Lifestyle

Habis Makan Siang Kok Malah Mengantuk Ya? Hmm, Coba Atasi Dengan 5 Tips Ampuh Ini

Seringkah Anda merasa mengantuk setelah makan siang? Kok bisa begitu ya? Logikanya sih, setelah makan, tubuh memperoleh energi baru, tapi mengapa efek yang ditimbulkan malah mengantuk? Ternyata, menurut beberapa penelitian, timbulnya rasa kantuk setelah makan disebabkan reduksi oksigen yang diserap tubuh ketika anda kekenyangan. Nah, akibatnya sistem pencernaan menjadi terganggu. Darah jadi miskin oksigen dan pasokan enzim pencernaan jadi berkurang. Hal ini membuat proses pencernaan jadi melambat yang pada akhirnya berujung pada rasa kantuk yang timbul. Untuk mencegah kebiasaan mengantuk setelah makan siang ini, coba 5 tips ampuh ini ya.

1. Perhatikan Jenis Makanan

Timbulnya rasa kantuk bisa disebabkan asupan makanan Anda. Beberapa jenis makanan manis atau yang terbuat dari tepung, seperti produk roti atau pasta, menyebabkan gula di dalam darah meningkat lebih tinggi dari biasanya. Itu sebabnya, rasa kantuk timbul setelah Anda mengonsumsi makanan-makanan ini. Ada baiknya, Anda mengganti menu tersebut dengan makanan berupa sayuran hijau, ikan, ayam, kacang-kacangan, atau biji-bijan.

2. Konsumsi Camilan Sehat

Menjelang sore, kantuk biasanya datang menyerang dan rasanya memang tak tertahankan. Untuk mencegah konsentrasi terpecah, coba konsumsi camilan sehat menjelang untuk meningkatkan energi tubuh. Tahan nafsu Anda agar tidak tergoda pada makanan yang kurang sehat seperti cokelat atau makanan cepat saji lainnya. Cobalah konsumsi buah-buahan, biskuit berlapis keju rendah lemak, atau semangkuk kacang almond.

3. Olahraga Ringan

Tubuh bisa mengantuk karena mungkin saja kegiatan Anda cenderung monoton: duduk lama di balik meja. Coba yuk untuk melakukan olahraga ringan, karena hal ini ternyata mampu membuang kalori yang ada dan memperlancar aliran darah sehingga rasa kantuk akan lebih berkurang. Tak perlu mencuri-curi waktu untuk pergi ke gym. Anda bisa kok melakukan olahraga ringan seperti jalan santai keliling kantor atau gunakan tangga naik-turun beberapa kali.

Baca Juga: Tak Punya Waktu Untuk Nge-gym? Coba Lakukan 7 Gerakan Workout Berikut di Rumah!

4. Power Nap

Jika kantuk melanda dan tak ada yang bisa Anda perbuat untuk mencegahnya, tidur saja! Jangan dipaksa untuk bekerja, biarkan energi tubuh bisa kembali normal. Berdasarkan penelitian, power nap atau tidur sejenak akan menyingkirkan kantuk sekaligus memberi tubuh untuk mengumpulkan energi. Untuk mengantisipasi lamanya waktu tidur, Anda dapat memasang alarm. Setelah itu, minumlah air putih dan lakukan gerakan ringan untuk membuat tubuh benar-benar segar.

5. Sarapan Pagi

Hal yang paling sering dilupakan banyak orang adalah sarapan pagi. Begitu banyak alasan agar bisa melewatkan sarapan, seperti malas menyiapkan sarapan dan ingin kurus. Padahal nih, sarapan pagi sangat penting sebagai sumber energi dalam memulai aktivitas sepanjang hari. Jika Anda cepat mengantuk dan merasa kurang fokus di pagi hari, itu bisa saja disebabkan karena energi yang tak terisi dengan baik. Lagipula, melewatkan sarapan bisa membuat Anda kalap saat makan siang lho.

Baca Juga: Terungkap! Ini Kebiasaan Makan Wanita Jepang Yang Membuat Tubuh Tetap Langsing

PREVIOUS ARTICLE

Jangan Pernah Menyerah! Inilah Pesan Utama dari 5 Kisah Inspiratif Tokoh Dunia Berikut

NEXT ARTICLE

5 Tips Hemat Ala Anak Kost Agar Uang Saku Bertahan Sampai Akhir Bulan

RELATED ARTICLES

comments