Lifestyle

Yuk, Poles Profil LinkedIn Supaya Anda Cepat Direkrut Perusahaan Besar!

Sudah punya profil LinkedIn? Sepertinya belum banyak yang tahu kalau jaringan sosial ini tak hanya bisa membantu kelancaran karier para profesional, tapi cukup efektif juga untuk mahasiswa yang ingin kariernya sukses setelah lulus kuliah dan freelancer yang ingin terhubung dengan perusahaan. Agar profil LinkedIn Anda bisa maksimal dalam membantu pengembangan karier, jangan hanya mengisinya dengan copy paste dari CV. Profil ini perlu dipoles dan terus diperbarui agar tidak kalah bersaing dengan jutaan profil lain. Untuk Anda yang baru pertama kali membuat, lihat cara mengemas profil LinkedIn berikut agar makin menarik minat perusahaan besar.

1. Personalisasi Headline dan URL

Profil LinkedIn

Hal paling pertama yang dilihat oleh perusahaan dan koneksi bisnis lain saat membuka profil LinkedIn Anda adalah headline. Nah, bagian ini harus ditulis semenarik mungkin. Anggap headline sebagai ringkasan profesi, jadi tambahkan beberapa hal yang sering dicari oleh perekrut karyawan, seperti gelar dan buzzword dalam bidang karier yang Anda jalankan. Setelah itu, sesuaikan URL yang ada di bawah headline untuk meningkatkan peluang profil Anda muncul di hasil pencarian dan mempermudah orang lain untuk menemukan profil LinkedIn Anda. Punya URL yang unik juga akan terlihat lebih profesional di signature email dan kartu nama kan?

2. Update Status  

Maksudnya bukan update status seperti di Facebook ya, tapi update pencapaian dan progress kerja. Hal ini bisa berupa promosi, project baru, atau berbagi artikel yang Anda tulis. Profil LinkedIn yang aktif dan selalu update menunjukkan kalau Anda adalah orang yang aktif dan tidak pernah kehabisan ide.

Baca Juga: 5 Jurus Jitu yang Akan Membuat Interview Kerja Anda Berakhir Sukses

3. Cari Tahu ‘Harga’ Anda

Sering bingung kalau ditanya berapa ‘harga’ dari skill dan pengalaman kerja yang Anda miliki? Tenang, dengan Salary Tool dari LinkedIn, Anda bisa melihat gambaran pemasukan potensial sekaligus melihat karier yang memberikan bayaran terbaik. Dengan menggunakan data dari 460 juta lebih member LinkedIn, Anda bisa melihat faktor yang menentukan besaran gaji, serta lokasi, industri, dan perusahaan yang memberikan gaji paling tinggi. Semua informasi itu pasti sangat berguna untuk membantu Anda membuat keputusan karier yang lebih baik kan?

4. Bergabung di Grup LinkedIn

Ayo bergabung dengan LinkedIn Groups yang sesuai dengan industri di bidang karier Anda, lalu mulai berpartisipasi aktif dalam diskusi atau berbagi artikel yang relevan dengan anggota grup lain. Selain membuat profil LinkedIn dikenal lebih banyak perusahaan dan koneksi bisnis, Anda juga bisa segera tahu kalau ada lowongan kerja menarik yang dibuka.

5. Rilis Artikel di LinkedIn Pulse

Platform penulisan ini bisa jadi sarana Anda untuk ‘pamer’ pengetahuan dan dikenal banyak orang, lho. Tool editornya sederhana dan sangat mudah untuk dinavigasi, jadi Anda bisa fokus menulis artikel autentik yang berhubungan dengan bidang keahlian Anda. Lengkapi artikel dengan foto, video, presentasi, dan dokumen untuk meningkatkan kredibilitas dan menyediakan bukti nyata dari pengalaman Anda.

Baca Juga: Kelas Online: Cara Cerdas Upgrade Diri Untuk Karier Yang Lebih Baik

PREVIOUS ARTICLE

Gampang ‘Baper’? Coba Deh Singkirkan Mindset Ini Dengan Tips Berikut

NEXT ARTICLE

Jangan Pernah Menyerah! Inilah Pesan Utama dari 5 Kisah Inspiratif Tokoh Dunia Berikut

RELATED ARTICLES

comments