Lifestyle

5 Tips Hemat Ala Anak Kost Agar Uang Saku Bertahan Sampai Akhir Bulan

Ada yang bilang, anak kost yang sedang tak punya uang adalah manusia paling kreatif sedunia. Mereka bisa berimprovisasi dan menciptakan banyak ide kreatif demi bisa bertahan hidup sampai uang saku selanjutnya ditransfer orangtua. Setuju tidak? Memang sih, meski rasanya sudah sangat berhemat, uang bulanan yang dikirim orang tua seperti tak pernah cukup. Jadi, daripada Anda mati gaya sampai akhir bulan, coba deh 5 tips hemat ala anak kost ini.

1. Pinjam Buku

Tips Hemat

Apa dosen mengharuskan Anda untuk membaca buku tertentu atau Anda sedang perlu buku referensi untuk mengerjakan tugas? Harga buku baru yang terkadang tidak murah pasti bikin Anda berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang. Jangan khawatir, Anda bisa siasati dengan alternatif yang lebih hemat seperti membeli buku second, berbagi dengan teman di kelas sebelah, meminjam ke kakak kelas atau perpustakaan, atau mengunduh versi e-book di internet. Dijamin, tugas kuliah lancar dan dompet tetap aman.

Baca Juga: Yuk, Persiapkan Dana Darurat Mulai Sekarang. Ini Alasannya

2. Manfaatkan Gratisan dan Diskon

Ini nih kata yang paling dicari oleh anak kuliah yang sedang berhemat: gratisan dan diskon. Mau tahu apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk berhemat? Yang pertama adalah Wi-Fi gratis di perpustakaan kampus, taman kota, warnet, atau tempat makan atau ngopi. Lalu, Anda bisa memanfaatkan promo makanan ‘Beli 1 Gratis 1’. Anda bisa patungan dengan teman atau disimpan sebagian untuk waktu makan selanjutnya. Yang terakhir (ini kalau sedang kepepet banget ya), Anda bisa mampir ke toko roti atau kue di atas jam 8 malam dan cari bagian makanan yang sedang didiskon. Biasanya, ada beberapa menu yang harus habis pada hari itu juga. Diskonnya pun bisa sampai 70% lho. Menu ini tetap aman untuk dikonsumsi kok, asalkan Anda menyantapnya pada hari yang sama juga.

3. Masak Sendiri

Uang bulanan Anda habis karena kebanyakan jajan di luar? Sudah saatnya Anda mulai belajar masak sendiri, apalagi kalau di tempat kost ada dapur lengkap untuk memasak. Ajak teman satu kost untuk patungan belanja bahan, dan setiap hari saling bergantian untuk memasak. Jangan ragu kalau tak bisa memasak. Sekarang sudah banyak bumbu instan yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan. Anda juga bisa contek tutorial masak di YouTube juga kan?

Baca Juga: Sering Stres di Tanggal Tua? Tidak Lagi dengan 5 Tips Ini

4. Jangan Malu Makan di Kaki Lima

Pengeluaran harian terbesar anak kost itu adalah makanan. Jadi, bagaimana uang saku mau bertahan sampai akhir bulan kalau setiap makan selalu mampir ke restoran atau kafe? Tidak perlu gengsi untuk makan di kios kaki lima, warteg, atau kedai makan. Selain irit di kantong dan rasanya tidak kalah enak, seringkali porsinya yang besar bisa cukup untuk dua orang. Anda bisa sekalian patungan dengan teman atau minta dibungkus.

5. Hasilkan Uang Sendiri

Tips hemat ini lebih keren lagi. Tak hanya berhemat, Anda bisa sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan, pengalaman kerja, dan juga teman baru. Ada tiga alternatif yang bisa Anda coba, misalnya jadi pekerja part-time atau paruh waktu di toko buku, kafe, bakery, atau tempat usaha lain. Atau, Anda bisa menjadi freelancer atau pekerja lepas. Cari proyek yang sesuai dengan skill Anda, seperti menulis, membuat desain, mengerjakan proyek akunting, membuat web, atau lainnya. Waktu kerjanya juga fleksibel, yang penting Anda bisa memenuhi deadline dari klien. Yang terakhir, Anda bisa menjalankan bisnis sendiri. Agar tak mengganggu jadwal kuliah, sebaiknya gunakan sistem dropship atau reseller.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Seru Ini Agar Anda Lebih Produktif Dalam Memanfaatkan Waktu Luang

 

Sudah coba semua tips hemat di atas tapi uang saku masih tidak cukup? Coba deh catat pola pengeluaran Anda setiap bulan, untuk tahu apa sebenarnya yang bikin dompet bocor. Selamat berhemat!

PREVIOUS ARTICLE

Habis Makan Siang Kok Malah Mengantuk Ya? Hmm, Coba Atasi Dengan 5 Tips Ampuh Ini

NEXT ARTICLE

Ini 5 Hal yang Biasa Dilakukan Wanita Sukses Dalam Memulai Hari

RELATED ARTICLES

comments