan bukan seluruh bisnis yang dimiliki Musk, karena ia juga berpartisipasi dalam bisnis-bisnis lainnya seperti Neuralink dan SolarCity. Penasaran apa tips yang diberikan Elon Musk untuk menjadi sukses? Yuk, lihat di sini!

1. Rajin membaca

Tips Sukses Ala Elon Musk

Meskipun Anda sudah tidak lagi duduk di bangku sekolah, namun jangan sampai Anda berhenti belajar, lho! “Anda tidak mengetahui apa yang tidak Anda ketahui. Namun, Anda menyadari bahwa ada banyak hal di luar sana,” tutur Musk yang menyebutkan bahwa ia gemar membaca ensiklopedia di waktu kecil. Hingga dewasa, Musk tetap melanjutkan kegemarannya membaca. Menurutnya,  membaca buku tidak sama dengan ‘hanya’ mebaca post di sosial media, di mana dari sebuah buku ia bisa mendapatkan inspirasi dan ide-ide baru.

Baca juga: Tantangan yang Dihadapi para Entrepreneur di Tahun Pertama Memulai Usaha dan Tips untuk Menghadapinya

2. Percaya diri dan berani mengambil risiko

Tips Sukses Ala Elon Musk

Terutama untuk Anda yang berkarir sebagai entrepreneur atau memiliki bisnis sendiri, percaya diri dan berani mengambil risiko adalah dua kualitas diri yang wajib dimiliki. Musk juga menuturkan bahwa menurutnya usia muda adalah waktu terbaik untuk menjadi entrepreneur, di mana Anda belum memiliki banyak tanggung jawab (anak, istri, cicilan) sehingga bisa membuat keputusan berisiko lebih mudah.

Namun, tidak hanya mengambil keputusan tanpa dasar, Anda pun harus merasa yakin dengan ide dan keputusan Anda. Seperti bagaimana Musk yakin bahwa bisnis di internet menjanjikan, di masa internet saja masih merupakan hal yang tergolong asing. Anda pun harus tetap memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi dan apakah risiko tersebut sepadan dengan hasil yang mungkin Anda dapatkan.

3. Lihat peluang

Tips Sukses Ala Elon Musk

Industri space dan aeronautics selalu mengikuti cara kerja konvensional selama bertahun-tahun. Alih-alih mengikuti cara kerja ini, Elon Musk melihat peluang bagaimana cara mengurangi biaya peluncuran roket. Ketika Elon Musk memasuki industri ini dengan SpaceX, ia hadir dengan ide reusable rockets atau roket yang bisa digunakan kembali sehingga mendobrak cara kerja konvensional. Inovasi baru yang ia hadirkan ini akhirnya pun menjadi keunggulan utama SpaceX dalam bersaing dengan industri besar lainnya serta membuka peluang-peluang baru dalam bisnisnya.

4. Pantang menyerah

Tips Sukses Ala Elon Musk

Yang namanya bisnis maupun hidup secara umum, tentu tidak akan selamanya berjalan mulus. Namun, yang membedakan antara orang sukses dan tidak adalah bagaimana mereka menanggapi permasalahan yang terjadi. Saat Tesla hampir bangkrut dan tidak mendapat pinjaman dana dari manapun, Musk menggadaikan seluruh hartanya demi perusahaan tersebut dan akhirnya Tesla pun berhasil melewati masa kritis dan kembali jaya. Tidak hanya itu saja, Elon Musk juga terkenal karena jam kerjanya yang cukup ‘gila’. Ia kerap bekerja hingga 100 jam dalam seminggu mengurus perusahaan-perusahaannya.

5. Jangan mengeluh dan fokus pada solusi

Tips Sukses Ala Elon Musk

Disaat banyak orang mengeluhkan kemacetan, Elon Musk justru mencari solusinya. Akhirnya ia pun mendirikan The Boring Company, yang bertujuan mengurangi kemacetan dengan membuat sistem terowongan untuk kendaraan. “Memperhatikan apa yang dikeluhkan orang-orang adalah cara bagus untuk mencari ide inovatif yang sebetulnya dibutuhkan banyak orang,” tutur Musk. Mungkin dari sini Anda pun bisa belajar, ya. Apabila Anda bertemu masalah, alih-alih mengeluh, yuk, coba cari solusinya!

Baca juga: 5 Kutipan Kate Spade Seputar Meraih Kesuksesan yang Bisa Menginspirasi Anda

[Sumber Foto Cover]

PREVIOUS ARTICLE

5 Film Terbaik yang Diperankan Bradley Cooper Selain A Star is Born

NEXT ARTICLE

Berhasil Mendobrak Stereotipe di Dunia Modelling, Berikut 5 Plus Size Model yang Menginspirasi

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

1comment


  • Purwanti purwanti1 week ago

    Follow back donk