ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Inspiration

Ini Nih, Tempat Makan Legendaris di Jakarta yang Wajib Dicoba para Pencinta Kuliner

Kuliner kekinian boleh datang dan pergi, tapi bagi penggemar kuliner sejati biasanya menu makanan legendaris selalu diburu dan dinanti. Nah, bagi Anda penggemar kuliner di wilayah Ibu kota Jakarta, tentu belum lengkap pengalaman kuliner Anda, kalau belum mencoba 5 menu makanan legendaris ini. Selain mampu bertahan dari berbagai gempuran menu kekinian, cita rasanya juga tetap terjaga hingga membuat pelanggan selalu datang lagi dan lagi. Selain menikmati hidangannya, Anda juga bisa melihat potongan sejarah yang menarik untuk diketahui. Apa saja menu kuliner legendaris tersebut? Yuk simak di sini.

1. Gado-Gado Bonbin

Walaupun berada di gang sempit dengan meja dan kursi seadanya, nyatanya Gado-gado Bonbin yang berlokasi di Jalan Cikini IV ini tetap digilai dan digandrungi penggemarnya. Kuliner yang satu ini cukup legendaris dan sudah berdiri sejak 1964. Yang bikin beda dari gado-gado kebanyakan, Gado-gado Bonbin memiliki rasa saus kacang yang begitu lezat dengan paduan gurih dan manis yang pas! Untuk urusan harga, Anda sudah bisa menikmati ketoprak legendaris ini dengan menrogoh kocek Rp33.000 untuk satu porsi ketoprak legendaris.

2. Pempek Megaria

Aslinya sih memang dari Palembang, tapi Anda tidak perlu repot-repot menyeberang ke Pulau Sumatera untuk mendapatkan keistimewaan Pempek yang asli. Berada di Komplek Metropole di Jalan Pegangsaan Timur yang memang sudah legendaris dan jadi salah satu cagar buday. Pempek Megaria sudah hadir sejak 1989. Selain rasa yang lezat, tekstur pempek ini juga tergolong empuk di dalam dan renyah di luar. Rasa ikannya benar-benar terasa. Sedangkan kuah cukonya juga menggigit beneran! Anda bisa menikmatinya mulai harga Rp6.000 – Rp24.000 untuk tiap jenis pempeknya.

3. Ketoprak Ciragil

Buat pencinta kuliner Betawi, Anda harus mencoba Ketoprak Ciragil, ladies. Didirikan oleh Haji Tahlani sekitar 1960-an, ketoprak ini hingga sekarang masih digemari oleh warga Jakarta. Berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi (dekat Pasar Santa),  ketoprak ini hanya buka sampai jam 5 sore. Jadi kalau nggak mau kehabisan harus datang sebelum sore, nih.

Keistimewaan dari ketoprak ini adalah variasi telurnya yang banyak mulai dari dadar, rebus sampai asin. Dan pastinya yang bikin beda adalah bumbu saus kacangnya yang pas mulai dari segi kekentalan dan cita rasanya. Urusan harga jangan khawatir, Anda bisa menikmati ketoprak legendari ini mulai dari Rp16.000 sampai Rp30.000, tergantung ukuran yang diinginkan!

4. Es Krim Ragusa

Jalan Veteran termasuk lokasi yang otentik dan bersejarah di Jakarta. Kalau Anda sedang iseng dan ingin pengalaman yang baru dalam menikmati Jakarta, bisa coba menaiki andong dan mengitari Monas sampai ke Gambir melewati Katedral, Istiqlal, lalu mampir ke Veteran. Nah, di wilayah ini ada salah satu spot kuliner legendaris, yaitu Es Krim Ragusa yang sudah ada sejak tahun 1932.

Teknik pembuatannya yang mempertahankan cara lama membuat cita rasa eskrim tidak berubah dan tetap senikmat saat pertama kali dibuat. Rasa susunya yang terasa serta manisnya juga tergolong pas. Untuk kisaran harga, es krim ragusa hadir dalam berbagai pilihan. Mulai dari belasan ribu untuk ukuran cup, hingga menu andalan es krim spaghetti yang dibanderol Rp35.000 per porsi.

5. Nasi Goreng Kebon Sirih

Jangan terkejut jika melihat tampilannya saat mampir ke tempat makan satu ini, ya. Nasi goreng kebon sirih memang kerap dimasak dalam porsi super besar. Beroperasi sejak tahun 1958, nasi goreng ini menjadi jajanan malam yang digemari pencinta nasi goreng di ibukota. Bukan hanya warga Jakarta saja, tapi juga para ekspatriat, lho. Selain lezat, nasi goreng kambing Kebon Sirih juga dikenal tidak berbau. Rasanya gurih dengan porsi yang cukup jumbo sudah bisa Anda nikmati dengan uang Rp30.000.

Nasi Goreng Kebon Sirih ini nggak hanya ada di Kebon Sirih, Menteng tapi juga berbagai wilayah lain seperti Bogor, Pamulang, Bintaro dan Lebak Bulus. Yuk, icip-icip kuliner legendaris di Jakarta ladies!

Baca juga: Rekomendasi Es Kopi di Jakarta dengan Harga di Bawah 20 Ribu Rupiah

PREVIOUS ARTICLE

Tak Selalu Menghabiskan Budget Besar, Ini Tips Honeymoon Hemat yang Bisa Anda Terapkan

NEXT ARTICLE

Mengenal Pistanthrophobia, Fobia yang Membuat Anda Sulit untuk Percaya dengan Orang Lain

RELATED ARTICLES

COMMENTS

10comments


  • Nara Pandan3 months ago

    sudah pernah kesana?

  • Chaca Atmika3 months ago

    w

  • Sylva Aliffina Putri5 months ago

    nice

  • Novita Astry Ani5 months ago

    Nice infoo

  • Erzavin Firzani5 months ago

    nice

  • Fedrik oktafian5 months ago

    es krim ragusa banyak review jelek soal penjaga kedainya, hati2 guys

  • Lydia Kusuma6 months ago

    wah bisa dicoba nih next kalau bgg cari makan :) thankyou infonya!

  • YOSA IRFIANA6 months ago

    Aaaaah dari dulu pengen es krim ragusa blm kesampaian. semoga next ke jakarta aku bisa nyobain es krimnya yang legend :)

  • Istiawati Utami6 months ago

    Mau cobaaaa!

  • Yulia Yasmine6 months ago

    ragusa ?????