Lifestyle

5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

Kalau membicarakan lemak, pasti banyak di antara Anda yang menghubungkannya dengan kegemukan. Hmm, padahal lemak tidak hanya menjadi penyebab meningkatnya berat badan kok. Lemak dalam tubuh juga berguna untuk melarutkan mineral dan vitamin. Tanpa lemak, nutrisi penting bagi tubuh tidak dapat diserap secara sempurna. Tetapi, kadar lemak dalam tubuh yang berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan. Kadar lemak yang berlebih akan menyebabkan penyumbatan pada peredaran darah, obesitas, serta gagal jantung. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengurangi konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak. Ini cara mudahnya!

1. Batasi Kuning Telur

5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

Rasa kuning telur memang gurih. Namun, tahukah Anda? Kandungan kuning telur sangat kaya akan kadar lemak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk mengurangi risiko penyakit, coba kurangi konsumsi kuning telur. Tak perlu dihentikan sama sekali, Anda cukup memberi batasan. Kalau ada hidangan telur mata sapi, konsumsi bagian putih telurnya saja yang kaya protein. Cicipi kuning telurnya sesekali saja.

2. Atur Porsi Makan

Mengurangi kadar lemak dalam makanan juga dapat dilakukan dengan cara mengurangi porsi makan. Semakin banyak jumlah makanan yang Anda konsumsi, semakin tinggi pula kadar lemak yang diperoleh. Tips ini bisa dilakukan jika Anda tak begitu mengetahui makanan apa saja yang banyak mengandung lemak. Jadi, saat Anda makan nasi goreng atau nasi uduk, pilih lauk secukupnya saja ya.

3. Akali Penggunaan Minyak Goreng

5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

Penggunaan minyak goreng saat memasak bisa memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika Anda sering memasak dengan minyak goreng yang sangat banyak hingga makanan terendam. Unutk menghindari penumpukan lemak, coba takar terlebih dahulu minyak goreng yang Anda butuhkan sebelum memasak. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memasak dengan menggunakan wajan anti-lengket, agar minyak yang terpakai menjadi lebih sedikit.

Baca juga : Sedang Diet Tapi Tetap Gagal Menurunkan Berat Badan? Hindari 7 Kesalahan Ini

4. Kurangi Bahan Makanan Yang Berlemak Tinggi 

Saat akan memasak, cobalah terlebih dahulu mengurangi porsi bahan yang mengandung kadar lemak tinggi. Untuk menambal pengurangan porsi ini, tambahkan bahan lain seperti sayuran hijau.v Contohnya, saat Anda akan memasak daging dengan brokoli, usahakan porsi dari daging lebih sedikit dari porsi brokoli yang akan Anda masak. Anda juga bisa browsing untuk mencari tahu makanan apa saja yang berlemak tinggi. Print hasil temuan Anda sebagai pengingat.

5. Memasak Dengan Cara Dipanggang dan Dikukus

5 Tips Mudah Mengurangi Kadar Lemak Dalam Makanan

Masakan tidak selalu harus digoreng. Anda juga dapat memasak dengan cara memanggang atau mengukus. Contoh mudahnya, Anda bisa memasak ikan dengan mengukusnya sebagai pepes atau juga memanggangnya. Tak hanya nikmat, masakan yang dipanggang atau dikukus juga memiliki kadar lemak yang lebih rendah.

Baca juga : ‘Bersihkan’ Tubuh Menjelang Bulan Puasa Dengan Melakukan Diet Berikut

PREVIOUS ARTICLE

Hati-Hati, Anda Ternyata Bisa Lebih Boros Saat Bulan Ramadan! Ini Penyebabnya

NEXT ARTICLE

3 Strategi Sederhana Agar Anda Bisa Lebih Hemat di Bulan Ramadan

RELATED ARTICLES

comments