ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Jaga Kebersihan Area kewanitaan Selama Menstruasi dengan Memerhatikan 5 Hal Berikut!

Sebagai wanita, Anda mungkin merasa menstruasi adalah saat paling tidak nyaman karena terbatasnya aktivitas dan perubahan kondisi mood yang tak menentu. Tak bisa dipungkiri, terkadang efek samping dari menstruasi turut jadi alasan yang membuat para wanita merasa malas bergerak. Bahkan malas untuk memerhatikan area kewanitaanya. Eits, jangan kelewat cuek, ladies. Saat menstruasi adalah fase di mana area kewanitaaan jadi lebih rentan terpapar bakteri jahat melalui darah haid. Maka itu Anda harus lebih memerhatikan kondisi area kewanitaan dengan memastikan selalu melakukan 5 hal berikut ini selama datang bulan.

Ganti pembalut setiap 4 jam sekali

Hal yang paling ditakutkan para wanita saat menstruasi dan beraktivitas di luar adalah drama ‘tembus’. Jika Anda termasuk orang yang khawatir akan hal ini, berarti Anda pun memiliki perhatian lebih untuk rutin mengganti pembalut saat sudah tidak nyaman. Idealnya pembalut harus diganti 4 jam sekali demi menjaga kehigienisannya. Pembalut yang tidak diganti dalam waktu lama mengakibatkan area kewanitaan menjadi lembap, sehingga rentan mengalami infeksi jamur dan perubahan bakteri dari darah kotor yang berada di pembalut.

Bersihkan area kewanitaan dengan gerakan yang benar

Saat menstruasi area kewanitaan akan terasa lembap dan rentan terkena bakteri. Maka itu Anda perlu tetap rutin membersihkan tubuh agar selalu higienis. Terlebih dalam hal membersihkan area kewanitaan. Pastikan untuk mencuci dan melakukan pembersihan dengan gerakan dari arah depan ke belakang. Gerakan ini jauh lebih efektif dan higienis dibandingkan Anda membersihkan dengan gerakan dari belakang ke depan, di mana kuman dan kotoran dari anus akan terbawa ke area vagina.

Hindari penggunaan sabun atau produk pembersih vagina

Apakah selama ini Anda berpikir jika membersihkan area kewanitaan dengan sabun atau produk pembersih adalah ide yang benar? Belum tentu. Menggunakan sabun atau produk pembersih lainnya justru dapat menghambat proses alami yang akan turut membunuh bakteri baik di area kewanitaan. Padahal bakteri baik memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan pH area vagina di angka 3.5 – 4.5. Maka itu untuk membersihkan area kewanitaan ada baiknya Anda cukup menggunakan air bersih yang mengalir, tanpa menambahkan produk pembersih kewanitaan lainnya.

Buanglah pembalut dengan benar

Membuang pembalut dengan benar adalah langkah penting menjaga kehigienisan menstruasi. Jika Anda membungkus dan membuangnya dengan benar, bakteri dan infeksi yang ada pada pembalut tidak akan menyebar. Hal terpenting lain yang harus diperhatikan adalah, jangan lupa untuk mencuci tangan setelah membungkus dan membuang pembalut karena mungkin Anda menyentuh area yang ternoda saat membungkusnya.

Hindari menggunakan dua pembalut sekaligus

Hari pertama dan kedua merupakan hari dimana ‘aliran deras’ datang. Kebanyakan wanita mencari solusi dengan memakai dua pembalut sekaligus agar tidak ‘tembus’. Hal ini adalah ide yang sangat buruk karena dapat menyebabkan infeksi di area kewanitaan. Hal ini terjadi karena saat memakai dua pembalut Anda akan merasa lebih aman sehingga lupa untuk ruti mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Maka itu hindari menggunakan dua pembalut, agar Anda selalu teringat untuk rutin mengganti pembalut saat sudah lembap.

Baca juga: Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasi dan Aplikasi Untuk Mencatatnya

Sumber cover

PREVIOUS ARTICLE

Sepenggal Kisah di Balik Tulola Jewelry, Bisnis Perhiasan Happy Salma yang Lahir dari Hati

NEXT ARTICLE

Si Dia Tak Kunjung Membalas Pesan yang Anda Kirimkan? Bisa Jadi Anda Tengah Mengalami R-Bombing

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments