Guide

Berat Badan Bertambah dan Anda Susah Fokus? Mungkin Waktu Tidur Anda Penyebabnya!

Saat aktivitas Anda begitu padat, deadline semakin dekat dan tugas yang menumpuk, waktu tidur menjadi hal pertama yang biasanya akan dikorbankan. Daripada tugas tidak selesai, lebih baik begadang saja, deh! Mungkin itulah yang ada di pikiran Anda saat 24 jam sehari tidak terasa cukup. Meskipun begadang, toh Anda merasa baik-baik saja dan tidak menguap terus-terusan atau merasa lelah, kok. Eits, jangan salah! Bisa jadi sebenarnya Anda sedang berada dalam kondisi kurang tidur, tapi tidak menyadarinya, lho! Padahal, efek buruk dari kurang tidur sangatlah banyak, dan tentunya akan mengganggu kesehatan. Coba cek tanda-tanda kurang tidur berikut, yuk!

1. Anda Mengalami Mood Swing

Tanda Kurang Tidur

Merasa lebih sensitif, mudah tersinggung, kesal, atau sedih lebih daripada biasanya? Jika Anda mengalami gejala-gejala mood swing tersebut, bisa jadi penyebabnya adalah waktu tidur Anda yang kurang, lho! Jika kondisi kurang tidur ringan saja dapat menyebabkan Anda lebih sensitif, apalagi jika Anda mengalami kurang tidur berat setelah begadang berhari-hari. Pastinya mood Anda sudah berantakan dan tidak kondusif, deh! Wajar saja jika mood swing terjadi saat Anda kurang tidur, karena otak Anda yang bertugas mengatur mood tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, sehingga tidak bekerja secara optimal.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Menyebabkan Mood Swing Alias Perubahan Mood Secara Mendadak

2. Anda Merasa Stres Terus-menerus

Tanda Kurang Tidur

Saat level hormon kortisol dalam tubuh tinggi, Anda akan lebih mudah merasa stres. Jika hal ini terjadi terus menerus, dampaknya tentu saja sangat banyak, mulai dari anxiety, gangguan tidur, hingga peningkatan risiko penyakit jantung. Nah, cara terbaik untuk menurunkan level hormon kortisol adalah dengan tidur yang cukup dan memadai. Jadi, kalau Anda merasa stres berkepanjangan, coba diingat-ingat lagi deh apakah waktu tidur Anda sudah memadai atau belum.

3. Anda Mengalami Kesulitan  Fokus dan Mengingat

Tanda Kurang Tidur

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, level hormon kortisol yang tinggi akan berpengaruh pada turunnya level dopamine. Sedangkan, dopamine adalah hormon yang mengatur motivasi dan fungsi kognitif tubuh untuk mengerjakan sesuatu. Kombinasi rendahnya level dopamine dan tubuh yang lelah karena kurang istirahat tentu akan berdampak pula pada performa kerja Anda. Tugas Anda mungkin selesai sesuai deadline, tapi besar kemungkinan Anda akan terhambat untuk menyelesaikan tugas-tugas selanjutnya karena otak Anda mengalami kesulitan untuk fokus dan mengingat.

Baca juga: Sudah Tidur Cukup Tapi Selalu Mengantuk? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

4. Cepat Merasa Lapar

Tanda Kurang Tidur

Kedua hormon yang bekerja mengatur rasa lapar, leptin dan ghrelin akan terpengaruh saat Anda tidak memiliki tidur yang cukup. Leptin bertugas memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang, sedangkan ghrelin memberi sinyal bahwa Anda lapar. Saat keduanya hormon ini tidak berada dalam kondisi optimal, leptin akan menjadi lebih sensitif, sehingga Anda kerap merasa ‘kok tidak kenyang-kenyang, ya?‘. Sementara ghrelin akan meningkat saat tubuh kekurangan tidur, sehingga Anda akan merasa lapar terus-menerus.

5. Berat Badan Bertambah

Tanda Kurang Tidur

Karena kerja kedua hormon pengatur rasa lapar yang ‘kacau’, alhasil Anda pun akan merasa cepat lapar dan tidak pernah kenyang. Sehingga, ujungnya apalagi jika bukan bertambahnya berat badan! Mungkin Anda pun pernah mengalaminya tanpa sadar, lho. Hayo, setelah begadang selama beberapa hari, sudah berapa kali Anda merasa lapar tiba-tiba di tengah malam dan selalu ingin ‘nyemil’? Nah, jika waktu tidur Anda masih berantakan dan rutin begadang, jangan heran jika timbangan Anda naik, ya!

Baca juga: Benarkah Kurang Tidur Akan Membuat Berat Badan Anda Naik?

PREVIOUS ARTICLE

Ini Berbagai Alasan Kenapa Film 'Hereditary' Disebut Sebagai Film Horor Terbaik 2018. Anda Setuju?

NEXT ARTICLE

Tidak Menyukai Pekerjaan Saat Ini? Tenang, Lakukan 5 Hal Berikut Agar Anda Lebih Menikmatinya

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

4comments


  • Aprilia Putri3 weeks ago

    Hi kak ! Follback yah.. terima kasih ^^

  • Syania Syafitri1 month ago

    Baru tau????

  • Yusnita Renata1 month ago

    Aku bgt..

  • Wina Astarina2 months ago

    So then.. We know why....