ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Lifestyle

Mau Traveling Hemat? Yuk, Mulai Hemat Anggaran Makan saat Liburan dengan 5 Tips Berikut!

Aktivitas berlibur biasa dilakukan untuk mendapatkan pengalaman maupu suasana baru. Tapi selain memikirkan soal biaya utama seperti transportasi dan penginapan, Anda juga perlu memikirkan soal anggaran makan selama liburan. Terlebih bagi Anda yang gemar berlibur ala ‘ransel’, jika tidak hati-hati anggaran makan bisa membengkak dan membuat Anda menjadi boros. Nah agar liburan tetap hemat tanpa menyiksa perut dan Anda masih bisa mencicipi makanan khas wilayah setempat, sebaiknya lakukan 5 tips berikut, yang dapat membantu meringankan beban pengeluaran. Apa saja?

 

Menyusun Anggaran Uang Makan

Menghemat Uang Makan Saat Liburan

Supaya dapat menghemat uang makan, Anda harus dapat menyusun budget liburan dengan bijak. Anggaran keuangan untuk makan selama liburan yang tidak diatur akan membuat pengeluaran untuk makan menjadi tidak terkontrol dan boros. Menyusun anggaran uang makan selama traveling akan membuat Anda bisa mengatur jumlah uang yang dikeluarkan dalam sehari atau sekali makan. Dengan begitu, pengeluaran selama liburan bisa diatur dan disesuaikan dengan anggaran lain, seperti untuk akomodasi dan transportasi. 

Baca Juga: Kata Siapa Liburan Bikin Boros? Coba Lakukan Ini Agar Gaji Anda Tak Terkuras Habis Untuk Traveling

Cari Info Tentang Promo Tempat Makan

Menghemat Uang Makan Saat Liburan

Sebelum berlibur dan mengunjungi suatu tempat, alangkah baiknya jika Anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai tempat makan yang ada disana. Anda bisa memilih tempat makan yang harganya relatif terjangkau. Untuk tahu hal ini Anda bisa mengikuti forum traveling, atau melihat hasil liburan para travel blogger yang pernah menyambangi destinasi wisata tersebut. Selain itu, Anda bisa mencari tempat makan di daerah setempat yang sedang mengadakan promo atau menawarkan voucher diskon. Bisa lebih menghemat uang makan saat liburan, deh!

Maksimalkan Fasilitas Penginapan

Jika memilih tinggal di hotel, sebaiknya pilih kamar yang menyediakan fasilitas sarapan, meskipun biasanya harga kamar dengan sarapan sedikit lebih mahal, tapi hal ini cukup efektif untuk menekan biaya makan jika Anda harus membeli lagi di tempat lain. Selain itu jika Anda memilih tinggal di hostel, pastikan tempat tersebut memiliki fasilitas dapur agar Anda bisa membuat makanan sendiri dengan menu sederhana. Kalau sebelum berangkat beraktivitas perut sudah terisi penuh, Anda jadi tidak gampang lapar mata, kan?

Mengatur Jadwal Makan

Menghemat Uang Makan Saat Liburan

Saat liburan terkadang jadwal makan bisa berubah bahkan menjadi tidak teratur. Selain untuk menghemat uang makan, mengatur jadwal makan selama liburan akan membantu agar kesehatan tetap terjaga dan tidak gampang sakit. Terutama bagi Anda yang sedang diet, makan sesuai jadwal yang sudah ditentukan akan membuat diet yang Anda sedang jalani tetap berjalan lancar.

Pengaturan jadwal makan juga berlaku saa Anda ingin mencicipi makanan setempat. Sebaiknya pilih satu waktu makan jika ingin mencoba kuliner di wilayah setempat. Misal Anda memilih waktu makan malam sebagai waktu yang tepat untuk melakukan wisata kuliner. Maka saat sarapan dan makan siang, Anda cukup makan dengan menu sehari-hari yang praktis dan terjangkau.

Menyiapkan Makanan Ringan yang Praktis dan Mengenyangkan

Menghemat Uang Makan Saat Liburan

Sudah makan kenyang, tetapi merasa lapar lagi sebelum jadwal makan berikutnya? Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiapkan makanan ringan yang praktis dan mengenyangkan seperti roti, snack bar, dan coklat. Selain tidak repot dibawa selama traveling, snack praktis ini bisa membantu Anda menahan lapar. Jika saat traveling Anda perlu menempuh perjalanan yang jauh atau sekadar berjalan berkeliling di area wisata, makanan ringan ini akan menyelamatkan dari rasa lapar dan tidak perlu bingung untuk membeli makan sebelum jadwal makan yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Sering Traveling Ala Backpacker? Perhatikan 5 Tips Ini Supaya Nggak Gampang Sakit Saat Liburan

Mencoba Makanan Khas Tidak Harus Mahal

Menghemat Uang Makan Saat Liburan

Selain mengunjungi tempat yang menarik, Anda juga pasti tertarik untuk berwisata kuliner dan mencicipi makanan khas daerah setempat. Namun terkadang ada tempat makan yang menawarkan menu makanan khas dengan harga yang relatif mahal. Untuk menghindari terjebak di tempat makan yang menawarkan harga ‘selangit’, sebaiknya Anda sudah mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi tempat makan yang harganya terjangkau. Alih-alih mencicipi restoran yang dikenal sebagai tujuan wisatawan, makan layaknya warga lokal malah jauh lebih hemat. Anda bisa bertanya pada pemilik penginapan atau warga sekitar mengenai tempat makan favorit warga lokal, dengan begitu Anda tetap bisa berhemat sambil menikmati penganan khas wilayah tersebut.

Baca Juga: Ingin Berkunjung ke Kota Gudeg? Simak Tips Traveling Murah ke Yogyakarta Berikut Ini

PREVIOUS ARTICLE

Kisah yang Dialami 5 Tokoh Sukses Ini Jadi Bukti kalau Kegagalan Bukanlah Akhir dari Segalanya

NEXT ARTICLE

Sering Mengalami Mimpi Buruk? Waspada Masalah Kesehatan Berikut Ini!

RELATED ARTICLES

comments