ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Guide

Kecanduan Beraktivitas di Dunia Maya? Ini 5 Tanda Anda Perlu Melakukan Digital Detox

Perkembangan teknologi memang memberi sisi positif bagi banyak orang. Namun, tanpa sadar  ada banyak efek negatif yang bisa dirasakan, terutama jika Anda tidak bijak dalam memanfaatkan perkembangan dunai digital saat ini. Khususnya pada penggunaan gadget. ‘Kecanduan’ gadget bisa membuat seseorang kehilangan berbagai kesempatan dan bahkan menderita penyakit fisik yang cukup membebani. Jika Anda mulai merasakan hal ini, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan digital detox. Terlebih jika Anda sudah mengalami berbagai hal berikut ini.

1. Nyeri Pada Leher atau Lengan yang Tak Kunjung Hilang

Kebiasaan menatap layar ponsel dengan cara menunduk bisa membuat leher Anda nyeri, lho. Awalnya mungkin memang tidak terasa. Karena biasanya kondisi ini baru dialami saat Anda memiliki kebiasaan menunduk dalam waktu lama.

Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang hobi berselancar di dunia maya dengan menggunakan laptop atau komputer. Tangan yang kerap menggunakan mouse atau terus menerus mengetik bisa terasa pegal karena otot yang kaku di sepanjang lengan.

2. Hubungan Percintaan Terbengkalai

Sibuk dengan dunia maya kadang membuat seseorang menjadi tidak acuh dengan keadaan sekitarnya. Saat berkumpul dengan keluarga atau teman dekat, apakah pikiran Anda melayang pada update di media sosial atau chat group? Hati-hati, lho. Selain hal ini menimbulkan kesan tidak sopan (terutama bagi keluarga yang usianya jauh lebih tua dari Anda), situasi ini juga bisa menimbulkan kesenjangan pada hubungan pertemanan, persaudaraan, hingga percintaan. Pasangan Anda pasti sebal jika pada saatnya Anda bertemu, Anda malah sibuk dengan gadget dan kurang memerhatikannya. Merasa pasangan sering komplain dengan kebiasaan Anda yang satu ini? Kalau iya, sepertinya Anda memang butuh digital detox.

3. Banyak Rencana yang Tidak Terealisasikan

Tak hanya media sosial atau chat group yang membuat Anda terbenam dengan kesenangan di dunia maya. Kemudahan mendapat informasi hingga mobile game bisa membuat Anda kecanduan, sehingga tak bisa beranjak dari komputer atau melepaskan gadget barang sedetik pun. Keasyikan ini bisa membuat Anda lengah dengan konsep waktu. Selama Anda berkutat di dunia maya, waktu di dunia yang sebenarnya pun terus bergulir. Anda bisa kehilangan banyak waktu dan kesempatan. Tumpukan buku favorit yang tak sempat dibaca, rencana kegiatan yang terus tertunda, hingga peluang kerja yang mungkin saja terabaikan.

4. Merasa Tidak Puas dengan Kehidupan Sendiri

Dunia maya yang menyenangkan kadang menjadi ajang memanjakan pikiran yang penat akibat kehidupan sehari-hari. Namun, jika tidak bisa memilah dengan baik dan terlalu tersilaukan dengan kesenangan dunia maya, efek yang dirasakan bisa berbalik negatif terhadap Anda. Kehidupan yang terlalu menyenangkan, bebas masalah, bergelimang barang-barang yang diimpikan bisa membuat Anda merasa tidak puas dengan kehidupan yang sebenarnya. Tak hanya itu, terlalu terbenam di dunia digital juga bisa membuat Anda merasa kesepian (meski Anda punya banyak teman), merasa depresi, bahkan bisa berimbas pada munculnya bipolar disorder.

5. Konsentrasi Menurun

Kecanduan terhadap gadget dan internet juga bisa menurunkan daya konsentrasi, lho. Dikutip dari Psychology Today, ada perubahan yang terjadi pada saraf otak terkait dengan kecanduan internet. Saraf yang terpengaruh adalah saraf yang bertanggung jawab terhadap fungsi perencanaan dan pengaturan. Ini yang membuat konsentrasi Anda kadang sering terpecah. Gangguan saraf ini juga kerap membuat Anda sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasi hal ini, coba deh Anda luangkan waktu dengan membaca buku dan melakukan hal-hal yang memperkaya imajinasi.

Baca juga: Hati-Hati, Kecanduan Gadget Bisa Menyebabkan Kelainan Tulang! Ini Penjelasannya

PREVIOUS ARTICLE

Review Film: Skyscraper, Aksi Dwayne Johnson Menaklukkan Gedung Pencakar Langit

NEXT ARTICLE

Berkaca pada Pengalaman Hailey Baldwin, Wajib Siap Mental Menghadapi Pasangan dengan Sejarah Asmara yang Panjang

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Putri Rizky1 week ago

    Detox tuh seperti apa si