Guide

Gemar Berolahraga di Malam Hari? Ini Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Bangun tidur, lari pagi, sarapan, dan berangkat ke kantor. Terdengar seperti rutinitas yang sempurna bukan? Namun, kenyataannya tidak semua orang punya waktu untuk berolahraga di pagi hari. Entah karena telat bangun, atau karena merasa energinya keburu habis, banyak juga wanita yang memilih untuk berolahraga di malam hari. Apa Anda termasuk salah satunya? Jika Anda lebih senang berolahraga di luar ruangan saat malam hari, ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar lebih nyaman dan aman.

Hindari Mendengarkan Musik dengan Earphone

Berolahraga di Malam Hari

Meskipun terbukti dapat meningkatkan usaha dan efisiensi workout seseorang, musik juga dapat menjadi sebuah distraksi. Apalagi jika Anda mendengarkan musik dalam volume kencang menggunakan earphone. Bisa-bisa, Anda jadi tidak sadar dengan lingkungan sekitar! Ini tentu berbahaya bagi Anda yang melakukan workout di lingkungan ramai kendaraan karena bisa saja Anda tidak mendengar suara kendaraan yang mendekat. Kalaupun Anda berolahraga di lingkungan yang sepi, Anda juga bisa menjadi tidak sadar jika Ada orang jahat yang mengejar. Pastikan Anda selalu peka dengan lingkungan sekitar guna mencegah terjadinya hal tidak diinginkan.

Pilih Lokasi yang Ramai dan Aman

Berolahraga di Malam Hari

Saat memilih untuk berolahraga di malam hari, pastikan Anda memilih lokasi yang aman dan cenderung ramai, ya! Anda bisa memilih jalur lari yang sudah Anda hafal, seperti di komplek perumahan dan komplek apartment. Atau, jika ingin lebih ramai lagi, sekalian saja berolahraga di area olahraga seperti Gelora Bung Karno, misalnya. Selain memilih lokasi berolahraga yang aman, Anda juga bisa berolahraga bersama teman-teman atau pasangan Anda. Ini bisa menyelamatkan Anda dari orang-orang yang memiliki niat buruk.

Baca juga: Mau Awet Muda? Mulai Sekarang, Yuk Mulai Berolahraga Dengan Lari Secara Rutin

Pilih Pakaian Olahraga dengan Warna yang Cerah

Berolahraga di Malam Hari

Peralatan olahraga, baik itu pakaian ataupun sepatu, sering kali hadir dalam warna-warna neon yang cerah. Kalau Anda berpikir ini hanyalah tren, pikiran Anda kurang tepat. Pakaian olahraga dengan warna yang cerah akan membuat Anda lebih mudah terlihat di malam hari. Tentunya hal ini penting bagi Anda yang gemar melakukan olahraga lari di taman ataupun trotoar jalan saat malam hari. Gunakan pakaian atau aksesori yang bersifat reflektif pada area tubuh yang banyak bergerak, seperti kepala, pergelangan tangan, siku, atau pergelangan kaki agar para pengendara sadar dengan keberadaan Anda.

Lakukan Pemanasan di Luar Ruangan

Berolahraga di Malam Hari

Melakukan pemanasan sebelum olahraga adalah hal yang penting guna mencegah terjadinya cedera. Nah, jika Anda berencana untuk berolahraga di luar ruangan saat malam hari, Anda sebaiknya melakukan pemanasan di luar ruangan juga. Hal ini berfungsi agar penglihatan Anda dapat menyesuaikan dirinya dengan suasana malam yang gelap. Sediakan waktu untuk melakukan pemanasan setidaknya 15-20 menit.

Baca juga: Gabriele Grunewald, Tetap Semangat Menjadi Atlet Lari Meski Kanker Terus Menggerogoti Tubuhnya

Selalu Siap untuk Keadaan Darurat

Berolahraga di Malam Hari

Kita tidak pernah tahu kapan hal buruk akan datang. Oleh karena itu, selalu siapkan diri Anda untuk keadaan darurat, ya! Hanya membawa handphone dengan baterai yang penuh saja tidak cukup, lho! Anda juga perlu membawa uang, tanda pengenal, dan kontak yang bisa dihubungi saat terjadi hal-hal darurat yang menimpa Anda. Ini akan sangat membantu orang sekitar, polisi, atau paramedis yang hendak menolong Anda.

Baca juga: Mager Bergerak di Pagi Hari? Coba Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan pada Malam Hari Ini

PREVIOUS ARTICLE

Dianggap Sudah Ketinggalan Jaman, Berikut Berbagai Aturan saat Kencan yang Tak Perlu Lagi Anda Ikuti

NEXT ARTICLE

Perut Rata Bukan Sekadar Impian! Yuk, Ikuti 5 Kunci Melakukan Gerakan Plank Agar Hasilnya Lebih Maksimal

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

2comments


  • Nada Gunawan1 month ago

    Masalahnya... Kalau udah malem pasti mager olahraga wkwkwk

  • Erika Risky Anggreani1 month ago

    Sering banget olahraga malam hari