Lifestyle

Punya Jadwal Interview Pekerjaan Melalui Video Call? Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini

Untuk memasuki dunia kerja, langkah awal yang harus Anda hadapi adalah interview. Proses ini bisa menjadi hal yang menegangkan, terlebih bagi Anda yang masih awam atau  fresh graduate. Selain melakukan interview tatap muka, akhir-akhir ini proses interview melalui video call mulai banyak dilakukan berbagai perusahaan. Umumnya para HR (human resources) memilih wawancara via video call karena cara ini dianggap lebih praktis, tidak memakan waktu lama, dan hemat biaya. Selain itu, khusus perusahaan yang memiliki banyak cabang, proses rekrut karyawan via video call jadi lebih efektif karena memungkinkan pemimpin kantor pusat untuk ikut melakukan wawancara. Kalau proses interview via video call sudah biasa dilakukan perusahaan, lain halnya dengan calon karyawan. Masih banyak yang awam sehingga sering gagal memberi kesan baik saat proses interview. Agar interview berjalan lancar dan Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian, coba simak berbagai tips berikut ini.

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Dalam melakukan interview melalui video call, koneksi internet merupakan hal vital yang wajib Anda perhatikan. Tidak ada salahnya untuk memeriksa kembali kelancaran koneksi di hari H interview Anda. Jika mengandalkan koneksi via smartphone, pastikan kuota Anda mencukupi, ya. Jangan lupa juga untuk memeriksa perlengkapan pendukung lain seperti earphone atau speaker.

2. Perhatikan Penampilan Anda

Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, bukan berarti Anda menomorduakan penampilan. Selain mengaplikasikan makeup yang natural, jangan lupa untuk memerhatikan pakaian yang Anda kenakan. Pastikan penampilan Anda tetap terlihat sopan dan rapi, ya. Hindari penggunaan perhiasan yang berlebihan, apalagi aksesori yang bisa memberikan efek silau saat terkena cahaya.

baca juga :  5 Kesalahan Dandanan yang Sering Dilakukan Saat Interview Kerja

3. Atur Pencahayaan

Perhatikan pencahayaan di area yang Anda gunakan untuk sesi interview. Hal ini akan membantu pewawancara untuk bisa melihat wajah Anda secara jelas. Jangan ragu untuk melakukan video call latihan dengan cara menghubungi teman atau saudara agar Anda bisa melakukan koreksi jika pencahayaan masih tampak kurang atau terdapat bayangan yang mengganggu. Untuk memberi kesan glowing, pastikan terdapat pencahayaan yang baik di bagian sisi kiri, kanan maupun belakang Anda.

4. Pilih Lokasi yang Nyaman dan Bebas dari Gangguan

Lokasi yang Anda gunakan juga perlu untuk diperhatikan, nih. Coba pilih ruangan yang membuat Anda bisa merasa nyaman dan bebas untuk berbicara. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan latar belakang ruangan, ya. Para interviewer akan melihat apa yang ada di belakang Anda, jadi sebaiknya pilih area yang aman seperti tembok atau area yang bebas dari gangguan lalu-lalang orang.

5. Persiapkan Berbagai Dokumen yang Diperlukan

Sama seperti melakukan wawancara tatap muka, sebelum sesi interview berlangsung, Anda harus memeriksa semua dokumen yang diperlukan, seperti portofolio dan CV. Pastikan semua dokumen penting ini sudah diletakkan di dekat Anda. Kalau Anda termasuk orang yang mudah gugup, sesi interview via video call bisa jadi keuntungan tersendiri, nih. Salah satunya Anda bisa meletakkan beberapa contekan di tempat yang bisa terlihat oleh pandangan mata Anda tapi tidak tertangkap kamera. Hal ini akan sangat membantu dalam menjawab pertanyaan sehingga jawaban Anda akan  terdengar lancar dan lugas. Namun, tetap perhatikan juga kontak mata dengan para interviewer.

Baca Juga: 5 Jurus Jitu yang Akan Membuat Interview Kerja Anda Berakhir Sukses

PREVIOUS ARTICLE

Sering Melewatkan Sarapan Bisa Jadi Penyebab Tubuh Cepat Lemas, Lho!

NEXT ARTICLE

Jangan Terjebak Hubungan Palsu! Inilah Tanda Anda Harus Putus Dengan si Dia

RELATED ARTICLES

comments